Cara Menciptakan Komunikasi Efektif Dengan Tim Kerja

14 days ago | Sobat Pajak
article-sobat-pajak

Indonesia - Pekerjaan yang dikerjakan  bersama dengan tim akan memberikan hasil yang maksimal apabila terjalin komunikasi secara efektif. Masing-masing tim dapat saling bertukar saran, berdiskusi, dan memahami apa yang dibutuhkan oleh tim.

Namun untuk menjaga komunikasi efektif bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi bukan berarti hal tersebut tidak mungkin untuk dilakukan. Ada beberapa  cara untuk menciptakan komunikasi tim kerja secara efektif, misalnya, berdiskusi atau ngobrol santai di jam istirahat dengan topik pembahasan yang lebih umum. Selain itu, bersikap ramah selama proses pendekatan juga perlu dilakukan agar dapat tercipta rasa nyaman dengan rekan kerja.

Adapun, beberapa cara lainnya seperti berikut ini:

  • Tunjukkan Dukungan

Penting untuk mempertimbangkan dan memberikan perhatian kepada anggota tim yang tengah menyampaikan ide maupun saran mereka. Jika ide yang disampaikan bagus, mulailah berdiskusi terkait cara untuk menerapkannya di dalam tim. Akan tetapi, jika ide atau saran tersebut sulit diterapkan, maka jelaskan apa alasan penolakannya.

Dengan memperhatikan dan tidak mengabaikan ide maupun saran yang disampaikan, maka akan menimbulkan dorongan bagi anggota tim lainnya untuk tidak takut dalam menyampaikan ide atau saran yang dimilikinya..  Karena dorongan tersebut, secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitas serta mendorong komunikasi yang efektif dalam sebuah tim.

  • Adakan Sebuah Pertemuan Secara Individu

Selain berkomunikasi, penting juga untuk terhubung secara individu dengan setiap anggota tim, misalnya, mengatur jadwal pertemuan dengan sesama anggota tim.

Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat, sekaligus dapat menjelaskan bahwa Anda adalah seorang yang sangat terbuka untuk didekati kapan saja saat tim membutuhkan. Cara tersebut juga bermanfaat untuk mendorong mereka menjadi lebih mudah percaya diri saat berinteraksi dengan sesama anggota tim.

  • Berikan Sebuah Feedback

Dalam berhubungan dengan anggota tim, maka sangat penting untuk bisa memberikan feedback (umpan balik) dalam komunikasi. Tanpa adanya umpan balik, maka kerja sama anggota tim akan berjalan tanpa arah, karena tidak adanya evaluasi dari masing masing anggota tim terkait kinerja yang sudah dilakukan.

Ketika anggota tim memiliki kinerja yang baik, maka Anda harus memberi semangat kepada mereka. Begitu juga sebaliknya, ketika mereka memiliki performa yang buruk, berikan saran yang berguna untuk meningkatkan kinerja mereka.

  • Jadilah Pendengar yang Baik

Anda tidak akan pernah bisa memahami perspektif orang lain, jika tidak mau mendengarkan. Jangan hanya memperhatikan apa yang mereka sampaikan, namun perhatikan juga ekspresi dan bahasa tubuh dari anggota tim.

  • Selipkan Humor Ringan Saat Komunikasi

Dalam komunikasi internal, jangan pernah takut untuk melontarkan humor. Sebab, humor yang dilontarkan bisa jadi daya tarik yang membuat suasana lebih cair. Selain itu, juga mampu menghilangkan hambatan hambatan dalam berkomunikasi dan menghilangkan jarak antara rekan kerja.

Tetapi perlu diingat, pilih jenis humor yang ringan tanpa menyinggung masalah apapun dan pastikan juga untuk memahami situasi serta karakter masing-masing dari anggota tim supaya humor yang dilontarkan dapat diterima.

  • Adakan Forum Diskusi

Setiap anggota yang ada di dalam tim pasti memiliki kekuatan dan sesuatu yang berharga untuk disumbangkan kepada tim. Untuk memaksimalkan hal tersebut, penting untuk mengadakan forum diskusi terbuka, yang dapat membuat anggota tim bisa mengungkapkan ide dan pendapat mereka.

Article is not found
Article is not found