Gampang! Ini Dia Caranya Agar Sosmed Bisnis Sobat Selalu Ramai

Sobat Pajak | 2023-12-04 18:04:05 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Pasti bisnis Sobat saat ini sudah menggunakan sosial media untuk berbagai aspek bisnis.  Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, sosial media bisa digunakan untuk memaksimalkan bisnis. Hampir seluruh bisnis baik dari UMKM hingga bisnis besar sekalipun menggunakan sosial media sebagai tumpuan dalam mengembangkan bisnis. Penggunaan sosial media bukan hanya untuk memposting foto atau video pribadi saja, tapi Sobat juga bisa gunakan untuk berjualan. Jadi nggak sembarang posting yah, ada strateginya juga!  

 

Kenapa Sosial Media Penting Untuk Bisnis 

Selain untuk menjangkau audiens yang lebih besar, Sobat juga bisa berkomunikasi dengan pelanggan dengan mudah, jadi hubungan dengan pelanggan akan jauh lebih baik deh. Nggak hanya itu, Sobat juga bisa melibatkan dan menjangkau audiens baru sehingga produk atau jasa yang Sobat tawarkan akan dengan mudah dikenali. Secara tidak langsung Sobat juga sembari membangun otoritas, yang artinya Sobat bisa membuat para pelanggan untuk terlibat secara lebih dalam lagi seperti mendorong pelanggan melihat situs web hingga meningkatkan penjualan. Jadi, Sosial media bisa banget bantu Sobat untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Sobat. Tapi, nggak bisa hanya sekadar memposting foto atau video saja, dalam sosial media ada beberapa tips untuk memaksimalkan bisnis. Simak ya!  

1. Kepoin Audiens 

Dalam membuat konten sosial media, jangan hanya mengenai promosi produk. Sobat harus bisa membangun relasi baik dengan konsumen. Tapi gimana caranya? Sobat harus bisa mengerti konsumen Sobat. Buatlah konten yang sesuai dengan kehidupan mereka. Seperti  ketahui pelanggan sobat sedang tertarik dengan apa? Lagi senang membahas apa? Lagi suka menggosipkan apa sekarang?  

Dari hal – hal kecil seperti itu, Sobat bisa membangun pondasi hubungan yang kuat dengan pelanggan lho! Cari tahu nya gimana? ngobrol dengan pelanggan Sobat. Yup! Ngobrol, karena semuanya pasti dimulai dengan ngobrol. Mudah kan? Buat konten yang dapat membangun interkasi dan bangun suasana yang lebih friendly sehingga konsumen dapat lebih terbuka untuk membagikan kesehariannya. Setelah mengenal lebih dalam para pelanggan, Sobat bisa menyesuaikan jenis konten yang lebih disukai oleh pelanggan.  

2. Aktif dan Eksis di Media Sosial  

Dalam mengembangkan sosial media, Sobat harus dapat mempertahankan sosial media yang aktif dan eksis. Tentunya waktu dan dedikasi yang dibutuhkan begitu besar sehingga seringkali sulit untuk menyesuaikan waktu untuk mengelola segala sesuatu nya secara efisien. Tapi tenang aja! Saat ini sudah banyak kok tools yang bisa membantu untuk menjadwalkan postingan secara otomatis, jadi nggak perlu setiap hari Sobat meluangkan waktu untuk memposting. Sobat bisa membuat konten untuk sebulan penuh dan nantinya di posting secara otomatis setiap harinya. Beberapa tools yang bisa Sobat coba antara lain Meta Business Suite, Hootsuite, Buffer, dan masih banyak lagi. Jadi lebih hemat waktu deh!  

3. Waktu promosi yang minim 

Memang benar tujuan dari penggunaan sosial media tersebut sebagai tempat untuk berpromosi, akan tetapi hal tersebut berbeda untuk bisnis yang menggunakan media sosial untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Daripada menggunakan media sosial sebagai wadah aktif berpromosi saja, lebih baik jika sosial media digunakan untuk alat dalam membangun komunikasi dan ketertarikan. Dikutip dari inews.id, sebuah bisnis disarankan untuk menggunakan aturan 80/20 dimana 20 persen aktivitas Sobat akan menghasilkan 80 persen dari keuntungan serta menjaga konten promosi hingga 20 persen dan bagian terbesar dari konten harus diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan audiens Sobat.  

4. Konten yang Menarik  

Berhubungan dengan poin sebelumnya, konten yang menarik akan menjadi strategi penting nih bagi Sobat untuk meraih calon pelanggan. Jika postingan yang dibuat monoton atau mengenai promosi bisnis saja, maka dapat menyebabkan pelanggan merasa bosan dan kemungkinan buruknya pelanggan bisa berpindah haluan. Maka itu perlu adanya ide – ide segar untuk bahan pembuatan konten. Dengan mengetahui apa yang disukai oleh pelanggan, Sobat bisa mengikat pelanggan untuk fokus pada bisnis Sobat. Misal, pelanggan sobat mayoritas menyukai drama korea, maka itu konten yang menggunakan konsep korea akan sangat tepat untuk bisnis Sobat. 

 

Itulah beberapa cara atau tips yang bisa buat sosial media bisnis Sobat terus ramai pengunjung. Yuk dicoba! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found