Manfaat Kolaborasi Bagi Sebuah Bisnis

Sobat Pajak | 2023-26-07 18:09:36 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Mungkin Sobat sudah menggunakan beribu cara untuk mengebangkan bisnis Sobat saat ini dan mulai bingung memikirkan cara atau strategi apa lagi yang tepat untuk mengembangkan bisnis Sobat lagi? Mungkin Sobat belum pernah mencoba strategi UKM ini, kolaborasi 

Dalam dunia bisnis, juga terdapat kolaborasi. Jadi tidak hanya para artis atau idol saja yang bisa melakukan kolaborasi. Bahkan kolaborasi dalam bisnis bisa menjadi strategi yang menguntungkan lho bagi para pelaku usaha. Kolaborasi dinilai cukup efektif digunakan oleh semua pemilik usaha, baik itu usaha yang masih berskala kecil, menengah, maupun usaha yang sudah berskala besar sekalipun. Melakukan kolaborasi akan memperluas koneksi berbagai pihak pelaku usaha karena adanya penggabungan dua bisnis atau lebih untuk mencapai satu tujuan yang tentunya akan mengembangkan jalan nya suatu bisnis.  

 

BLACKPINK x Starbucks 

Seperti salah satu kedai kopi terkenal asal Amerika Serikat satu ini yang outlet nya sudah tersebar di berbagai negara dan dapat ditemukan diberbagai tempat di Indonesia. Saat ini, sedang viral Starbucks melakukan kolaborasi dengan girlband ternama Korea BLACKPINK dengan menghadirkan beberapa produk terbatas bagi para penggemar BLACKPINK. Dikutip dari akun Instagram resmi @starbuckindonesia, kolaborasi starbucks dengan BLACKPINK di Indonesia ini dapat didapatkan di outlet Starbucks Senayan Park Mall, Jakarta saja.  

Pada kolaborasi ini 1.000 pembeli pertama menu BLACKPINK dan Starbucks bisa mencoba minuman spesial dan juga barang-barang limited edition. Melalui kolaborasi ini, para penggemar bisa mendapatkan merchandise BLACKPINK serta PIN Starbuck atau sticker secara gratis.  

Di sisi lain, kolaborasi Starbucks dengan BLACKPINK kali ini menghadirkan beberapa varian menu baru yakni BLACKPINK Strawberry Choco Cream Frappucino. Para pelanggan juga dapat membeli beberapa perlengkapan minum terbatas seperti cangkir, mug, atau tumbler Starbucks dengan motif dan warna khas BLACKPINK. Bahkan, harga tumbler Starbucks x BLACKPINK dijual dengan harga mencapai Rp 2 juta. Meski begitu, tumbler tersebut tetap laris manis dan menjadi viral di sosial media. Tentunya hal ini memberikan keuntungan kepada Starbucks dalam meningkatkan penjualannya. Melalui kolaborasi ini, tentunya target pasar Starbucks meluas sehingga mendorong meningkatkan brand awareness juga terhadap Starbucks. Jadi, bisa dilihat bahwa kolaborasi justru memberikan banyak keuntungan dalam bisnis.  

 

Manfaat Melakukan Kolaborasi Bisnis 

Nah, bisa dilihat kan bahwa strategi ini bahkan digunakan juga oleh banyak brand besar seperti starbucks. Jadi dapat dikatakan bahwa kolaborasi ini bisa memberikan banyak manfaat bagi jalannya suatu usaha. Berikut beberapa manfaat nya.  

  • Membangun Jaringan 

Sebagai pelaku usaha tentunya bertemu orang baru dan memperluas jaringan usaha sangat diperlukan. Dengan melakukan kolaborasi, Sobat bisa memperluas jaringan dalam berbisnis, karena setiap Sobat menjangkau pihak baru, Sobat telah berhasil memperluas jaringan Sobat. Usaha ini akan sangat membantu Sobat sebagai pelaku usaha dalam memperluas pemahaman dalam bidang-bidang lain yang bisa menjadi inspirasi untuk mengambil keputusan dan berbisnis dan juga dalam menjalankan kegiatan bisnis sehari-hari.  

  • Membentuk Inovasi 

Melakukan kolaborasi dengan bisnis lain memberikan Sobat banyak peluang dan inovasi untuk melakukan lebih banyak hal lagi kedepannya. Mengambil risiko dalam menjalankan bisnis sudah menjadi makanan sehari-hari bagi para pelaku usaha, dengan melakukan kolaborasi Sobat akan mendapatkan keberanian serta ruang untuk itu. Pengambilan risiko dapat mendorong Sobat dalam mendapatkan pembelajaran yang dapat menghasilkan inovasi sehingga membuka peluang yang jauh lebih besar.  

  • Support System 

Nggak cuman diri Sobat saja yang butuh support system, tapi bisnis juga perlu support system. Jika bisnis Sobat berkembang, maka Sobat akan sampai pada titik dimana Sobat membutuhkan support system yang bisa membantu Sobat dalam terus berkembang. Berkolaborasi bisa menjadi jalan nya jika Sobat membutuhkan pihak lain dalam membantu pengembangan bisnis. Sobat bisa melakukan kolaborasi dengan para pelaku usaha yang menjalankan bisnis serupa dengan Sobat. Bisa dengan menawarkan produk secara bersama atau saling menyumbangkan ide, Sobat hanya perlu menemukan partner yang tepat.  

 

Nah, jadi nggak perlu ragu lagi untuk mencoba berkolaborasi ya! Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

 
  

Article is not found
Article is not found