Perluas Pangsa Pasar Dengan 4 Strategi Ini!

Sobat Pajak | 2023-04-07 16:47:14 | 8 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Apakah saat ini Sobat sedang merasa bingung bagaimana langkah selanjutnya setelah berhasil merintis suatu usaha dan berhasil menjalankan usaha tersebut? Maka jawabannya adalah memperluas pangsa pasar. Yup! Langkah selanjutnya adalah memperbesar lingkup usaha Sobat dengan memperluas pangsa pasar. Dengan melebarkan pangsa pasar, Sobat bisa meningkatkan tingkat permintaan sehingga hal tersebut akan mendorong tingkat produksi produk yang dihasilkan. Termasuk juga tenaga produksi akan meningkat.  

 

Belajar Dari BioAqua:  Perluas Pasar Dalam dan Luar Negeri 

Salah satu brand kecantikan lokal, BioAqua berhasil melebarkan sayap nya hingga ke luar negeri. Melansir dari bisnis.com, Riyanto (CEO BioAqua) menargetkan akan menyasar pasar Dubai dan Arab Saudi sebagai langkah selanjutnya. Saat ini, BioAqua sendiri menargetkan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Vietnam sebagai pangsa pasar nya.  

Dalam pemilihan target pasar, BioAqua tentunya telah melakukan riset yang mendalam. Seperti pada Vietnam, BioAqua memilih negara tersebut karena diketahui memiliki populasi yang cukup besar, selain itu pasarnya juga diperkirakan memiliki pasar yang cukup menjanjikan dengan range usia 20-35 tahun. 

Dalam memperluas pangsa pasar dalam negeri, BioAqua pun memiliki beberapa strategi yang diterapkannya. Tahun ini, BioAqua memperluas pemasaran serta penjualan produknya diberbagai e-commerce serta outlet – outlet produk kecantikan. Selain itu, BioAqua juga melakukan penjualan melalui website resmi dan akun sosial media resmi. BioAqua juga memanfaatkan event-event yang ada. Seperti saat ini, BioAqua terlihat memanfaatkan Pekan Raya Jakarta (PRJ 2023) yang saat ini menjadi event besar yang hadir di Jakarta.  

 

Strategi Memperluas Pangsa Pasar 

Ada beberapa tips yang bisa Sobat coba untuk memulai meningkatkan pangsa pasar, diantaranya:  

  • Menargetkan Daerah Baru 

Pada strategi ini, Sobat bisa mencari pelanggan baru potensial. Tentunya akan diperlukan riset yang mendalam akan lapangan agar produk yang akan dijual bisa dan cocok dengan pelanggan-pelanggan baru. Maka, Sobat bisa memulai dengan melakukan riset pasar untuk menentukan daerah yang akan dijadikan target pasar. Setelah menemukan target yang memiliki potensi besar, maka Sobat bisa menentukan lokasi strategis untuk memasarkan produk-produk tersebut kepada pelanggan baru.  

  • Mencoba Target Pasar Baru 

Dalam menjalankan usaha, tentunya Sobat akan memasarkan produk sesuai dengan demografi tertentu seperti usia, lokasi hingga ketertarikan para calon pelanggan. Akan tetapi, jika Sobat hanya menggunakan target itu saja dan tidak mencoba yang baru, maka Sobat tentu tidak akan mendapatkan pelanggan baru yang lebih banyak. Tentunya masih ada lagi pelanggan – pelanggan baru yang bisa memanfaatkan produk Sobat. Jadi cobalah mencari target pasar baru yang tetap sesuai dengan karakteristik produk dan usaha Sobat.  

  • Sistem Penjualan Baru  

Tentunya sudah bukan rahasia lagi bahwa saat ini setiap usaha sudah beralih ke pemasaran online. Terbukti dari banyaknya toko kecil yang berhasil berkembang pesat dengan memanfaatkan teknologi serta sistem pemasaran online. Dengan menggunakan media dan strategi online yang efektif, maka Sobat bisa mengalami peningkatan dalam penjualan tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Perlu diperhatikan juga bahwa peningkatan SEO (Search Engine Optimization) masih sangat dibutuhkan untuk memperlancar pemasaran produk Sobat kepada pelanggan dari berbagai tempat dan wilayah.  

  • Mengambil Alih Bisnis Lain 

Jika dirasa dan dilihat usaha Sobat saat ini masih belum cukup untuk memiliki pasar yang luas dan Sobat benar – benar ingin menjangkau pasar yang lebih luas, maka strategi satu ini bisa menjadi jalan keluarnya. Dengan mengambil alih usaha lain, maka jumlah pelanggan Sobat akan meningkat. Contoh nya seperti apa yang terjadi pada Facebook yang ingin meningkatkan jumlah pelanggan dan mengurangi persaingan. Pihak facebook kemudian mengakuisisi Instagram serta WhatsApp. Dengan begitu, persaingan juga semakin kecil dan Sobat juga bisa meningkatkan jumlah pelanggan.  

 

Dengan berbagai langkah ataupun strategi diatas, Sobat bisa melakukan perluasan pangsa pasar. Semoga artikel ini bisa membantu dan menambah wawasan Sobat-sobat sekalian ya!  

 Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

 

Article is not found
Article is not found