Whatsapp Business dengan Whatsapp Biasa, Bedanya dimana?

Sobat Pajak | 2023-08-02 18:15:47 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - WhatsApp atau yang kerap disebut WA di masyarakat merupakan salah satu aplikasi mengirim pesan yang banyak digunakan orang khususnya di Indonesia. Saat ini, WhatsApp juga menambah fungsionalitas dan layanannya dengan menghadirkan WhatsApp Business (WA bisnis).

WhatsApp sudah merilis WhatsApp Business pada tahun 2018. Kehadiran WA bisnis in tentunya bertujuan untuk memfasilitasi perusahaan atau para penjual yang ingin mempromosikan merek/brand mereka mulai dari UMKM hingga perusahaan besar, sehingga pengguna bisa melakukan aktivitas bisnis dengan lebih mudah dan terorganisir. Kedua platform tersebut juga bisa dioperasikan melalui WhatsApp Web juga. Dengan begitu, hal ini akan bermanfaat karena memberi kemudahan bagi para pelaku bisnis.

Lantas, apa perbedaan antara WA yang biasa digunakan dengan WA Bisnis?

Perbedaan WA Bisnis dengan WA Biasa

Perbedaan Logo Aplikasi

Perbedaan WA bisnis dengan WA biasa terlihat pada logo aplikasinya. Tampilan logo WA bisnis berlatar belakang warna hijau dengan menggunakan huruf kapital "B". Sementara, logo WA biasa hanya gambar telepon berwarna hijau.

Profil Pengguna

WA bisnis bisa menampilkan informasi terkait kategori bisnis hingga tampilan katalog suatu produk, sedangkan WA biasa tidak. Bagian profil aplikasi pribadi pada WA hanya berisi tentang bagian nama, gambar tampilan dan nomor telepon, sedangkan pada WA bisnis pengguna bisa menampilkan:

  • Nama bisnis
  • Logo
  • Kategori bisnis
  • URL situs web
  • Tampilan katalog produk
  • Memasukkan deskripsi usaha
  • Menentukan lokasi usaha
  • Menentukan jam buka usah
  • Email
  • Website
  • Menambahkan halaman Facebook atau Instagram

Otomatisasi Pesan (Fitur pesan auto respon)

Pada WA biasa kita tidak bisa mengatur pengiriman pesan otomatis. Namun, pada WA bisnis kita bisa melakukan pesan otomatis yang akan terkirim. Fitur pesan otomatis ini tentunya akan sangat berguna bagi orang-orang yang sibuk atau sedang tidak memegang ponselnya. Sehingga, pelanggan bisa mendapatkan respons otomatis ketika penjual tidak sedang aktif.

Ada tiga macam fungsi otomatisasi pesan di WA bisnis, yaitu:

  • Quick replies (Teks balasan cepat)
  • Away messages (pesan di luar jam kerja)
  • Greeting messages (pesan salam)

Label Chat

Pada WA biasa tidak ada fitur label pada kontak, sedangkan WA bisnis mendukung. WA bisnis memiliki fitur untuk memberi label dengan kode warna secara kategoris pada daftar chat. Label berfungsi untuk menandai masing-masing kontak atau grup. Melalui fitur label pada WA bisnis ini, pengguna bisa mengurutkan kontak sesuai dengan nama dan label khususnya. Pengguna bisa membuat sampai 20 label khusus agar memudahkan pengkategorian pelanggan.

Statistik Pesan

WA bisnis mampu membuat laporan statistik pesan dengan rinci, sedangkan WA biasa laporan statistik pesannya terbatas. Laporan statistik ini, pengguna bisa menganalisis melalui metrik aplikasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Statistik pesan berisi jumlah pesan yang dikirim, dibaca dan yang diterima. Fitur ini termasuk elemen penting bagi pemilik bisnis, karena mereka bisa menganalisis kinerja akun dari dasbor akunnya.

Katalog Produk

Salah satu fitur yang diunggulkan pada WA Bisnis adalah pengguna dapat mengatur katalog produk. Katalog produk ini digunakan untuk menampilkan produk-produk apa saja yang Sobat jual. Jadi, ketika ada pelanggan yang melihat profil Sobat, pelanggan tersebut juga bisa melihat katalog produk yang sudah Sobat unggah. Tidak sampai situ, Sobat juga bisa membagikan katalog produk tersebut ke grup atau bahkan ke personal chat. Hal ini jelas akan memudahkan para pelanggan dan juga penjual dalam melakukan transaksi.

Kelebihan & Kekurangan Whatsapp Business

Setelah mengetahui fitur-fitur yang diberikan, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba WA bisnis. Seperti diketahui, WA Bisnis ini merupakan aplikasi gratis yang bisa Sobat unduh pada ponsel dengan sistem operasi Android maupun Apple.

Aplikasi WA Bisnis ini diciptakan khusus untuk para pelaku bisnis, terutama para pelaku UMKM. Aplikasi ini memudahkan Sobat untuk terhubung secara pribadi dengan para pelanggan.

Kelebihan Whatsapp Business

Dikutip dari laman cm.com, adapun kelebihan dari WA bisnis adalah sebagai berikut:

  • Adanya Peningkatan Layanan

Kelebihan WhatsApp Business adalah memberikan informasi tentang bisnis ke pelanggan lewat obrolan secara real-time. Dengan memberikan informasi dan dukungan yang dicari pelanggan, WhatsApp Business membantu untuk menumbuhkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan.

  • Percakapan Terverifikasi Merek

Masing-masing akun bisnis harus membuat "Profil Bisnis" mereka di WhatsApp. Sehingga, hal ini membuat profil bisnis menjadi elemen branding ke dalam percakapan WhatsApp milikmu.

  • Adanya Fitur Pesan Otomatis

Kelebihan dari WA bisnis selanjutnya yaitu terdapat fitur pesan otomatis untuk memulai lebih banyak percakapan. Pengguna WA bisnis bisa membuat pesan template untuk menginformasikan pelanggan.

Kekurangan Whatsapp Business

  • Nomor Harus Berbeda dengan WhatsApp Messenger

Menggunakan WA Bisnis bukan berarti Sobat tidak bisa menggunakan aplikasi WA biasa. Sobat tetap bisa menggunakan aplikasi keduanya dalam satu ponsel. Namun, Sobat harus menggunakan nomor yang berbeda jika ingin menggunakan keduanya. Selain itu, WhatsApp Business menyarankan untuk tidak mengganti nomor telepon, sehingga Sobat harus menggunakan nomor telepon yang permanen.

Nah, itu dia perbedaan antara Whatsapp Business dengan Whatsapp Biasa, semoga dapat menambahkan pengetahuan dan wawasan kalian ya Sobat.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found