Brainstorming: Cara Anti Gagal Mendapatkan Ide Cemerlang

Sobat Pajak | 2023-20-06 17:35:30 | 8 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Brainstorming adalah metode bertukar pikiran yang digunakan untuk mengumpulkan gagasan. Metode ini dapat digunakan untuk mencari ide agar mendapatkan solusi dari sebuah permasalahan tertentu yang biasanya dilakukan untuk menemukan ide berdasarkan spontanitas dan kreativitas. Kunci untuk tukar pikiran yang sukses adalah kepatuhan pada prinsip brainstorming berikut ini.

 

1. Menunda Penilaian

Tahanlah semua evaluasi ide selama penciptaan ide. Ini berarti memisahkan penciptaan dari evaluasi. Begitu Sobat telah mendaftar semua ide yang bisa dibuat, lalu kembalilah dan evaluasi ide tersebut. Ada banyak alasan di balik prinsip ini, diantaranya: 

  • Banyak yang tidak mengikuti prinsip ini sehingga hasilnya tidak terlalu produktif. 
  • Menunda penilaian meningkatkan peluang untuk menemukan setidaknya satu ide yang bagus. 

Bila Sobat menghabiskan banyak waktu untuk mengevaluasi setiap ide ketika Sobat memikirkannya, Sobat mungkin kehabisan waktu sebelum Sobat bisa menuliskan semua ide yang bisa Sobat hasilkan. 

 

2. Kuantitas Menghasilkan Kualitas

Semakin banyak ide yang Sobat buat, semakin besar peluang mendapatkan ide berkualitas tinggi yang akan Sobat dapatkan. Sobat selalu bisa kembali dan mengevaluasi ide tersebut nanti. Selain itu, setiap ide yang Sobat catat bisa membantu menciptakan ide lainnya. Jadi, bila Sobat menunda penilaian dan mencari kuantitas, Sobat mungkin menciptakan lebih banyak ide. Sekarang, tinggal memilih ide yang berkualitas tinggi diantara ide-ide tersebut.

 

3. Semakin Liar Semakin Baik

Walaupun kuantitas ide penting bagi kualitas ide, tetapi hal itu mungkin tidak selalu cukup. Sobat tidak bisa selalu mengandalkan hukum kemungkinan. Jadi, Sobat perlu membebaskan pikiran Sobat dan mematikan sensor serta menghilangkan hambatan. Carilah ide yang unik, liar, dan diluar nalar. Jangan mengkhawatirkan tentang realisme ketika menciptakan ide. Ingat, Sobat seharusnya memisahkan penciptaan dan evaluasi. Justru, fokuslah pada seberapa banyak ide gila yang bisa Sobat pikirkan. Sejumlah ide konvensional baik pula. Tetapi, jangan jadikan hal itu sebagai kebiasaan. Carilah ide yang tidak biasa, dan lihatlah apa hasilnya.

 

4. Kombinasikan dan Sempurnakan Ide

Cara lain untuk memastikan ide berkualitas tinggi adalah dengan tidak membiarkan ide Sobat sendirian. Gunakan kekuatan alamiah Sobat untuk melakukan asosiasi bebas, dan lihatlah bagaimana Sobat bisa mengkombinasikan ide yang ada dengan ide yang lain untuk membentuk ide yang benar-benar baru. Berdayakan ide tersebut dan cobalah untuk menyempurnakannya. Seperti bagaimana cara untuk mengimplementasikan hal itu? Apa yang bisa Sobat ganti, ubah, atau dibuat lebih kecil atau lebih besar? Apa yang membuat hal itu menjadi lebih baik? Lakukan itu, dan Sobat akan meningkatkan kecerdasan Sobat dalam membuat ide serta menghasilkan ide yang lebih baik. 



Waduh ternyata dengan Brainstorming kita bisa menciptakan ide-ide baru ya. Kemampuan brainstorming penting juga lho untuk pebisnis dan calon pebisnis yang lagi mengembangkan bisnisnya dan merintis bisnisnya.

 

Segitu dulu ya pembahasan kita hari ini Sobat sekalian, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca artikel lainnya dari Sobat Pajak hanya di website Sobat Pajak dan Sobat Buku serta ikuti juga media sosial Sobat pajak lainnya di Instagram dan Facebook agar tidak ketinggalan informasi terbaru mengenai perpajakan dan UMKM.

Article is not found
Article is not found