Jangan Lengah! Ini Cara Jitu Menjaga Eksistensi Bisnis

Sobat Pajak | 2023-04-05 17:23:41 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sebagai pelaku usaha tentu nya memiliki banyak tantangan dalam menjalankan usaha nya, tidak hanya memikirkan cara untuk memulai suatu usaha, pelaku usaha juga dituntut untuk bisa mempertahankan usaha nya di tengah permasalahan dan persaingan yang ketat. Pelaku usaha terus dituntut untuk pintar melihat peluang di berbagai kesempatan, pelaku usaha juga harus bisa berpikir dan menemukan strategi yang tepat untuk mempertahankan usaha nya agar dapat terus eksis dan terus berkembang. 

 

Mengapa suatu usaha tidak berkembang?  

Pasti Sobat pernah melihat banyak usaha yang stagnan atau begitu – gitu saja kan? Atau Sobat sendiri yang merasakan bahwa usaha nya tidak memiliki kemajuan dan tidak terlhat perubahan apa pun? Ternyata ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab nya lho... 

  • Terlalu Lama di Zona Nyaman 

Sobat mungkin merasa saat ini sudah berhasil mencapai titik keberhasilan dan ingin bertahan pada zona tersebut saja. Akan tetapi, hal tersebut akan memberikan faktor buruk dalam bisnis Sobat kedepannya. Sebuah usaha akan mengalami perkembangan atau kemajuan jika terus melakukan inovasi dan terus mencoba peluang – peluang yang ada.   

  • Komunikasi 

Komunikasi memiliki peran penting dalam kehidupan, begitu pula dalam dunia bisnis. Komunikasi yang baik akan memberikan dampak positif dalam keberhasilan sebuah usaha. Tujuannya adalah untuk bertukar informasi atau ide, serta memberi arahan. Jika komunikasi tidak berjalan dengan efektif, maka permasalahan pun akan bermunculan, dari permasalahan kecil hingga besar. 

  • Pemasaran tidak efektif  

Marketing merupakan salah satu hal terpenting untuk menunjang keberhasilan sebuah usaha. Kadangkala banyak pelaku usaha yang masih minim pengalaman, sehingga melakukan pemasaran hanya untuk mencapai tujuan awal saja. Pemasaran harus terus dilakukan secara efektif agar usaha dapat lebih dikenal oleh banyak audiens. 

 

Cara mempertahankan eksistensi bisnis 

Tapi tenang aja, Sobat tetap bisa melakukan banyak hal untuk mendorong pertumbuhan bisnis Sobat kok! Berikut pembahasan nya.  

  • Konsisten 

Konsistensi menjadi kunci dalam menjalankan sebuah bisnis. Misal dalam menjalankan usaha, Sobat harus bisa secara konsisten memberikan pelayanan yang maksimal terhadap konsumen. Sobat juga bisa memberikan kepuasan secara konsisten terhadap konsumen. Jika Sobat membuka usaha kuliner, konsistensi rasa hingga pelayanan menjadi pendorong para konsumen untuk terus datang. Tidak hanya itu, konsumen tersebut bisa saja tertarik untuk ikut serta mengajak orang lain untuk mencoba produk Sobat.  

  • Problem Solving 

Saat bisnis terus berkembang, tentu ada banyak permasalahan yang timbul tiap hari nya yang akan terus mempengaruhi perkembangan suatu usaha. Maka itu, kemampuan untuk memecahkan masalah akan menjadi kunci dalam mempertahankan suatu usaha. Ketika permasalahan datang, Sobat harus bisa segera menemukan solusi terbaik untuk menghadapi permasalahan tersebut. Sebisa mungkin untuk memecahkan permasalahan dengan cepat, karena semakin lama permasalahan tersebut tidak terselesaikan, maka akan semakin besar dampak nya terhadap usaha Sobat. Misal pada tahun – tahun lalu, masa pandemi membuat banyak usaha mengalami penurunan, maka dengan membuka platform online, penjualan dapat lebih meningkat. Jadi Sobat – Sobat sekalian harus bisa berfikir dengan cepat untuk memecahkan permasalahan – permasalahan tersebut ya. 

  • Inovasi Produk 

Saat ini pertumbuhan terus berjalan dengan cepat, usaha – usaha pun dituntut untuk terus melakukan inovasi terbaru. Memang tidak mudah untuk menemukan hal baru, seperti menciptakan produk baru hingga jasa baru, dana yang diperlukan juga tidak sedikit, tapi Sobat bisa memperluas wawasan Sobat terhadap tren – tren terikini. Dengan mengikuti perkembangan tren, maka usaha akan tetap eksis. Selalu berikan hal baru terhadap konsumen agar peminat terhadap produk Sobat terus bertambah. 

  • Memperluas Jaringan Bisnis 

Semakin luas jaringan bisnis, maka akan semakin luas juga audiens nya. Memperluas jaringan bisnis bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan teknik promosi yang efektif dan memperluas platform yang digunakan. Sobat bisa memanfaatkan media internet sebagai sarana untuk mempromosikan produk atau jasa Sobat. Sobat juga bisa memperluas relasi Sobat untuk memperluas jaringan bisnis, Sobat bisa saling berbagi informasi seputar pengembangan sebuah usaha hingga cara mengatasi permasalahan. Ilmu yang didapatkan bisa menjadi hal positif yang dapat mendorong pertumbuhan bisnis Sobat.  

  • Teknologi  

Memanfaatkan teknologi yang tersedia dapat menjadi salah satu langkah untuk mempertahankan usaha agar terus berkembang. Sobat bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dan menempatkan usaha Sobat pada platform digital yang tersedia. Misal, jika Sobat memiliki usaha kuliner, Sobat bisa mendaftarkan makanan yang ditawarkan pada aplikasi food delivery yang saat ini seringkali dipakai banyak orang dari berbagai kalangan sehingga audiens yang Sobat dapatkan juga menjadi lebih besar tentunya. Sobat juga bisa membuat sosial media untuk melakukan promosi.  

 

Mempertahankan eksistensi suatu bisnis akan menjadi tantangan semua pelaku usaha, Nggak perlu takut untuk mencoba hal baru ya! Hasil nya memang tidak ada yang instan, tapi nikmati saja prosesnya, Semangat Sobat! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found