Mengenal Live Streaming Shopping yang Sedang Tren

Sobat Pajak | 2023-16-08 17:16:53 | 10 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Live Streaming Shopping adalah praktik di mana penjual atau perusahaan melakukan siaran langsung melalui platform media sosial atau e-commerce, sambil memperlihatkan dan menjelaskan produk secara langsung kepada audiensnya. Penonton dapat melihat produk, berinteraksi dengan penjual atau host, dan melakukan pembelian dalam waktu nyata selama siaran langsung berlangsung.

 

Contoh Live Streaming Shopping

Taobao Live: Platform e-commerce Tiongkok, Taobao, memiliki fitur live streaming di mana penjual dapat memasarkan produk mereka kepada pengguna.

Amazon Live: Amazon juga telah mengadopsi konsep ini, memungkinkan merek dan penjual untuk melakukan Live Streaming Shopping bagi pelanggan di Amerika Serikat.

Huda Kattan's Huda Beauty: Seperti yang disebutkan sebelumnya, Huda Kattan sering melakukan live streaming di platform media sosialnya untuk mempromosikan produk kecantikan merek Huda Beauty.

Shopee Live : Dengan fitur shopee live, penjual melakukan live untuk memasarkan produknya, menjelaskan spesifikasi barangnya, sehingga menarik perhatian pembeli.

TikTok Live: Media sosial baru yang menyediakan fitur live streaming, sehingga penjual dapat melakukan live sekaligus melakukan promosi di sosial media tersebut. 

 

Perbedaan Live Streaming Shopping dengan Belanja Secara Langsung

Interaksi: Live Streaming Shopping memungkinkan interaksi real-time antara penjual dan pelanggan, sementara belanja langsung biasanya melibatkan pengalaman tatap muka di toko fisik.

Jangkauan: Live Streaming Shopping dapat diakses oleh penonton di seluruh dunia, sementara belanja langsung terbatas pada lokasi fisik toko.

Kenyamanan: Live Streaming dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja menggunakan perangkat digital, sedangkan belanja langsung memerlukan kunjungan fisik ke toko.

Informasi: Dalam Live Streaming shopping, penjual secara langsung menjelaskan dan mengenalkan produk sehingga pembeli dapat mendapatkan informasi secara langsung, sementara belanja langsung pembeli mungkin masih harus mencari informasi sendiri.

 

Manfaat Live Streaming Shopping Bagi Bisnis

Dampak visual: Live Streaming memungkinkan suatu bisnis untuk menampilkan produk secara visual dan memberikan penjelasan langsung, mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan.

Interaksi langsung: Membangun koneksi langsung dengan pelanggan melalui interaksi real-time, memungkinkan penyesuaian dan tanggapan langsung terhadap pertanyaan atau masukan pelanggan.

Peningkatan penjualan: Dengan adanya dorongan dari penjual dan penjelasan secara langsung, pelanggan lebih cenderung untuk melakukan pembelian impulsif

Penyampaian pesan: Live Streaming Shopping memungkinkan sebuah bisnis untuk menyampaikan nilai merek dan pesan dengan lebih kuat melalui interaksi pribadi.



Keuntungan Live Streaming Bagi Pelanggan

Dalam Live Streaming, pelanggan dapat bertanya langsung kepada penjual atau host tentang produk, memberikan pengalaman berbelanja yang lebih interaktif. Selain itu, penjelasan langsung tentang produk memungkinkan pelanggan memahami fitur, manfaat, dan kegunaan dengan lebih baik.

Kehadiran Live Streaming yang masih terbilang baru juga memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda dan memberikan variasi baru dalam cara berbelanja. Dalam live streaming, pelanggan bisa mendapatkan hiburan yang berbeda dibandingkan dengan pengalaman belanja tradisional.

 

Kelemahan Live Streaming Bagi Pelanggan

Akan tetapi dalam Live Shopping tidak selalu mudah untuk menilai kualitas atau ukuran produk melalui layar, dan pelanggan mungkin merasa sulit untuk mempercayai apa yang dilihat nya secara online. Selain itu, pelanggan juga tidak bisa merasakan atau mencoba produk secara langsung. Dengan interaksi langsung dengan penjual, pembeli menjadi lebih terdorong dalam melakukan pembelian impulsif yang tidak selalu sesuai dengan kebutuhan atau anggaran pelanggan.

 

Pada akhirnya, Live Streaming Shopping adalah tren yang berkembang pesat dalam pemasaran dan perdagangan secara digital, dengan potensi untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih unik dan interaktif. Hal ini merupakan peluang emas bagi para pelaku usaha yang bisa memberikan keuntungan. 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found