Dulu Jualan di Garasi Rumah, Sekarang Berhasil Ekspansi ke Seluruh Indonesia!

Sobat Pajak | 2023-25-08 16:59:54 | 8 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Siapa yang selama ini mengira bahwa es krim merek Campina adalah produk luar negeri? Nyata nya, hal itu salah besar. Es krim campina yang sering Sobat jumpai di minimarket terdekat tersebut merupakan salah satu brand es krim lokal lho!

PT Campina Ice Cream Industry Tbk ini berbasis di Surabaya, Jawa Timur yang memang telah menjadi salah satu brand es krim ternama dan terbesar di Indonesia. Diketahui perusahaan Campina sudah berjalan selama setengah abad di industri es krim Indonesia tepatnya dimulai pada tahun 1972. Pada awalnya, Campina didirikan sebagai sebuah industri rumahan dengan nama CV Pranoto berlokasi di garasi rumah mereka sendiri, yang terletak di Jalan Gembong Sawah, Surabaya. Sosok dibalik terbentuknya Campina antara lain adalah sepasang suami istri yaitu Darmo Hadipranoto dan istrinya. Mereka menciptakan merek ini dengan harapan dapat memberikan es krim kualitas terbaik untuk anak-anaknya. Tapi siapa sangka justru saat ini Campina bisa menjadi merek es krim yang dikenal luas di Indonesia?

 

Perjalanan Bisnis Campina

Dalam berbisnis tentunya perjalanan tidak akan berjalan lurus saja, pasti akan merasakan naik turunnya perjalanan bisnis. Hal ini juga dirasakan oleh Campina sekitar tahun 1970-an, Campina harus melewati tantangan bisnis. Pada saat itu, pemasok listrik sangat terbatas sehingga Darmo (pendiri Campina) harus mendirikan pabrik pengolahan dry ice agar bisa menjual produknya melalui armada keliling dan mobil box pada saat itu. Dilansir dari bisnis.com, berkat dari ekspansi yang dilakukan oleh Campina, produk-produknya pun jauh lebih dikenal masyarakat luas hingga berhasil mendapatkan atensi dan dukungan dari Gubernur Jawa Timur pada saat itu. Campina pun terus berkembang dan terus melakukan ekspansi, dari yang awalanya status perusahaan adalah Firma (CV) hingga berubah menjadi Perseroan Terbatas (PT).

Dalam proses transformasi ini, Campina berganti nama menjadi PT Campina Ice Cream Industry. Langkah ini menandai keberhasilan Campina dalam membangun fondasi yang kuat sebagai perusahaan. Lalu, 2017 menjadi tahun penting bagi Campina karena mereka meluncurkan Penawaran Umum Saham Perdana atau Initial Public Offering (IPO) pada 19 Desember di Bursa Efek Indonesia.

 

Strategi Pemasaran Produk Campina

Dibalik suksesnya Campina saat ini tentunya tidak lepas dari banyaknya cara atau strategi promosi yang dilakukan. Apa sih cara yang dilakukan oleh Campina untuk mempromosikan produk mereka hingga berhasil dikenal hingga saat ini? Yuk Simak!

  • Teknik Lifestyle Marketing

Beradaptasi dengan perkembangan sangatlah penting bagi bisnis. Salah satu strategi yang dilakukan Campina adalah dengan menggunakan lifestyle marketing. Mungkin, Sobat sudah tahu atau bahkan mencoba salah satu produk es krim Campina yaitu Hula-hula yang sudah ada sejak tahun 1976. Campina menyesuaikan produk Hula Hula tersebut dengan gaya hidup anak muda masa kini yang sangat dinamis, open minded, dan cenderung lebih menghargai pengalaman dibandingkan dengan kepemilikan. Melansir dari penjelasan sang Brand Manager Campina, dalam menerapkan lifestyle marketing, Campina tepatnya pada produk es krim Hula Hula lebih dekat ke anak-anak muda yang hobi travelling, yang kini cenderung lebih suka mengumpulkan pengalaman (moments) dibanding kepemilikan. Dengan begitu, Hula Hula menjadi lebih mudah dikenal dengan masyarakat luas khususnya pada generasi milenial dan generasi Z.

  • Soft Selling

Pada zaman sekarang, strategi pemasaran yang dilakukan agar bisa berhasil mendapatkan audiens tidak harus menekankan produk secara hard selling. Saat ini, konsumen jauh lebih pintar dalam memilih produk dan tidak langsung terpengaruhi oleh iklan. Karena itu, Campina pun berupaya melakukan iklan secara soft selling dibandingkan dengan iklan-iklan sebelumnya. Dimana Campina menghadirkan tampilan logo dan es krim Campina hanya di bagian akhir tayangan iklan. Tentunya hal ini cukup berbeda dibandingkan dengan iklan-iklan Campina sebelumnya. Dengan strategi tersebut pun, Campina selalu berhasil mempertahankan eksistensi brand nya hingga saat ini dapat bertahan lebih dari empat dekade.

  • Kerja Sama dengan Influencer

Influencer sudah diakui kekuatan nya dalam memberikan dampak terhadap promosi-promosi di sosial media. Tentunya promosi produk yang disampaikan para influencer dengan pengikut mencapai jutaan akan membantu dalam meningkatkan minat konsumen dalam membeli produk. Hal ini dilakukan oleh Campina dengan bekerja sama dengan salah satu influencer sekaligus artis yang sangat dikenal masyarakat Indonesia yaitu Raffi Ahmad. Melalui Youtube Channel Rans Entertainment, Raffi Ahmad terlihat mengunggah video berjudul “Mau Beli Pabrik Es Krim”. Dalam video tersebut terlihat perjalanan Raffi di pabrik pembuatan es krim Hula Hula dan jenis es krim lainnya.

Dengan penonton yang meningkat tajam pada video tersebut, Campina pun mendapatkan dampak yang luar biasa yaitu dengan meningkatkan jumlah pengikut dan engagement pada akun-akun media sosial milik Campina sebanyak 2 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Dari sini dapat dilihat bahwa peran influencer yang digunakan untuk promosi memiliki dampak besar.

 

Dari Campina, kita tahu bahwa perjalanan bisnis agar menjadi sukses memerlukan banyak sekali usaha yang dilakukan, seperti dengan mengikuti perkembangan zaman saat ini. Hal tersebut juga termasuk dalam upaya yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis Sobat.

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found