4 Alasan Pentingnya Upgrade Logo Bisnis

Sobat Pajak | 2023-15-03 16:48:08 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Pernah dengar istilah “penampilan mencerminkan kepribadian”? Orang – orang dengan penampilan yang rapih dan bersih akan terlihat lebih baik bukan dibandingkan dengan orang dengan penampilan yang amburadul atau berantakan? Tidak bisa dipungkiri bahwa penampilan sangat penting dan menjadi aspek pertama yang akan dilihat orang pertama kali.  

Begitu juga pada sebuah bisnis. Logo brand lah yang akan menjadi wajah perusahaan yang akan dilihat orang – orang pertama kali. Logo bukan hanya sekedar gambar dan tulisan saja. Logo bagi sebuah bisnis adalah identitas, yang nantinya akan memperlihatkan visi bisnis tersebut dan juga menjadi pembeda bagi bisnis lainnya. Tidak sedikit juga perusahaan besar yang mau mengeluarkan dana yang besar untuk membentuk dan mengubah logonya.  

 

Nokia Mengganti Logonya Setelah 60 Tahun 

Sobat UMKM pasti tidak asing lagi dong ya dengan brand ponsel satu ini. Betul, Nokia! 

Sumber : Kompas.com 

 

Dulu Nokia memiliki logo dengan tagline ‘connecting people’ dengan animasi dan foto tangan sedang bergandengan. Akan tetapi, saat ini Nokia hadir dengan logo baru yang menyiratkan pada pertumbuhan brand yang lebih agresif. Dikutip dari Kompas.com, logo terbaru Nokia saat ini menggunakan jenis tulisan yang lebih segar dan modern. Menurut Chief Executive Nokia, brand new bisnis dari Nokia ini dilakukan guna menyambut Mobile World Congress (MWC) Tahunan yang dilaksanakan hingga 2 Maret 2023 kemarin di Barcelona. Dikutip juga dari Kompas.com, penggantian logo Nokia saat ini juga bertujuan untuk menampilkan identitas perusahaan yang saat ini fokus pada teknologi dan layanan telekomunikasi seluler.  

Tapi memangnya perlu untuk re-design logo? Simak beberapa penjelasan dibawah ini. 

 

1. Perkembangan Zaman 

Logo yang di design beberapa tahun lalu tentunya akan terlihat kuno dan ketinggalan zaman. Maka itu, perlu untuk re-design logo yang lebih modern dong! Dengan tampilan yang baru, logo brand tidak akan terlihat ‘kuno’. Hal ini juga menjadi strategi untuk mengubah persepsi konsumen terhadap brand Sobat dengan memberikan kesegaran terhadap merek bisnis Sobat. Seperti brand Nokia yang mengganti logonya hingga saat ini logo nya terlihat lebih modern dan kekinian dibandingkan logo sebelumnya. 

2. Visi Misi Baru 

Seiring berjalannya sebuah Bisnis, pasti akan ada value yang berubah. Maka itu, wajar jika visi misi bisnis awal berbeda dengan visi misi sekarang ini. Biasanya, perubahan visi misi terjadi karena beberapa faktor. Bisa karena pergantian kepemimpinan, bisa juga karena perkembangan lingkungan perusahaan saat ini. Maka itu, dengan mengubah logo brand bisa memperlihatkan citra perusahaan yang baru.  

3. Bisnis Sobat Mengalami Perkembangan 

Jika bisnis Sobat mengalami perkembangan yang cukup signifikan, maka Sobat perlu untuk upgrade logo nih. Misalnya dulu Sobat hanya memiliki satu atau dua jenis produk saja.  Tapi saat ini sudah memiliki beragam produk atau mungkin hingga membuka beberapa kantor cabang. Maka, melakukan desain ulang logo bisnis dapat mempresentasikan identitas bisnis Sobat saat ini. 

4. Target Market yang Baru 

Walaupun sudah mempunyai target pasar yang sesuai hingga miliki pelanggan tetap. Akan tetapi, untuk mengembangkan bisnis tentunya diperlukan target pasar yang baru. Nah, jika Sobat akan melakukan hal tersebut, maka re-design logo akan menjadi strategi branding Sobat. Hal ini akan membantu bisnis Sobat dalam meningkatkan pencitraan merek. Dengan logo baru, Sobat bisa terhubung dengan target market yang baru dan tetap mempertahankan pangsa pasar sebelumnya. Seperti pada brand Nokia, yang bertransformasi menjadi pabrik canggih yang penuh dengan otomatisasi dan pusat data, sehingga target pasar yang dituju saat ini adalah perusahaan yang berada di sektor manufaktur, seperti telekomunikasi dan data center. 

 

Sobat UMKM saat ini perkembangan zaman sangat cepat berlalu ya, yang dulunya ponsel masih harus menggunakan keypad dan sekarang sudah menggunakan touchscreen. Atau dalam berbisnis, yang dulunya harus secara konvensional sekarang sudah mudah sekali dengan online. Begitu pula dengan Logo, yang merupakan face of the brand dari sebuah bisnis. Pasti nggak mau dong kalau logo Sobat terlihat kurang up to date. Jadi, jangan lupa untuk upgrade bisnis Sobat ya! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found