Tips Jitu Membangun Usaha Restoran

Sobat Pajak | 2023-26-06 17:18:17 | 8 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Seorang calon pengusaha sebelum membuka usaha tertentu, perlu menyiapkan kerangka analisis usaha terlebih dahulu. Dengan adanya analisis, maka langkah implementasinya menjadi lebih jelas, risiko kebangkrutan juga dapat diminimalkan. Ada begitu banyak bidang-bidang usaha yang dapat dipilih, seperti bisnis barang, jasa atau kombinasi dari keduanya. Salah satu jenis usaha yang pasti ada di setiap wilayah adalah bisnis makanan, dari yang skalanya kecil seperti food truck, warung makan, sampai yang skalanya lebih besar yaitu restoran

 

Menjadi seorang pengusaha restoran tidaklah semudah hanya memasak dan menjual makanan saja, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan serta langkah-langkah yang perlu diterapkan untuk dapat membuka sebuah usaha restoran. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Sobat terapkan apabila ingin membuka sebuah usaha restoran:

  • Pilih Lini Bisnis

Lini bisnis adalah gambaran mengenai produk atau jasa apa yang Sobat tawarkan. Kriteria seperti jenis makanan apa yang dipasarkan apakah masakan Indonesia, masakan China, masakan Jepang, atau masakan Eropa. Sobat juga dapat menentukan jenis restoran Sobat, apakah restoran biasa yang menawarkan menu saja, restoran rekreasi yang selain menawarkan menu juga menjual ketenangan dan keindahan alam/interiornya, restoran kaki lima berupa angkringan, lesehan tenda dan lain sebagainya.

  • Pemilihan Menu

Sebagai calon wirausahawan restoran baru, ada baiknya untuk jangan berfokus pada kuantitas/jumlah produk. Fokuskan pengembangan pada kualitas produk atau cita rasa. Setelah restoran mulai ramai, Sobat bisa mulai menambahkan menu baru, satu per satu.

  • Pemilihan Lokasi Strategis

Cari market ekuitas penarik pangsa pasar di sekitarnya, bisa di dekat mall, kampus, supermarket, atau tempat keramaian lainnya. Pastikan lokasi itu aman dari pungutan liar dan premanisme. Jangan lupa perhatikan fasilitas air, listrik, toilet, tersedia. Pastikan parkir cukup luas (minimal ada 1 meter tempat kosong untuk parkir sepeda motor). Hal yang paling penting adalah harganya, baik sewa ruko atau beli sesuai anggaran.

  • Menentukan Standar Operasional Restoran

Sobat juga harus menentukan bagaimana standar operasional untuk restoran Sobat. Dalam menentukan standar operasional ini, Sobat perlu melibatkan koki profesional dan konsultan bisnis agar bisa memberikan nasehat terkait apa yang sebaiknya dilakukan.

  • Membeli Peralatan

Banyak calon pengusaha restoran yang langsung membeli peralatan begitu mereka mulai membuka usaha. Hal ini kurang tepat dilakukan, sebab peralatan yang dibeli sepatutnya menyesuaikan masakan dan standar operasional prosedur dari usaha Sobat.

Sebagai ilustrasi, Sobat sudah terlanjur membeli microwave seharga satu juta rupiah. Padahal, pada keputusan akhir Sobat memutuskan membuka warung bakmi dan bukan usaha roti. Pada akhirnya, microwave Sobat menjadi mubazir karena proses pembuatan bakmi tidak menggunakan microwave. Sobat baru mengetahui kebutuhan operasional Sobat setelah menyusun SOP. Jadi belilah inventori peralatan setelah menu masakan dan SOP selesai dirancang dan bukan sebelumnya.

  • Aspek Marketing

Aspek marketing juga sangat penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan pemasaran dan proses promosi barang atau jasa yang dijual. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

  1.  Logo usaha harus simpel dan mudah diingat
  2. Memberikan sampel kepada audiens secara gratis sebagai strategi awal, agar konsumen bisa merasakan terlebih dahulu untuk menarik rasa ketertarikan konsumen akan hidangan Sobat. 
  3. Berikan diskon atau keuntungan yang menarik agar orang-orang tertarik dan membeli produk sobat.
  • Analisis SWOT

Untuk bisa memenangkan persaingan, maka seorang pelaku usaha harus bisa membedakan usaha nya serta mengenali usaha nya dengan baik untuk menghadapi persaingan. Begitu pula sebagai seorang calon pengusaha restoran, Sobat harus memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri serta pesaing yang ada di sekitar dengan melakukan analisis SWOT

 

Walaupun terlihat ribet dan membosankan, adanya kerangka kerja dalam berbisnis amat penting dalam dunia bisnis. Nah, itulah tadi beberapa tips untuk membuka usaha restoran. Bagaimana Sobat? Tertarik menggeluti industri kuliner? 

 

Jika ingin informasi lainnya mengenai pajak dan UMKM cukup akses website Sobat Pajak dan Sobat Buku, atau melalui sosial media kami di Instagram dan Facebook untuk update informasi lainnya.

Article is not found
Article is not found