Analisis SWOT

4 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Analisis SWOT adalah teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) pada sebuah perusahaan. Analisis SWOT penting untuk diterapkan pada perusahaan untuk menentukan penyusunan strategi, penjualan produk, maupun menerapkan ide bisnis baru.

Komponen Analisis SWOT

Terdapat 4 komponen utama dalam analisis SWOT

  • Strength (kekuatan)

Poin pertama adalah strength yang artinya kekuatan merupakan faktor internal perusahaan yang menjadi kekuatan dalam bisnis atau proyek yang sedang dikerjakan, misalnya harga produk yang murah di pasaran, produk yang popular, dan lain sebagainya.

  • Weakness (kelemahan)

Poin kedua merupakan weakness atau bisa diartikan sebagai kelemahan adalah faktor internal perusahaan yang menjadi kelemahan dalam bisnis atau proyek yang sedang kita kerjakan. Contoh poin kelemahan adalah keterbatasan modal atau kekurangan SDM terampil.

  • Opportunities (peluang)

Komponen ketiga analisis SWOT adalah opportunities atau yang artinya peluang. Poin ketiga merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis yang bisa memberikan kontribusi pada kesuksessan usaha. Pengusaha harus pAndai dalam melihat peluang ini karena jika dimanfaatkan dengan baik maka dapat meningkatkan keuntungan usaha, misalnya perkembangan teknologi, adanya permintaan pasar yang meningkat, dan sebagainya.

  • Threats (ancaman)

Komponen terakhir analisis SWOT adalah threat atau bisa kita artikan sebagai ancaman. Komponen ini merujuk pada faktor eksternal yang menimbulkan risiko bagi perusahaan atau keberhasilan suatu projek, misalnya adanya kenaikan harga bahan untuk produksi, kenaikan tarif pajak, banyaknya kompetitor, dan lain sebagainya.

Tujuan Analisis SWOT

Sebagai metode yang mempermudah perusahaan dalam melakukan perencanaan strategi yang secara khusus di bidang bisnis, analisa SWOT memiliki tujuan utama sebagai berikut:

  • Mengetahui Posisi Perusahaan di Pasaran

Metode analisia SWOT memperhatikan dengan saksama bagaimana rencana disusun berdasarkan pertimbangan faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang tidak hanya berguna untuk melihat posisi perusahaan sendiri, namun juga untuk melihat perusahaan kompetitor yang ikut bersaing di pasar.

  • Memberi Kesempatan Perusahaan untuk Berkembang

Analisis SWOT yang tepat dan semaksimal mungkin dapat mempermudah perusahaan dalam memperoleh kesempatan yang semaksimal mungkin untuk mengembangkan perusahaan. Perencanaan yang matang dengan memperhatikan faktor-faktor penting dalam komponen SWOT dapat mengembangkan perusahaan.

  • Memprediksi Kemungkinan Masalah yang Terjadi

Dengan mengetahui potensi kekurangan dan ancaman yang mungkin terjadi dengan analisis SWOT, perusahaan bisa mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan masalah yang terjadi kedepannya

  • Mempermudah Pengambilan Keputusan

Analisis SWOT berguna dalam menentukan perencanaan strategi untuk perusahaan serta dalam langkah penyelesaian masalah. Melalui analisis SWOT, perusahaan bisa mengetahui apa saja faktor-faktor internal yang dimiliki perusahaan, seperti faktor kekuatan dan kelemahan, sekaligus faktor-faktor eksternal yang berada di luar perusahaan, seperti kesempatan dan ancaman.

Cara Menggunakan Analisis SWOT

Hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan analisis SWOT adalah membuat daftar pertanyaan terkait bisnis yang sedang dijalani, berikut contohnya:

Strength (Kekuatan)

  • Apa kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan Anda?
  • Apa yang bisa membuat perusahaan Anda agar lebih baik dari perusahaan lainnya?
  • Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan Anda?

Weakness (Kelemahan)

  • Apa yang membuat produk Anda tidak laku di pasar?
  • Bagaimana strategi marketing sehingga membuat produk Anda tidak laku?
  • Apa yang membuat pelanggan setia berhenti membeli produk Anda?

Opportunity (Peluang)

  • Apakah bisnis yang Anda jalankan memenuhi tren yang sedang berlaku di pasar?
  • Apakah ada perubahan peraturan yang akan mempengaruhi perusahaan Anda secara positif?
  • Adakah acara atau event yang dapat dimanfaatkan perusahaan Anda dalam menumbuhkan pengembangan bisnis?

Threat (Ancaman)

  • Apakah Anda memiliki pesaing potensial yang dapat memasuki pasar Anda?
  • Apakah ada kebijakan dari pemerintah yang bisa mengancam perkembangan bisnis?
  • Apakah pemasok akan selalu bisa memasok bahan baku yang Anda butuhkan dengan harga yang diharapkan?

Jika sudah membuat daftar pertanyaan, maka selanjutnya menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan keadaaan yang sedang dihadapi perusahaan. Setelah memetakan dan mengidentifikasi masing-masing kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap perusahaan, langkah selanjutnya menganalisis semua komponen tadi dan menyusun strategi.

Anda perlu melihat kekuatan yang dimiliki dan mencari tahu bagaimana dapat menggunakan kekuatan tersebut untuk memanfaatkan peluang yang ada. Selain itu juga, melihat juga apakah kekuatan tersebut bisa mencegah ancaman yang ada di pasar. Melalui analisis ini bisa menghasilkan strategi-strategi yang bisa diterapkan. Dengan daftar strategi tersebut, Anda akan tahu apa yang ingin diprioritaskan dan dijadwalkan. Tentunya meotde ini bukanlah mutlak berfungsi sebagai jawaban yang pasti, namun mampu memberikan solusi pada setiap masalah yang dihadapi perusahaan.

Article is not found
Article is not found