Mau Mulai Bisnis Ritel? Simak Artikel Ini!

Sobat Pajak | 2023-07-06 17:16:18 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Bisnis ritel adalah kegiatan yang berkaitan dengan penjualan barang, jasa ataupun keduanya yang dilakukan secara sedikit-sedikit atau satu-persatu dan ditujukan langsung kepada konsumen akhir untuk memenuhi kebutuhan. Bisnis ritel bukan hanya berupa barang, seperti sabun, deterjen, minuman, dan lain-lain.  Tetapi, bisnis ritel juga dapat mencakup layanan jasa seperti cuci pakaian, sewa alat musik, potong rambut, sewa kendaraan, dan lain-lain. Bisnis ritel pun tidak harus selalu dilaksanakan di sebuah toko, namun juga melalui telepon atau internet yang dapat disebut ritel non-toko. 

 

Fungsi Bisnis Ritel

Berikut berbagai fungsi dari bisnis ritel, diantaranya: 

  • Memberikan berbagai macam produk, sehingga pelanggan dapat memilih produk yang mereka inginkan.
  • Membagi produk yang dijual dari partai besar ke dalam kemasan kecil, sehingga konsumen dapat membeli sesuai kebutuhannya.
  • Mengubah produk menjadi bentuk yang lebih kreatif dan juga menarik.
  • Menyimpan produk demi menjaga harga yang relatif tetap kepada para pelanggan.
  • Membantu produsen untuk mentransfer hak kepemilikan dari produsen kepada konsumen melalui proses jual beli.
  • Perpindahan barang melalui proses distribusi.
  • Memberikan informasi kepada pelanggan dan kepada pemasok barang.
  • Memberikan jaminan terhadap produk yang dijual seperti memberikan layanan purna jual atau dengan ikut serta dalam penanganan komplain dari pelanggan.
  • Memberikan fasilitas kredit atau sewa, contohnya jasa penyewaan mobil yang kegiatan bisnisnya menyewakan mobil, atau toko komputer yang menyediakan fasilitas perkreditan laptop kepada pelanggannya dan masih banyak lagi.

Fungsi bisnis ritel selain bermanfaat bagi para produsennya, juga bermanfaat bagi para pelanggan yang bisa membeli produk dalam usaha skala yang lebih kecil.

 

Kelebihan Bisnis Ritel

Kelebihan yang bisa Sobat dapatkan dalam bisnis ritel antara lain:

  • Modal yang diperlukan relatif rendah sementara keuntungan yang didapat berpotensi cukup besar. Bahkan keuntungan yang akan didapat bisnis ritel ini dapat melebihi jumlah modal yang dikeluarkan pada saat pembelian barang. 
  • Lokasi bisnis ritel yang sangat strategis, sehingga dapat memudahkan pelanggan untuk membeli barang-barang kebutuhannya. 
  • Hubungan yang dekat dengan pelanggan, hal ini disebabkan karena terjadi sebuah proses komunikasi dua arah antara pebisnis ritel dengan pelanggan yang dilayaninya. 

Kelebihan-kelebihan inilah yang sering menjadikan pebisnis ritel menjadi cepat berkembang pesat dalam menjalankan bisnisnya.

 

Kekurangan Bisnis Ritel

Selain kelebihan, tetap saja terdapat celah yang dapat berpotensi menghambat jalannya bisnis yang telah Sobat susun secara apik sebelum membangun bisnis, berikut adalah beberapa kekurangan bisnis ritel ini, antara lain:

  • Karena bisnis ritel skalanya termasuk kecil, sehingga kerap kali terjadi pembukuan yang kurang atau bahkan tidak diperhatikan oleh para pelaku bisnis.
  • Aspek pemasaran dari bisnis ritel ini juga sering dilakukan secara tidak optimal, sehingga tidak bisa mempromosikan produk yang ditawarkan secara optimal.

 

Karakteristik Bisnis Ritel

Bisnis ritel berbeda dari bisnis lainnya, Sobat perlu memahami bisnis yang bagaimana dapat disebut sebagai bisnis ritel. Maka dengan demikian, Sobat dapat mempersiapkan strategi untuk mulai menjalankannya. 

Berikut adalah karakteristik yang dimiliki oleh bisnis ritel, yaitu sebagai berikut:

  • Menjual barang dalam jumlah satuan.
  • Memiliki kesempatan berhadapan dan melayani konsumen secara langsung.

Terdapat banyak sekali bisnis ritel di lingkungan sekitar yang kerap kali kita datangi. Salah satunya adalah swalayan yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok masyarakat, selain itu contoh lain yang termasuk ke dalam bisnis ritel adalah toko serba ada, department store, chain store, dan lain-lain.

 

Ingin informasi lebih lanjut tentang UMKM dan PAJAK? Baca artikel lain dari SOBAT PAJAK, yang menyediakan berbagai informasi yang terpercaya seputar pajak dan umkm. Sekian dulu artikel kali ini ya Sopa.... dan jangan lupa nantikan artikel-artikel dari SOBAT PAJAK, terima kasih. 

Urusan PAJAK dan UMKM?  Serahkan ke Sobat Pajak 😊.... 

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found