Tips Agar Produk UKM Tembus Ritel Modern

Sobat Pajak | 2022-19-12 17:23:44 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sebagai pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), mempunyai produk yang dijual di ritel modern, seperti minimarket dan swalayan tentu saja menjadi suatu kebanggaan. Meski di zaman serba online seperti sekarang, keberadaan ritel modern tetap menjadi pilihan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Namun, untuk menembus pasar ritel modern tentu bukanlah hal yang mudah dan produk pun harus memenuhi standar tertentu. Oleh sebab itu, yuk simak tips berikut agar produk UKM mampu tembus di ritel modern.

  • Urus dan Lengkapi Sertifikat Produk

Beda halnya dengan pasar tradisional, ritel modern menjual produk yang sudah memiliki kualitas dan resmi secara sertifikasi dan perizinan.

Oleh sebab itu, usahakan produk Sobat sudah memenuhi sertifikasi dan izin, seperti izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT), izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).

Apabila produk UKM milik Sobat sudah memiliki sertifikat dan izin tersebut, maka peluang untuk menembus jaringan ritel modern pun akan lebih besar. Jika belum, segera urus sertifikat dan izin untuk produk UKM milik Sobat.

  • Produk Telah Final

Pihak ritel modern cenderung hanya menerima produk dari UKM yang sudah siap jual dan mempunyai merek usaha resmi. Hal ini dikarenakan, pihak ritel tidak ingin membuang waktu untuk menanti produk yang masih dikembangkan dan belum melewati serangkaian tes kelayakan.

Oleh sebab itu, pelaku UKM yang produknya ingin tembus di ritel modern harus memiliki produk yang siap jual dan final baik dari segi kelayakan dan juga kualitas, misalnya dari segi packaging dan strategi pemasaran.

  • Kenalkan Produk Secara Tatap Muka

Meskipun saat ini kegiatan bisa dilakukan secara online, namun ada baiknya jika pelaku UKM mengenalkan produknya secara tatap muka dengan mendatangi langsung pihak ritel modern. Melalui tatap muka, baik pihak ritel modern maupun pelaku UKM akan memiliki diskusi yang lebih efektif dan terbuka.

Bukan tidak mungkin juga, pertemuan langsung ini bisa saja diakhiri dengan kontrak kerja sama pemasokan produk. Selama pertemuan tersebut, pelaku UKM juga bisa membawa contoh produknya untuk diperlihatkan kepada pihak ritel modern.

  • Mempunyai Riwayat Penjualan Produk

Sebelum memasuki pasar ritel modern, pastikan produk UKM milik Sobat mempunyai riwayat penjualan produk yang dikenal oleh pasar. Produk pelaku UKM perlu mempunyai catatan penjualan dalam kurun waktu tertentu, sehingga pihak ritel akan lebih berminat melihat catatan tersebut dan menentukan strategi pemasaran apa yang nantinya akan diterapkan.

  • Menghindari Bersaing dengan Produk ritel Modern

Hal lain yang perlu diperhatikan, yakni menghindari memasok produk yang sama dengan milik pihak ritel modern. Biasanya, pihak ritel modern menjual produk dengan merek mereka sendiri, seperti camilan. Maka, sebaiknya pelaku UKM menjual produk yang berbeda. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari urusan pemasaran yang membuat produk UKM milik Sobat sulit dijual.

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat digunakan pelaku UKM untuk tembus ritel modern, semoga dapat menambahkan pengetahuan dan wawasan kalian ya Sobat.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found