Sobat Ingin Bisnis Berbasis apa? Yuk Simak 5 Basis Bisnis ini!

Sobat Pajak | 2023-10-08 16:55:08 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Syarat menjadi seorang pebisnis umumnya adalah memiliki minimum 2 (dua) kecakapan dasar, yaitu kecakapan teknis dan kecakapan manajerial. Sebagai ilustrasi kecakapan teknis yang paling sederhana adalah apabila membeli barang 10 rupiah, mampu menjual kembali di atas 10 rupiah atau jika biaya produksi 10 rupiah, wajib mampu menjual dengan harga di atas 10 rupiah. Perlakuan yang sama pula dengan kecakapan manajerial adalah kemampuan dalam mengelola. Sebagai ilustrasi, mampu mengatur keuangan ketika membeli bahan baku untuk produksi atau mampu beli barang untuk dijual kembali. 

Menjadi seorang pebisnis pada praktiknya tidak hanya memerlukan kecakapan dasar saja, tetapi juga diperlukan pengetahuan mengenai basis bisnis yang tepat dan berpeluang untuk menghasilkan kesuksesan. Adapun beberapa basis bisnis yang dapat Sobat coba jika ingin memulai usaha, basis bisnis itu sebagai berikut:

 

  • Bisnis Berbasis Talenta

Setiap manusia punya talenta. Talenta adalah suatu kecakapan yang dibawa sejak lahir dan saat ini cukup diasah kembali untuk dipakai sebagai modal membangun bisnis. Misalnya talenta yang dimiliki dalam bidang memasak dapat dimanfaatkan untuk membuka bisnis kuliner, contoh lain misalnya talenta dalam bidang melukis, dapat dimanfaatkan dengan menjual lukisan. Talenta-talenta yang Sobat miliki dapat Sobat jadikan ide untuk membangun bisnis yang Sobat inginkan.

 

  • Bisnis Berbasis Hobi

Setiap manusia pasti memiliki hobi  atau kegemaran. Hal ini dapat dijadikan sebagai  modal dasar untuk memulai suatu bisnis. Misalnya, Sobat yang memiliki hobi bersepeda itu bisa Sobat jadikan ladang bisnis misalnya menjual perlengkapan sepeda atau menjadi teknisi sepeda, contoh lain apabila Sobat senang dan hobi foto itu juga bisa menjadi peluang bisnis dengan menjadi fotografer atau menjual foto-foto yang Sobat ambil, dalam hal lain misalnya jika Sobat senang membuat program di komputer, Sobat dapat membuat  usaha di bidang web programming. Jangan takut memulai karena kalau rugi tidak masalah karena itu adalah kegemaran. Namun kalau beruntung, itu namanya sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui, yakni hobi tersalur dan penghasilan juga diperoleh.

 

  • Bisnis Berbasis Persahabatan

Memulai usaha juga dapat dilakukan dengan mengajak sahabat yang memiliki kebutuhan atau nasib yang sama. Misalnya Sobat dan teman sama-sama kena PHK di tempat kerja sebelumnya. Sobat dapat bekerja sama  membangun bisnis bersama dengan basis kecakapan masing-masing. Misalnya karena potensi sahabat yang ternyata ahli dalam mendekorasi ruangan dan Sobat juga memiliki ketertarikan dalam hal yang sama, maka Sobat dapat mengandalkan teman Sobat dan mulai merintis bisnis bersama-sama. 

 

  • Bisnis Berbasis Potensi Tetangga

Tetangga juga bisa dijadikan sebagai partner bisnis, sekaligus konsumen. Misalnya apabila tetangga butuh bahan makanan seperti sembako, maka Sobat dapat menjual bahan seperti itu. Atau sebaliknya, Sobat yang dapat melihat potensi dari tetangga yang kebanyakan berprofesi sebagai petani sayur, maka Sobat dapat memanfaatkan keahlian tetangga Sobat sebagai petani dan dikombinasikan dengan pengetahuan dan teknologi modern sehingga dapat menghasilkan produk pertanian misalnya sayur mayur yang lebih berkualitas dibandingkan sebelumnya, atau juga bisa mengolah hasil pertanian menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual lebih tinggi, misalnya sayur kering atau olahan dari sayur yang awet dan dapat menjadi incaran pasar. 

 

  •  Bisnis Berbasis Milik Keluarga

Mulai bisnis dengan cara ini lebih mudah. Katakan keluarga Sobat punya lahan kosong dan itu sekarang banyak terlihat di desa maupun di kota, coba Sobat tanam apa saja yang akan menjadi kebutuhan pasar, atau masyarakat di sekitar Sobat. Jangan terlalu lama memikirkan dan berpangku tangan, tidak akan ada yang mampu menolong Sobat untuk menjadi mandiri. Hanya diri sendiri yang bisa membantu dan memulai untuk menjadi pribadi unggul dan mandiri. Jangan sampai didahului orang lain.



Memperhatikan syarat menjadi pebisnis itu sebenarnya sederhana, tetapi kebanyakan pebisnis memilih tidak terlalu memikirkannya, kendati memang pebisnis sukses tidak selalu harus memenuhi syarat bisnis tersebut. Tetapi alangkah baiknya apabila memperhatikan persyaratan yang dimaksud agar peluang sukses menjadi meningkat. Apabila ingin menjadi pebisnis, khususnya bagi pemula, wajib dilandasi dengan pola pikir yang jelas serta tekad dan usaha yang kuat.

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found