Hal yang Harus Sobat Perhatikan dalam Menjalankan Bisnis Kuliner

Sobat Pajak | 2023-28-07 16:51:15 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Perlu diperhatikan, para wirausahawan khususnya di bidang kuliner perlu memiliki bekal pengetahuan yang cukup. Bekal tersebut bisa diperoleh dari pendidikan di sekolah boga atau dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, seperti kursus yang dapat meningkatkan skills. Ketika Sobat membuka sebuah restoran, terdapat banyak cara untuk mengoptimalkan keuntungan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan dalam membuka usaha restoran

 

  •  Optimalisasi bahan

Banyak calon pelaku usaha yang ingin membuka restoran mungkin tidak tahu bagaimana cara memanfaatkan bahan makanan sisa. Biasanya, mereka lantas membuang begitu saja, padahal sebenarnya bahan sisa tersebut dapat diolah menjadi bahan makanan lain agar keuntungan menjadi maksimal. Sebagai contoh tulang ayam, restoran yang menjual olahan ayam seperti ayam goreng atau  ayam lainnya, pasti menghasilkan bahan sisa berupa tulang ayam, tulang tersebut jangan langsung dibuang begitu saja, tetapi dapat diolah menjadi kaldu ayam sehingga Sobat dapat menambah menu yang dijual.

 

  • Pahami tata cara penyimpanan makanan

Ketika menjadi seorang pengusaha, setidaknya Sobat harus mengontrol kualitas bahan baku dari produk yang sobat jual. Ketika bahan baku sudah melewati batas waktu simpan (kadaluwarsa) maka sebaiknya tidak digunakan lagi. Biasanya, bahan baku yang sudah disimpan lama akan menjadi rusak dan kualitasnya menurun. Jika disimpan lebih lama lagi, maka akan mulai muncul jamur. Nah, jika terjadi hal tersebut, maka Sobat harus memutuskan untuk membuang makanan tersebut. Jangan merasa sayang. Lebih baik sebagian kecil bahan makanan dibuang daripada kualitas masakan Sobat menurun dan nama baik bisnis tercemar di mata konsumen, sehingga reputasi bisnis yang sudah dibangun tersebut menjadi sia-sia.

 

  • Memahami Break Even Point (BEP)

BEP adalah suatu istilah dunia ekonomi, yaitu modal telah kembali tanpa memperoleh untung. Pada dasarnya, istilah BEP digunakan di dunia bisnis mana pun juga, mulai dari bisnis alat elektronik, bisnis jasa, bisnis perdagangan, dan sebagainya. Break Even Point adalah nilai minimal yang harus Sobat peroleh agar tidak rugi, atau lebih baik penjualan sobat melebihi nilai BEP, sehingga usaha yang sobat lakukan tidak sia-sia karena telah memperoleh laba.

 

  • Prediksi Kebangkrutan

Sobat bisa memprediksi kebangkrutan dengan BEP. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Perlu diketahui bahwa  Break Even Point merupakan suatu pokok bahasan yang amat penting, bahkan masuk dalam salah satu kurikulum bidang manajemen keuangan. Perhitungan Break Even Point yang benar mampu menyelamatkan usaha Sobat dari potensi kebangkrutan atau paling tidak meminimalkan jumlah kebangkrutan yang mungkin terjadi. Pada dasarnya, dalam dunia bisnis dan investasi, Sobat bisa meminimalkan potensi kerugian jika Sobat memahami tata cara manajemennya secara benar.

 

Itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai seorang pelaku usaha yang ingin menjalankan bisnis di bidang kuliner khususnya restoran. 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found