Pelaku UMKM Perlu Ketahui Hal Ini Sebelum Merekrut Pegawai

Sobat Buku | 2022-16-11 15:09:55 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Pada usaha dengan skala besar, proses rekrutmen pegawai sudah menjadi suatu keharusan bahkan hal biasa. Namun, pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), perekrutan pegawai bisa jadi berbeda. Apalagi bagi usaha yang masih terbatas dalam hal anggaran dan pengalaman.

Untuk itu, proses perekrutan pegawai tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, banyak hal yang perlu disesuaikan dan hasil perekrutan pun harus berdampak efektif bagi jalannya usaha.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui untuk memulai dan melakukan perekrutan pegawai agar memperoleh pekerja-pekerja terbaik dan efektif bagi usaha Sobat.

  1. Tentukan Jumlah Pegawai yang Efektif

Merekrut pegawai untuk UMKM tidak bisa dilakukan asal-asalan. Terkadang, mungkin Sobat mempunyai anggaran yang besar dan merasa siap untuk merekrut sejumlah pegawai.

Padahal dengan menentukan jumlahnya sebelum proses perekrutan, Sobat bisa melakukan analisis terlebih dahulu mengenai seberapa banyak pegawai yang dibutuhkan nantinya. Usahakan jumlah pegawai tidak melebihi kapasitas agar tidak membebani biaya operasional. Tentukan juga job desk apa yang sedang diperlukan dalam aktivitas usaha.

  1. Lakukan Riset Gaji Pegawai

Selain menentukan jumlah pegawai, Sobat juga perlu melakukan riset terkait gaji pegawai di UMKM lain pada bidang usaha yang sama. Hal ini bisa membantu Sobat dalam menentukan anggaran upah pegawai, serta melihat kesiapan Sobat memberikan gaji bagi mereka nantinya.

  1. Pelajari Serta Pahami Standar Upah dan Hak Pegawai

Selanjutnya, Sobat juga perlu mempelajari dan memahami kewajiban yang harus dipenuhi sebagai pemberi kerja. Pahami standarisasi upah di daerah Sobat, hak pegawai, kompensasi, dan proteksi yang bisa Sobat berikan. Dalam hal ini, tidak ada salahnya jika membaca undang-undang ketenagakerjaan.

  1. Buat dan Sebarkan Iklan Lowongan yang Menarik dan Jelas

Kreativitas tidak hanya diterapkan pada saat pemasaran produk, tetapi saat melakukan perekrutan pegawai pun Sobat perlu melakukan strategi iklan yang menarik dan jelas. Manfaatkan berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk menarik perhatian lebih banyak calon pegawai dan buatlah konten yang menarik.

Selain itu, deskripsikan juga detail posisi yang dibutuhkan dengan jelas supaya menemukan calon pegawai yang tepat, mulai dari posisi, job desk, kriteria khusus, kriteria umum, status pekerjaan (penuh atau paruh waktu), dan informasi gaji.

  1. Lakukan Proses Pelatihan Pegawai

Setelah menemukan pegawai yang tepat, langkah perekrutan sebaiknya tidak berhenti di sana. Meskipun usaha Sobat masih kecil, berikan pelatihan untuk pegawai supaya bisa bekerja dengan baik professional.

Adapun, proses pelatihan bisa meliputi pengenalan lingkungan kerja, rekan kerja, alat kerja yang akan digunakan, dan pelatihan kecil saat awal pegawai tersebut resmi bekerja. Tujuannya agar pegawai baru tersebut bisa mudah beradaptasi dan benar-benar mengerti apa yang perlu dikerjakan.

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found