Pelatihan Kerja Itu Penting? Ini Dia Manfaat dan Tujuan Nya!

Sobat Pajak | 2023-19-05 17:25:35 | 10 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Setiap perusahaan seringkali melakukan kegiatan pelatihan kerja guna memaksimalkan karyawan dari perusahaan tersebut. Tentunya kegiatan tersebut memiliki peran penting dalam operasional perusahaan. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lengkap mengenai pentingnya pelatihan kerja. 

 

Pengertian Pelatihan Kerja

Pelatihan kerja merupakan proses dalam meningkatkan kompetensi dari karyawan suatu perusahaan guna mencapai visi serta misi dari perusahaan tersebut. Dalam pelatihan kerja ini, tentunya menggunakan prosedur yang sistematis serta terorganisir. Pengembangaan kerja ini tentunya dilaksanakan guna mencapai penguasaan keterampilan, pengetahuan, serta sikap karyawan maupun anggota organisasi. 

Pelatihan kerja ini dilakukan mengenai keterampilan dasar. Keterampilan dasar yang dimaksud adalah berbagai keterampilan fundamental yang bahkan tidak dimiliki oleh pejabat perusahaan tersebut. 

 

Tujuan Pelatihan Kerja

Tujuan dari dilakukannya pelatihan kerja adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, hingga sikap karyawan, baik itu secara umum maupun spesifik dengan tujuan tertentu yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan. Beberapa tujuan dari pelatihan kerja adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan produktivitas kerja
  2. Meningkatkan ketetapan dari Sumber Daya Manusia (SDM)
  3. Mempertahankan dan meningkatkan sikap moral serta semangat kerja
  4. Meningkatkan rasa keinginan karyawan untuk berprestasi secara maksimal
  5. Meningkatkan kesehatan serta keselamatan kerja
  6. Meningkatkan kualitas kerja
  7. Meningkatkan perkembangan pegawai

 

Selain hal diatas, terdapat 3 tujuan dari adanya pelatihan kerja adalah sebagai berikut :

  1. Ilmu Pengetahuan (Knowledge) : melalui pelatihan kerja, diharapkan karyawan mendapatkan ilmu pengetahuan guna untuk memaksimalkan pekerjaan yang diberikan.
  2. Kemampuan (SkillI) :  melalui pelatihan kerja, karyawan dilatih untuk dapat melakukan pekerjaan yang diberikan sesuai dengan proses dan prosedur perusahaan.
  3. Penentuan Sikap (Attitude) :  hal yang tak kalah penting dalam sebuah pelatihan kerja adalah karyawan dapat memiliki minat serta kesadaran atas pekerjaan atau tanggung jawab yang diberikan. 

 

Manfaat Pelatihan Kerja

  • Meningkatkan Kemandirian Karyawan

Melalui pelatihan kerja, maka karyawan akan memiliki keterampilan di bidang nya masing-masing. Karyawan akan lebih mandiri dalam melaksanakan tanggung jawab pekerjaannya dan tidak memerlukan bantuan atasan terus menerus.

 

  • Meningkatkan Motivasi Karyawan 

Melalui pelatihan kerja, karyawan akan memiliki motivasi kerja yang lebih dikarenakan karyawan telah menguasai keterampilan di bidang nya sehingga dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan maksimal. Selain itu, karyawan akan merasa bahwa mereka adalah bagian dari perusahaan untuk mencapai tujuan bersama. 

 

  • Menumbuhkan Rasa Memiliki

Dengan rasa bahwa mereka memiliki kontribusi terhadap perusahaan tersebut maka tentu akan menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab bagi karyawan tersebut terhadap masa depan serta eksistensi perusahaan kedepannya. 

 

  • Meningkatkan Rasa Kenyamanan Karyawan

Kenyamanan adalah faktor penting untuk karyawan berada pada lingkungan pekerjaan tersebut dalam jangka waktu yang panjang. Kenyamanan datang ketika karyawan merasa dihargai dan diakui keberadaannya oleh perusahaan. 

 

  • Meningkatkan Keuntungan bagi Perusahaan

Karyawan dengan keterampilan yang memadai akan mengakibatkan keuntungan bagi perusahaan karena dengan keterampilan yang dimiliki tentu akan meningkatkan proses produksi barang maupun jasa sehingga akan menjadi efek bagi pendapatan perusahaan. 

Pelatihan kerja sangat penting bukan dalam sebuah perusahaan? Itulah beberapa informasi mengenai pelatihan kerja yang Sobat perlu ketahui. Untuk informasi lainnya, Sobat dapat kunjungi sosial media Sobat Pajak dan Sobat Buku agar tidak ketinggalan informasi penting lainnya yang tentunya bermanfaat. 

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

 

Article is not found
Article is not found