Jangan Sampai Data Bocor! Cyber Security Penting Bagi Bisnis

Sobat Pajak | 2023-27-07 17:08:07 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Berkembangnya zaman saat ini membuat era digital semakin maju dan berkembang. Teknologi informasi juga sudah menjadi teman di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Dari komunikasi hingga bisnis, semuanya kini bergantung pada konektivitas digital. Disisi lain, kemajuan teknologi ini juga membawa risiko keamanan yang sangat serius. Itulah mengapa Cyber Security menjadi hal yang tidak bisa dibiarkan begitu saja.  

Sebelumnya ketahui dulu, Cyber Security merupakan segala tindakan-tindakan yang dapat mencegah tindak kejahatan di dunia maya. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam Cyber Security ini meliputi berbagai kebijakan, alat, konsep keamanan, dan berbagai hal yang bisa melindungi sistem komputer perusahaan maupun bisnis. Maka itu, para pelaku usaha juga dihimbau untuk mempelajari Cyber Security untuk meminimalisir terjadinya kejahatan Cyber Crime yang bisa berpengaruh negatif terhadap perusahaan maupun bisnis seperti mencuri dan menyalahgunakan data-data perusahaan maupun bisnis.  

 

Macam-Macam Ancaman Cyber 

Dalam dunia digital ini, terdapat berbagai jenis ancaman yang bisa terjadi kapan saja. Sehingga dalam praktik nya, Cyber Security harus bisa menghadapi berbagai ancaman tersebut. Berikut ini beberapa macam ancaman cyber yang ada.  

Cyber Crime 

Cyber Crime merupakan tindakan jahat yang menyerang sistem komputer. Biasanya, para pelaku akan mengakses segala hal pada sistem komputer secara illegal, transmisi illegal, atau juga melakukan manipulasi data dengan tujuan tertentu. Salah satu contohnya seperti membuat gangguan maupun mencari keuntungan finansial. 

Cyber Terrorism 

Cyber Terrorism merupakan suatu tindakan yang memprovokasi, mengancam dan cenderung mengintimidasi melalui sistem komputer. Kegiatan cyber ini sangatlah berbahaya karena dapat menciptakan rasa panik dan juga takut yang berlebih.  

Cyber Attack 

Cyber attack memiliki ruang lingkup yang berbeda dengan Cyber Crime. Dimana cyber attack lebih melibatkan kepentingan politik. Dalam cyber attack, biasanya pelaku akan melakukan pencurian data, mengambil alih sistem target hingga menghimpun informasi penting 

 

Pentingnya Cyber Security bagi bisnis 

Dengan banyaknya modus kejahatan berbasis digital saat ini, tentunya Cyber Security menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan setiap pelaku usaha dengan baik. Beberapa alasan pentingnya Cyber Security, antara lain:  

Terlindungi dari ancaman di dunia maya 

Biasanya, para peretas akan melakukan pencurian data pribadi bisnis, informasi rahasia bisnis, sistem keuangan bahkan hingga menargetkan infrastruktur. Tentunya, ancaman ini bisa menyebabkan kerugian. Dimulai dari kerugian finansial, merusak reputasi bisnis, bahkan hingga memberikan ancaman keamanan nasional.  

Bisnis Menjadi Lebih Aman 

Tren belanja online, membuat semua bisnis beralih menggunakan channel online dalam mengembangkan bisnis nya. Maka itu, serangan dunia maya akan memberikan dampak yang sangat buruk kepada sistem operasional bisnis karena untuk para bisnis online sebagian besar sangat bergantung dengan jaringan dan komputer yang berfungsi. Jika terkena serangan, maka bisnis Sobat akan mengalami penurunan produktivitas, kehilangan keuntungan bahkan bisa terhenti aktivitas bisnis nya. Maka dari itu, Cyber Security sangat penting dalam bisnis khususnya bisnis berbasis online 

Melindungi konsumen 

Dengan meningkatkan keamanan cyber, Sobat juga secara tidak langsung melindungi konsumen dari pencurian data. Dengan begitu, konsumen akan merasa aman dan jauh lebih percaya dengan teknologi-teknologi digital. Konsumen cenderung menggunakan teknologi yang sudah dipercaya dan dipastikan aman. Sehingga secara tidak langsung, hal ini turut membantu mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi teknologi lebih lanjut.  

Upaya Pencegahan 

Cyber Security juga membantu mengidentifikasi segala celah keamanan, menurunkan potensi risiko di masa depan serta turut melindungi sistem dari berbagai ancaman potensial. Dengan sistem keamanan yang kuat, Sobat dapat mencegah banyak serangan sebelum pelaku mencapai target. Karena selain merespon serangan, pencegahan lebih penting dibandingkan melakukan pemulihan dari serangan.  

 

Cyber Security sudah tidak bisa diabaikan lagi, khususnya pada era digital sekarang dimana teknologi-teknologi semakin terintegrasi dalam kehidupan bermasyarakat sehingga ancaman cyber sangat merugikan. Selain itu, Cyber Security juga penting untuk mempertahankan kelangsungan bisnis, membantu menjaga reputasi bisnis hingga memperkuat rasa percaya konsumen. Jadi, jangan sampai mengabaikan pentingnya Cyber Security ya dalam berbisnis!  

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

 

Article is not found
Article is not found