Kecerdasan Finansial Penting Bagi Pebisnis, Ini Alasannya!

Sobat Pajak | 2023-18-07 17:01:38 | 10 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - alam berwirausaha banyak elemen-elemen yang harus Sobat miliki agar dapat menjadi wirausahawan yang mapan dan mampu memberikan dampak baik bagi kehidupan sehari-hari. Elemen ini dinamakan kecerdasan berwirausaha. Kecerdasan kewirausahaan (Entrepreneurial Intelligence atau Entre-Q) merupakan kemampuan seorang wirausahawan dalam mengendalikan kehidupannya secara finansial, emosional sosial, dan spiritual baik di masa kini maupun di masa depan. Kecerdasan ini menuntut wirausahawan untuk dapat mengenali dan mengelola diri di berbagai peluang maupun sumber daya di sekitarnya. Kecerdasan wirausaha terdiri dari beberapa jenis, diantaranya yaitu kecerdasan finansial, kecerdasan adversity, kecerdasan nalar, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Namun, khusus pembahasan kali ini, kita akan bahas lebih lagi tentang kecerdasan Finansial. Yuk Simak penjelasannya!

 

Kecerdasan Finansial

Kekayaan seseorang pun bisa dilihat dari besarnya nilai uang yang dimilikinya. Dalam dunia usaha tak akan luput dari permasalahan uang. Namun, tak sedikit dari mereka yang dapat mengelola uang dengan baik dan efektif. Tentu saja dalam kepemilikan sejumlah uang, seorang wirausahawan harus bisa mengelolanya dengan bijak sehingga uang tersebut dapat tertata dengan baik. Maka dari itu, dalam pencapaian kesuksesan berwirausaha, seorang wirausahawan harus mempunyai kecerdasan finansial.

Kecerdasan finansial adalah suatu tolak ukur atau kemampuan dalam tata kelola keuangan. Dengan arti, dalam mengelola dan menggunakan sejumlah uang dibutuhkan suatu kecerdasan atau kemampuan. Namun, banyak dari kita belum mengenal atau mengetahui kecerdasan finansial ini dan menganggap bahwa kecerdasan hanya berasal dari kemampuan bawaan atau bakat. 

 

Aspek-aspek yang perlu dipelajari dalam kecerdasan finansial adalah sebagai berikut:

  • Aspek Pendapatan Uang

Dalam berwirausaha kita dituntut untuk selalu berpikir positif dan memanfaatkan peluang yang ada dengan sebaik mungkin. Pemanfaatan sebuah peluang ini bersumber dari sebuah inspirasi. Inspirasi dapat muncul karena dua faktor, yaitu faktor internal (pengetahuan, pengalaman, intuisi, dan lain sebagainya) dan faktor eksternal (masalah, kesulitan, kebutuhan, dan lain sebagainya). Sebuah peluang untuk berbisnis biasanya muncul dari kebutuhan lingkungan sekitar. 

  • Aspek Pengelolaan Uang

Salah satu kunci sukses dalam berwirausaha adalah pengelolaan uang yang baik. Dalam mengelola uang usaha tentu pastinya berbeda dengan mengelola uang pribadi. Pengelolaan uang usaha atau bisnis tidak hanya sekadar merekap pemasukan dan pengeluaran saja. Keuangan yang dikelola secara tidak benar dapat menyebabkan kemunduran dari usaha tersebut. Jika manajemen keuangan dilakukan secara benar dan baik, dapat dikatakan usaha tersebut berhasil dalam pengelolaan keuangannya. Sebaliknya, jika manajemen keuangannya buruk, besar kemungkinan usaha tersebut akan gagal. Berikut hal yang dapat dilakukan dalam mengelola keuangan usaha.

    • Menyisihkan keuntungan untuk pengembangan usaha 
  • Aspek Penyimpanan Uang

Melindungi uang usaha yang dimiliki agar nilainya tidak terkikis oleh laju inflasi merupakan hal yang penting dilakukan seorang wirausaha. Keamanan dalam menyimpan uang juga harus diperhatikan. Salah satu tempat yang aman untuk menyimpan uang tentu saja di bank.

  • Aspek Penggunaan Uang

Alokasi uang untuk keinginan merupakan kebodohan finansial. Dalam pemenuhan keinginan, terkadang kita cenderung untuk mengurangi alokasi kebutuhan pokok usaha itu sendiri. Diperlukan skala prioritas untuk mempertimbangkan antara kebutuhan dan keinginan. Memahami perbedaan keduanya adalah langkah awal dalam mencapai kecerdasan finansial. Kebutuhan dan keinginan merupakan dua hal yang berbeda, tetapi berkaitan. Keduanya terikat pada kaidah sebab akibat. Seseorang menginginkan sesuatu karena ia membutuhkannya. Maka dari itu, tempatkan kebutuhan di atas keinginan. 

 

Nah itulah tadi penjelasan mengenai kecerdasan finansial, semoga membantu ya Sobat!

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook

Article is not found
Article is not found