Faktor Penyebab Gagalnya Suatu Bisnis

Johan Budi | 2022-15-07 17:51:41 | 2 years ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Dalam menjalankan bisnis sudah pasti ada yang namanya untung-rugi, lalu sukses dan gagal. TIdak sedikit yang sudah mengalaminya baik bisnis itu dimulai dari nol maupun yang sudah berjalan, kegagalan dalam suatu bisnis menjadi salah satu hal yang paling ditakuti oleh pelaku bisnis dan tidak dapat dihindarkan.

Sudah pasti tidak ada pengusaha yang menginginkan sebuah kegagalan dalam menjalankan bisnisnya. Gagal memang menjadi situasi yang sangat umum terjadi dalam bisnis, sehingga sekalipun gagal bukanlah hal yang perlu ditakuti.

Faktor Pengaruh Gagalnya Pengusaha

  • Visi dan Misi Usaha yang Tidak Jelas

Dalam berbisnis, penentuan visi misi menjadi hal yang krusial. Visi misi ini berfungsi sebagai petunjuk arah dan menjadi pedoman dalam menjalankan usaha. Dengan begitu, usaha akan berbanding lurus dengan visi misi tersebut

  • Manajemen Bisnis yang Buruk

Kegagalan menjalankan bisnis juga bisa disebabkan karena pemilik bisnis memiliki kemampuan manajemen yang buruk. Minimnya pengetahuan manajerial tentu dapat menghambat produktivitas dari para pekerja itu sendiri.

  • Kurang Terampilnya Mengelola Keuangan

Hal lain yang mempengaruhi suksesnya usaha adalah keterampilan mengelola keuangan. Kemampuan untuk mengelola keuangan menjadi hal dasar yang penting untuk dikuasai bagi pemilik bisnis. Penting untuk memperhatikan keuangan dan prospek perkembangan bisnis sebelum memulai bisnis.

  • Terlalu Fokus pada Harga & Keuntungan

Tidak sedikit pebisnis yang hanya focus pada keuntungan usaha dan mengabaikan kebutuhan konsumen. Sering juga harga suatu produk tidak bersahabat dengan target pasar yang ditetapkan. Pebisnis harus bisa melihat nilai produk apa yang bisa diberikan kepada konsumen. Jika konsumen menerima nilai dari produk tersebut, tentu dengan sendirinya konsumen akan membeli dan bahkan memberikan referensi kepada temannya.

  • Tidak Mengikuti Perkembangan Teknologi

Agar bisa bersaing dengan kompetitor, dengan teknologi akan membantu memaksimalkan kinerja bisnis. Mengabaikan teknologi dan perkembangan pemasaran secara digital sama saja dengan membiarkan bisnis dalam keterbelakangan era saat ini. Teknologi akan terus berkembang dan tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan manusia.

  • Terlalu Terburu-buru

Memulai usaha tidak bisa dilakukan secara terburu-buru karena melihat potensial peluang yang ada. Sebelum memulai usaha, segala risiko dan kegagalan yang mungkin terjadi harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Jika terlalu terburu-buru tanpa adanya persiapan yang matang, kemungkinan besar bisnis akan merugi.

  • Berbisnis dengan Modal Pinjaman

Menggunakan modal pinjaman untuk berusaha bukanlah suatu hal yang bijak. Sebaiknya jika ingin mendirikan usaha menggunakan modal sendiri atau secara berkelompok mendirikan usaha bersama. Menggunakan pinjaman untuk mendirikan usaha butuh pertimbangan yang tepat karena pebisnis harus memikirkan berapa lama sampai ia bisa melunasi pinjaman tersebut. Jika salah perhitungan, pebisnis bisa terjerat utang pinjaman yang besar.

Melakukan riset sebelum menjalankan usaha menjadi tindakan yang tepat. Memulai sebuah bisnis menjadi hal yang menantang bagi sebagian orang.  Baik ketika ingin memulai sebuah bisnis atau sudah menjalankannya, pemilik bisnis perlu memahami kalau keberhasilannya bergantung pada perencanaan strategis yang terus berlanjut sepanjang berjalannya bisnis tersebut.

Article is not found
Article is not found