Inspiratif! Anak Ini Jual Sepatu Dari Sampah

Sobat Pajak | 2023-26-07 18:09:37 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sedang gempar di media sosial, seorang anak kecil berusia 13 tahun yang membuat sepatu dengan sampah. Di usia yang masih sangat muda, Eren Rivan memilih untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat dan memiliki nilai jual dibandingkan bermain. Rivan terkenal dengan kreativitas nya dalam membuat sebuah sepatu menggunakan bahan-bahan yang diluar nalar. Seperti, bungkus snack, kemasan air mineral, bungkus mi instan, daster bekas, dan masih banyak lagi. Dengan bakat nya dan juga ide-ide kreatif nya, Eren Rivan berhasil membuat banyak orang terpukau.  

 

Sepatu nya Dipakai Raffi Ahmad 

Media sosial memiliki kekuatan luar biasa, apalagi dalam berbisnis. Sama hal nya dengan Rivan, bermula dari konten-konten video yang dibagikan di media sosial nya, sehingga menarik perhatian banyak netizen. Dalam salah satu video nya, Rivan terlihat menggunakan bungkus mi instan sebagai bahan utama dalam pembuatan sepatu nya. Dalam video, Rivan juga terlihat sangat ahli dan kreatif dalam membuat pola sepatu dari sampah-sampah yang dikumpulkannya. Hal tersebut rupanya menarik perhatian banyak orang hingga artis-artis terkemuka tanah air. Diketahui bahwa baru-baru ini sepatu buatan Rivan secara langsung dipesan dan dipakai oleh artis sekaligus presenter tanah air seperti Raffi Ahmad, Irfan Hakim, dan Mpok Alpa. Bahkan para selebritis tersebut dibuat takjub dengan karya nya. 

 

Unique Selling Point Jadi Kuncinya  

Membuat sepatu biasa mungkin sudah sering dilhat dan menjadi tidak terlalu menarik, akan tetapi hal ini berbeda dengan bisnis yang dijalankan oleh Rivan, Melalui akun TikTok nya @sipalinglokal, Rivan memperlihatkan cara nya membuat sepatu-sepatu dengan bahan-bahan yang cenderung tidak bisa digunakan lagi, seperti bungkus kemasan maupun plastik dan bahan-bahan lainnya. Dengan sengitnya persaingan industri sepatu lokal sehingga diperlukan ide yang unik dan berbeda untuk bisa terlihat lebih menonjol. Dengan konsep nya yang unik, membuat Rivan berhasil membangun awareness untuk bisnis nya.  

Dengan konsep unik seperti itu, tidak heran jika konten yang dibagikan nya ke publik menjadi begitu viral dan juga menaikkan jumlah pengikutnya. Tentunya, hal ini juga disesuaikan dengan target pasar akan produk yang dibuat yaitu pasar anak muda yang membuat netizen penasaran begitu melihat video reels atau TikTok dari Rivan ini. Rivan juga terlihat sangat cepat tanggap dalam melayani konsumen yang ingin membeli produknya dengan memberikan informasi-informasi yang kurang dipahami oleh para calon konsumen.  

Walaupun dibuat dengan bahan-bahan nya kurang masuk akal, akan tetapi Rivan tetap menjaga kualitas produk nya. Jadi tidak hanya menggunakan bahan-bahan ‘seadanya’ tapi Rivan tetap menggunakan bahan pendukung yang berkualitas. Rivan juga menggunakan SOP yang benar dalam proses pembuatan sepatunya. Tidak tanggung-tanggung, sepatu yang dijual nya tersebut dapat dijualkan dengan harga di atas Rp 150 ribu hingga seperempat juta.  

Dari Rivan, kita bisa belajar ya kalau ide bisnis bisa dimulai dari mana saja. Tidak ada yang tahu bagaimana hasil nya, tapi tetap gunakan peluang yang ada sebaik-baiknya. Jadi, jangan patah semangat ya Sobat!  

 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found