Jangan Patah Semangat! Cara Ini Bantu Sobat Terus Semangat Kerja

Sobat Pajak | 2023-25-05 17:02:10 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sebagai pelaku usaha, pasti akan pernah mengalami kejenuhan dalam menjalankan usaha nya, terlebih lagi banyak sekali tantangan – tantangan yang harus di hadapi sepanjang perjalanan nya. Sobat mungkin juga pernah merasa kurang nya motivasi untuk menjalankan usaha Sobat saat ini. Tenang saja, perasaan seperti itu wajar kok, tidak sedikit juga pelaku usaha yang merasa demikian. Tapi rasa tersebut bisa kita ubah dengan beberapa cara ini:  

 

Tips Agar Terus Termotivasi 

Dilansir dari bisnis.com, ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut yang dibagikan berdasarkan pengelaman beberapa pendiri bisnis, diantaranya:  

  • Visi yang kuat 

Tujuan menjadi kunci utama dalam menjalankan bisnis. Salah satu cara agar bisa menjalankan bisnis dengan enjoy adalah tujuan yang jelas serta visi yang kuat.  Sobat harus bisa menemukan arti dalam hal yang Sobat lakukan saat ini sehingga akan memberikan motivasi dan kepuasan tersendiri. Disaat melewati masa sulit, Sobat harus dapat mengenali nilai – nilai dan visi Sobat saat ini sehingga memberikan energi yang bisa membantu Sobat termotivasi lagi. Selalu ingat alasan awal Sobat menjalankan usaha tersebut dapat membantu Sobat kembali lebih bersemangat dalam menjalankan usaha nya.  

  • Self-Reward 

Rayakanlah setiap kesuksesan – kesuksesan yang Sobat capai, baik kesuksesan kecil maupun besar. Sebagai pelaku usaha, Sobat harus memiliki ketekunan dan tekad yang kuat untuk menjalankan usaha nya. Ketika Sobat berhasil mencapai target atau tujuan yang signifikan dalam usaha Sobat, Sobat boleh mengambil waktu untuk merayakan hal tersebut. Bisa dengan berlibur, memberi hadiah kepada diri sendiri dan sebagainya yang dikira dapat membangkitkan semangat Sobat. 

  • Keseimbangan 

Keseimbangan hidup merupakan kunci penting yang harus dimiliki setiap pelaku usaha. Jangan terlalu memaksakan diri hingga tanpa sadar Sobat membiarkan diri Sobat tenggelam penuh dalam pekerjaan tanpa adanya waktu untuk menikmati hidup ataupun istirahat. Selalu luangkan waktu Sobat untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, misal dengan berolahraga, tidur yang cukup atau dengan melakukan kegiatan – kegiatan yang disukai diluar pekerjaan. 

  • Cari Mentor 

Memiliki networking atau hubungan baik dengan pelaku usaha lain bisa membantu Sobat mendapatkan dukungan dan motivasi tambahan. Sobat bisa mencari mentor atau orang – orang yang mau berbagi minat dan ambisi dalam lingkungan bisnis.  

Mintalah saran atau pandangan dari mereka, Sobat juga bisa mendiskusikan pengalaman Sobat dengan orang – orang tersebut karena dengan jaringan atau mentor yang solid, Sobat bisa mendapatkan inspirasi, dukungan hingga perspektif baru untuk menghadapi kesulitan dalam menjalankan usaha. 

  • Hargai Pencapaian Kecil

Selalu bersyukur dan menghargai pencapaian – pencapaian kecil sekalipun dalam perjalanan Sobat sebagai pelaku usaha. Dengan bersyukur, Sobat akan terus merasa tercukupi. 

 

Rekomendasi Buku Yang Dapat Memotivasi 

Selain itu, dengan membaca banyak buku – buku motivasi, Sobat akan jauh merasa lebih semangat dan bisa mendapatkan banyak insight baru dalam menjalankan serta menghadapi kesulitan dalam berbisnis, berikut beberapa rekomendasi nya:  

  • Zero to One – Peter Theil 

Tulisan co-founder Paypal, perusahaan yang menyediakan jasa transfer dana elektronik ini sangat terkenal. Buku ini membicarakan mengenai filosifi bisnis yang isi nya dapat menginspirasi Sobat menghasilkan ide – ide bisnis yang baru dan bahkan tidak diduga sebelumnya. Bahkan buku ini sempat mendapatkan pujian dari CEO Facebook dan telah menjadi salah satu buku terlaris dalam kategori bisnis.  

  • The 4-Hour Work Week – Tim Ferris 

Buku ini cocok sekali untuk Sobat baca jika merasa kurang memiliki waktu untuk bersantai atau melakukan hobi dimana selama ini Sobat terlalu terlarut dalam menjalankan usaha. Buku ini menjelaskan mengenai seberapa penting nya waktu dibandingkan uang. Menariknya jika biasanya Sobat menggunakan 8 jam perhari untuk mengelola usaha Sobat yang dimana dalam seminggu nya Sobat telah menghabiskan 40 jam dalam mengelola usaha, buku ini bisa memberikan Sobat tips untuk mengubah 40 jam kerja menjadi 4 jam kerja saja dalam seminggu.   

  • The Magic of Thinking Big – David J. Schwartz 

Buku ini akan menginspirasi Sobat untuk dapat berani berpikir besar, karena tidak semua orang akan berani untuk membuat gerakan baru. Faktanya dalam berbisnis, membuat ide yang out of the box merupakan hal yang penting. Dalam buku tersebut disebutkan bahwa orang yang tidak memiliki kepercayaan dan keberanian yang besar akan cenderung mudah menyerah dan sulit mencapai tujuannya. Akan tetapi, orang yang berani akan bisa membuat ide inovasi yang berkualitas. Buku ini akan cocok dengan Sobat – Sobat yang ingin membesarkan bisnis nya. 

 

Menjalankan bisnis memang tidak selalu dijalan yang mulus, Sobat akan melewati banyak permasalahan yang menghalangi pertumbuhan bisnis Sobat. Tapi jangan patah semangat, karena hal tersebut wajar dan juga dilalui oleh banyak pelaku usaha diluar sana. Tidak ada yang mustahil jika terus berusaha dan pantang menyerah. Semoga artikel ini bisa menginspirasi Sobat – sobat sekalian ya. Semangat!  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found