Pentingnya Networking dalam Berbisnis

4 months ago | Johan Budi
article-sobat-pajak

Indonesia - Memiliki networking, relasi, atau jaringan sangatlah penting dalam dunia bisnis karena banyak manfaat networking dalam bisnis yang bisa membantu membangun usaha dan mengembangkannya sampai pada titik yang diinginkan. Membangun networking yang kuat dengan pebisnis lain juga bisa menjadi salah satu jalan dalam membuka peluang bisnis yang lebih luas dan bisa dikenal di pasaran dengan skala yang jauh lebih besar.

Manfaat Networking dalam Berbisnis

Berdasarkan pernyataan beberapa ahli bisnis, tingkat kepentingan networking bisa lebih dari 60 persen. Hal ini bisa dilihat jika semakin besar sebuah usaha maka akan semakin luas pula jaringan relasinya. Oleh karena itu, agar target bisnis lebih mudah tercapai maka networking menjadi hal yang diperlukan. Berikut manfaat-manfaat networking untuk bisnis yang perlu diketahui.

  • Mempermudah Kolaborasi

Dengan membangun networking yang baik juga bisa membuka peluang kerja sama antar bisnis agar bisa membuat sebuah kolaborasi dengan salah satu relasi yang dimiliki sehingga dapat menciptakan inovasi baru. Salah satu keuntungan dari kerja sama antar bisnis ini adalah kerugian dan risiko tidak ditanggung sendirian, namun bersama-sama.

  • Bertemu dengan Profesional

Networking juga dapat mempertemukan pebisnis dengan mentor atau profesional yang mungkin dapat membantu dalam menjalankan bisnis. Misalnya, jika bisnis sedang membutuhkan jasa pembukuan, akuntan, atau pengacara, kamu mungkin menemukan kandidat yang ideal melalui networking. TIdak itu saja, namun juga bisa mempertemukan degan investor yang ingin menyuntikkan dananya agar memiliki modal lebih untuk pengembangan usaha.

  • Mendapatkan Wawasan Baru Seputar Bisnis

Dengan mengenal para professional, pengusaha bisa belajar melalui pengalaman dari mereka. Mereka yang sudah berkecimpung dalam bisnis dari dulu akan memiliki banyak pengalaman yang bisa digunakan sebagai dasar pembelajaran. Ilmu yang didapat ini bisa jadi sangat penting dan menjadi sebuah kunci kesuksesan bisnis.

  • Meminta Opini Sebelum Mengambil Keputusan

Seperti yang kita ketahui, opini sangat dibutuhkan sebelum mengambil keputusan yang menyangkut masa depan bisnis sedang dijalani. Pengambilan opini tidak hanya dari tim utama yang bekerja di bisnis onlinemu, namun juga dibutuhkan opini dari pihak luar yang lebih berpengalaman. Salah satunya melalui relasi atau koneksi bisnis yang sudah dipercaya. Opini ini berguna sebagai dasar pertimbangan dari dampak baik dan buruknya sebuah keputusan yang akan diambil untuk kedepannya. Tentunya perlu persiapan secara matang sebelum mengambil keputusan apalagi bersifat fatal dalam sebuah bisnis.

  • Memperluas Pergaulan

Melalui networking tentunya bisa juga memperluas pergaulan dan pertemanan dengan orang-orang yang menekuni bidang pekerjaan yang sama. Memiliki pergaulan dengan orang-orang yang menekuni bidang bisnis yang sama bisa saling membantu mengembangkan bisnis.

itulah beberapa manfaat networking dalam kegiatan berbisnis. Networking dalam bisnis harus strategis dan terfokus. Networking bisnis sangat penting untuk menjadikan usaha lebih maju. Oleh sebab itu, sejalan dengan peningkatan kualitas produk dan layanan bisnis, pengusaha harus mulai membentuk jaringan bisnis yang kuat dan berkualitas.

Article is not found
Article is not found