Threads: Sosial Media Pendatang Baru, Sudah Coba?

Sobat Pajak | 2023-10-07 16:22:44 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sobat sudah mendengar atau mencoba aplikasi sosial media baru Threads belum? Pasti teman – teman Sobat sudah ramai membicarakan dan menggunakan aplikasi sosial media tersebut. Pada 6 Juli 2023 ini, Meta meluncurkan sosial media baru yang dilihat-lihat memiliki kemiripan dengan sosial media Twitter. Threads, rilis disaat dunia maya sedang heboh dengan berita sengitnya permasalahan antara Mark Zuckerberg dan Elon Musk. Sehingga banyak warganet yang berspekulasi bahwa Threads merupakan sosial media saingan Twitter. Tapi perlu diketahui, faktanya peluncuran Threads sudah diumumkan sejak 2021 silam. Saat ini, sudah banyak warganet yan mulai aktif menggunakan sosial media baru ini yaitu Threads, di tengah limitasi yang dilakukan oleh Twitter. 

 

Peluncuran Threads 

Perlu diketahui bahwa Threads merupakan sosial media yang diluncurkan oleh Meta yang merupakan perusahaan pemimpin platform sosial media yang sangat popular, seperti Facebook, WhatsApp, dan juga Instagram. Dan saat ini, Meta meluncurkan aplikasi mikroblogging yang tak lain dan tak bukan adalah Threads. Saat ini, Threads juga sudah bisa didapatkan di Play Store dan App Store di 100 negara, termasuk Indonesia.  

Selain itu, Threads juga dengan mudah digunakan karena terhubung dengan akun Instagram. Tapi walaupun terhubung dengan Instagram, Threads tetap menjadi aplikasi tersendiri yang masih harus di download pengguna. Dengan akses yang mudah dan terhubung antara Instagram dan juga Threads, maka peluang untuk melakukan “iklan silang” antara kedua aplikasi tersebut pun terbuka dan memberikan daya tarik kepada pengguna.  

 

Threads atau Twitter?  

Diketahui bahwa peluncuran Threads ini terjadi ditengah sengit nya perselisihan diantara Mark Zuckerberg dan Elon Musk. Baru-baru ini, Musk juga memberlakukan pembatasan tweet yang bisa dibaca oleh pengguna dan hanya pengguna berbayar yang memiliki izin untuk menggunakan TweetDeck. Sehingga kemunculan Threads ini tentunya menjadi pukulan besar bagi Elon Musk dan Twitter yang diperkirakan akan mempengaruhi penurunan pendapatan iklan Twitter. Walaupun serupa terlihat mirip dengan Twitter, akan tetapi terdapat beberapa perbedaan fitur diantara Threads dan Twitter, antara lain:  

  1. Batas jumlah karakter yang diberikan oleh Threads adalah 500 karakter. Sedangkan pengguna Twitter yang tidak memiliki verifikasi hanya bisa menulis sebanyak 280 karakter. 
  2. Pada Threads, pengguna yang sudah memiliki akun Instagram yang terverifikasi dapat mempertahankan centang biru mereka di akun Threads. Di sisi lain, Twitter juga memiliki fitur centang biru (verifikasi) yang bisa didapatkan seharga delapan dolar AS per bulan nya. 
  3. Di Threads, para pengguna baik pengguna yang belum terverifikasi maupun sudah, dapat memposting konten berupa video yang berdurasi selama lima menit. Pada Twitter, untuk pengguna yang belum terverifikasi atau tidak memiliki lencana biru, hanya dapat memposting konten berupa video dengan durasi 2 menit 20 detik. 
  4. Pada beranda Twitter, pengguna dapat melihat trending topic yang diminati audiens. Akan tetapi, untuk saat ini Threads hanya memiliki satu cara untuk menjelajahi konten-konten, yaitu dengan menggulir umpan di beranda.  

 

Threads Untuk UMKM 

Sebagai pelaku usaha, penting sekali memiliki pemahaman akan market trends. Hal ini bisa memberikan banyak wawasan bagi para pelaku usaha dalam membuat keputusan kedepannya. Selain itu, dengan mengikuti market trends, para pelaku usaha dapat terbantu dalam meningkatkan daya saing, memperluas target market serta mendorong meningkatkan pendapatan. Justru, mengabaikan market trendss bisa memberikan dampak buruk akan sebuah bisnis, seperti hilangnya peluang dan bahkan kemungkinan keluar dari bisnis. Namun, perlu diingat juga, bahwa tidak semua trend tersebut memiliki kecocokan dengan bisnis Sobat. Maka dari itu, perlu dilakukanya analisis pasar yang cermat dalam penyesuaian strategi.  

Sama hal nya dengan kemunculan Threads kali ini. Sebagai pelaku usaha tentunya harus mencoba mengikuti trend tersebut. Walaupun tidak dipastikan cocok dengan bisnis yang dijalani saat ini. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba hal tersebut, mungkin saja terdapat peluang-peluang emas yang bisa di dapatkan dari Threads. Menggunakan Threads dapat memberikan wawasan lebih luas mengenai pengembangan usaha. Saat ini Threads sudah digunakan oleh banyak orang, bahkan untuk perusahaan besar seperti HBO hingga Billboard, serta orang-orang yang memiliki pengaruh besar di sosial media. Dengan ramai nya penggunaan Threads, pelaku usaha tentunya dapat dengan mudah mendapatkan pengetahuan mengenai topik-topik yang diminati.  

Selain itu penggunaan Threads juga dapat meningkatkan trafik bisnis, karena saat ini Threads sudah menjadi topik hangat yang sangat ramai diperbincangkan dan tentunya banyak orang-orang yang mencoba aplikasi satu ini.  

 

Jadi, sudah coba menggunakan Threads belum?  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found