Jangan Ambil Bisnis Franchise, Kalau Belum Tahu Hal ini!

Sobat Pajak | 2023-19-04 16:27:18 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Saat ini, franchise sangat digemari oleh banyak orang yang ingin mulai berbisnis, hal ini dikarenakan franchise mudah dilakukan. Banyak juga orang yang memutuskan mengambil franchise, karena merasa bingung ingin memulai dari mana. Ibarat katanya, franchise sudah menjadi jalan pintas atau paket lengkap dalam memulai bisnis. Tapi ternyata mengelola franchise tidak semudah yang dibayangkan. Sehingga, sebelum mengambil franchise ada beberapa hal yang perlu dipelajari.  

 

Legalitas 

Legalitas dari franchise yang akan diambil menjadi aspek penting yang harus dilakukan. Seperti memastikan apakah franchise yang diincar sudah terdaftar di badan pemerintah. Tidak hanya itu, Sobat juga harus pastikan sudah memahami kontrak yang akan ditandatangani dengan baik. Dalam kontrak tersebut biasanya membahas mengenai kepemilikan franchise, seperti biaya, hak dan kewajiban yang perlu dilakukan , dan persyaratan lainnya.  

Biaya 

Penting sekali sebelum memutuskan untuk mengambil sebuah franchise, Sobat mempelajari semua biaya yang berhubungan dengan kepemilikan franchise. Seperti biaya pendaftaran, biaya iklan, biaya pelatihan, royalty, dan sebagainya.  

Pikirkan dan pastikan terlebih dahulu bahwa semua biaya tersebut mampu dipenuhi sebelum memutuskan akan mengambil franchise tersebut.  

Produk dan Layanan 

Banyak yang tertarik mengambil sebuah franchise karena produk dan layanan nya sudah teruji. Akan tetapi, agar tetap aware, pastikan bahwa produk dan layanan yang tersedia sesuai dengan kebutuhan pasar lokal 

Pastikan kembali apakah produk dan layanan tersebut sudah terbukti berhasil di pasaran sebelumnya dan sesuai dengan kebutuhan atau preferensi pasar lokal.  

Manajemen 

Pastikan juga bahwa sistem manajemen yang disediakan oleh franchise tersebut cukup kuat untuk membantu ketika menjalankan bisnis tersebut. Sistem manajemen tersebut harus mencakup pelatihan, dukungan pemasaran, dukungan teknologi, dan sebagainya. 

Reputasi 

Hal terakhir dan paling penting sebelum memutuskan untuk mengambil franchise tersebut adalah pastikan bahwa reputasi franchise tersebut baik di pasar dan banyak orang yang merasa puas dengan bisnis franchise tersebut. Sobat bisa melakukan riset secara online dan setelah itu pelajari pengalaman – pengalaman dari orang lain yang sebelum nya pernah mengambil franchise tersebut.  

 

Itulah beberapa hal yang wajib Sobat perhatikan terlebih dulu sebelum berniat mengambil franchise. Mengambil franchise juga bisa menjadi sebuah pilihan menarik dan menguntungkan jika dilakukan dengan benar.  

Tetap perhatikan hal – hal diatas, sehingga dapat mengurangi tingkat resiko dan lebih memastikan kesuksesan bisnis tersebut. Pastikan juga bahwa Sobat tertarik dengan bisnis yang akan dijalankan nantinya.  

Dengan memperhatikan hal – hal diatas, Sobat bisa memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk berhasil dalam membangun bisnis franchise yang sukses. Good Luck! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found