Analisis Pesaing itu Penting Lho! Ini Cara Mengidentifikasi Strategi Pesaing!

Sobat Pajak | 2023-17-07 16:59:46 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Dalam dunia bisnis, suatu perusahaan pasti memiliki dan menghadapi pesaing. Baik dari bisnis yang masih berskala kecil hingga bisnis yang berskala besar, semuanya pasti memiliki pesaing. Dari bidang yang sama atau bidang yang berbeda. Memenangkan persaingan menjadi landasan terciptanya strategi yang digunakan untuk melemahkan atau mematikan pesaing. Analisis pesaing memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap pengambilan keputusan untuk berinvestasi pada pasar produk atau upaya untuk mendapatkan tingkat keuntungan kompetitif bersaing. Pesaing merupakan orang atau pelaku usaha yang memproduksi atau memasarkan produk atau jasa yang sama atau mirip dengan produk yang Sobat tawarkan. 

 

Pentingnya Analisis Pesaing

Analisis pesaing merupakan fase kedua dari analisis eksternal yang tujuannya untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap keputusan untuk berinvestasi pada pasar produk atau upaya untuk mendapatkan tingkat keuntungan kompetitif bersaing. Analisisnya difokuskan atas ancaman, peluang, atau pertanyaan strategis yang dihasilkan oleh pesaing potensial, pengusaha lemah, dan pengusaha kuat. 

Berikut adalah dua cara pengujian untuk mengidentifikasi, antara lain:

  1. Pengujian perspektif pada pelanggan yang dapat menentukan pilihan dari sejumlah pesaing yang berdasarkan atas derajat pesaing untuk menentukan pilihan pembeli.
  2. Pendekatan identifikasi dengan menempatkan pesaing ke dalam kelompok-kelompok strategis atas dasar strategi kompetisinya. Setelah pesaing diidentifikasi, perhatian beralih pada pengertian strategi yang ditujukan pada analisis kekuatan dan kelemahan tipe pesaing atau kelompok strategi dari pesaing.

 

Identifikasi Pesaing

Untuk mengetahui kondisi dari pesaing secara utuh dan menetapkan langkah selanjutnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan identifikasi pesaing, diantaranya: 

  •  Jenis produk yang ditawarkan.

Umumnya sebuah perusahaan tidak hanya memiliki satu jenis produk saja, semakin besar skala perusahaannya maka semakin banyak juga produk yang dihasilkan. Tugas kita sekarang adalah melakukan identifikasi secara menyeluruh tentang produk-produk yang dimiliki pesaing. Meliputi produk pesaing yang mana yang dapat mengancam perusahaan Sobat, di masa sekarang atau masa depan.

  • Meninjau Skala Pasar yang Dikuasai (market share) Pesaing

Dengan melakukan segmen pasar, dapat memudahkan perusahaan untuk menganalisis skala besarnya pasar yang dikuasai oleh pesaing. Perusahaan sebaiknya juga mempertimbangkan market share dari para pesaing.

 

Menemukan Sasaran Pesaing

Sasaran pesaing yang dimaksud diantaranya adalah memaksimalkan laba/keuntungan, meningkatkan kualitas produk, memperbesar market share, mematikan atau menghambat pesaing lainnya, dan lain-lain. Jika sasaran pesaing adalah memaksimalkan laba, Sobat harus meninjau pesaing terkait laba jangka pendek atau jangka panjang, bagaimana tindakan pesaing dalam memaksimalkan laba, dan sebagainya. Hal yang sama juga harus dilakukan pada kegiatan memperbesar market share, meningkatkan kualitas produk, dan mematikan atau menghambat pesaing lainnya. Bisnis yang dibentuk harus mengetahui tindakan yang diambil pesaing untuk memenuhi sasarannya dengan tujuan agar perusahaan yang dibentuk dapat terus berkompetisi secara sehat dengan para pesaing yang ada.

 

Cara Menganalisis Kekuatan dan Kelemahan Pesaing

Dunia militer dan dunia bisnis memiliki kesamaan dalam hal menyerang dan bertahan. Dalam dunia militer, kita dapat melancarkan serangan ke pihak lawan ketika kita sudah mengetahui informasi kekuatan dan kelemahan lawan. Penyerangan harus dilakukan di waktu yang tepat. Begitu pun dalam dunia bisnis. Sebelum menyerang pesaing, kita terlebih dahulu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan pesaing. 

Kelemahan dan kekuatan dari pesaing dapat diidentifikasi dengan beberapa cara, di antaranya: 

  • Mengumpulkan informasi tentang target dan sasaran pesaing, 
  • Strategi yang digunakan, 
  • Kinerja pesaing, 
  • Informasi tentang market share pesaing,
  • Sikap pesaing terhadap pelanggan 
  • Kekuatan dan kelemahan pesaing pada sektor keuangan, sumber daya manusia (SDM), dan teknologi yang digunakan.

Suatu perusahaan terlebih dahulu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan pesaingnya. Karena dengan mengetahui kelebihan pesaing kita dapat selalu waspada dan menerapkan langkah antisipasi agar kelemahan usaha kita tidak dimatikan oleh kelebihan yang dimiliki pesaing, sementara dengan mengetahui kelemahan yang dimiliki pesaing kita mengetahui kunci untuk menghambat atau mematikan usaha mereka.

 

Itulah tadi penjelasan mengenai Analisis Pesaing, semoga bisa dipahami ya Sobat!

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found