Mau Income Tambahan? Mulai Side Hustle Saja!

Sobat Pajak | 2023-22-05 17:00:44 | 9 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Pernah dengar istilah Side Hustle? Saat ini sudah banyak diterapkan oleh berbagai kalangan lho... 

Yup! Side Hustle merupakan pekerjaan tambahan selain pekerjaan utama. Biasanya dilakukan untuk mengejar passion dan sekaligus menambah penghasilan tambahan.  Misal, saat ini Sobat merupakan seorang karyawan dan dirasa memungkinkan waktu untuk melakukan Side Hustle dengan mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan passion Sobat dan mendapatkan pendapatan lebih dari pekerjaan tersebut. Jadi, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui deh! 

Side Hustle bisa dikatakan juga sebagai aktivitas mengisi waktu luang dengan pekerjaan yang Sobat minati, misalnya Sobat suka bernyanyi, maka Sobat bisa meluangkan waktu untuk bernyanyi di Café atau mengisi acara – acara, jadi sembari menjalankan hobi Sobat juga bisa mendapatkan sumber penghasilan lain, tidak hanya dari pekerjaan utama saja.  

 

Keuntungan dari Side Hustle 

Tidak hanya income tambahan saja, dengan melakukan Side Hustle, Sobat bisa mendapatkan beberapa manfaat lainnya, seperti:  

  • Melatih skill manajemen waktu  

Menjalankan Side Hustle akan cukup memakan waktu luang Sobat di luar pekerjaan, walaupun Side Hustle terdengar sangat menarik tapi memang tidak akan mudah dilakukan pada awalnya. Dengan Side Hustle, waktu istirahat Sobat mungkin saja ter ambil cukup banyak. Tapi tenang saja, pasti Sobat akan terbiasa kok, dan kemampuan Sobat untuk memanajemen waktu juga akan meningkat karena Sobat akan berhasil untuk mengatur waktu antara pekerjaan utama, pekerjaan tambahan hingga waktu untuk istirahat dan bersenang – senang.  

  • Membantu Persiapan Career Switch

Jika Sobat berpikir akan mengganti karir, maka Side Hustle bisa jadi pintu untuk Sobat memulai karena Side Hustle akan membantu Sobat untuk mempersiapkan diri sebelum betul – betul terjun kedalam pekerjaan baru. Misal, Sobat saat ini bekerja sebagai karyawan bank dan ingin mengganti karir sebagai fotografer, maka Sobat bisa mulai dengan Side Hustle sebagai uji coba, dan jika dirasa sudah siap Sobat sudah bisa melakukan career switch deh! 

  • Persiapan Terhadap Situasi Darurat

Side Hustle bisa menjadi pegangan Sobat jika terjadi hal darurat seperti PHK dan sebagainya. Sobat bisa lebih tenang karena sudah menjalankan Side Hustle dan tetap memiliki sumber penghasilan. 

  • Kepuasan Diri

Saat menjalankan Side Hustle, artinya Sobat akan mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan minat Sobat sehingga Sobat akan merasa puas ketika menjalankan nya. Misal, Sobat hobi membuat kue dan menjalankan Side Hustle sebagai pembuat kue, maka Sobat akan jauh merasa lebih puas ketika berhasil menjalankan pekerjaan tersebut karena hobi Sobat bisa tersalurkan dan berhasil mendapatkan pendapatan dari pekerjaan tersebut.  

Nah, saat ini pasti Sobat sudah terpikirkan ide untuk memulai Side Hustle tersebut. Tapi bingung cara untuk memulai nya bagaimana? Yuk perhatikan tips ini! 

 

Tips Menjalankan Side Hustle  

  • Ketahui Passion Sobat

Sobat harus mengindentifikasi passion atau minat Sobat saat ini. Bisa dengan mencari tahu apa yang Sobat senang lakukan dan peluang nya untuk dijadikan pekerjaan. Sobat juga bisa menggunakan analisis SWOT untuk membantu mencari tahu.  

  • Ketahui Kebutuhan

Sobat bisa membuat daftar kebutuhan yang diperlukan untuk menjalankan Side Hustle tersebut, misal nya jika Sobat ingin menjadi pembuat kue, maka Sobat akan memerlukan peralatan baking dan juga bahan makanan. Dengan daftar kebutuhan, Sobat bisa menghitung modal yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan Sobat tersebut. 

  • Mencari Potensi Untuk Mendapatkan Keuntungan

Pastikan juga keuntungan yang didapatkan jika menjalankan Side Hustle tersebut, karena Sobat tentunya tidak mau bukan jika mengerjakan sesuatu yang tidak memberikan hasil dan akan menghabiskan waktu saja. Sobat bisa coba untuk menganalisis usaha terlebih dahulu dengan menggunakan rasio keuangan dengan membandingkan seberapa besar profit yang didapatkan dengan modal yang Sobat keluarkan nantinya.  

  • Time Management

Hal terpenting dalam menjalankan Side Hustle tak lain dan tak bukan adalah waktu. Sobat harus bisa mengatur waktu dengan baik agar bisa tetap maksimal menjalankan Side Hustle tersebut tanpa mengganggu pekerjaan utama dan waktu istirahat. 

  • Konsisten 

Kunci dari keberhasilan adalah konsisten, karena segala sesuatu nya tidak akan bisa Sobat dapatkan secara cuma – cuma atau instan. Jadi pastikan Sobat menjalankan Side Hustle ini dengan senang hati dan dapat mengembangkan nya secara konsisten sehingga berhasil mejadi sumber pendapatan. 

 

Setelah mengetahui apa itu Side Hustle, sekarang saatnya Sobat – sobat semua untuk mencoba untuk menjalankan nya! Bagaimana, sudah siap memulai Side Hustle Sobat?  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook 

Article is not found
Article is not found