Perbedaan Mesin Kasir Vs Point Of Sales (POS) System

Sobat Pajak | 2022-02-11 10:47:51 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Dalam menjalankan bisnis, Sobat tentu akan membutuhkan sebuah sistem pengatur transaksi penjualan didalam bisnis. Sistem pengatur transaksi ini bisa menggunakan setidaknya dua cara, yaitu dengan menggunakan kasir manual dan menggunakan sistem POS (Point of Sales). Ada baiknya Sobat memahami terlebih dahulu masing-masing cara sebelum mengaplikasikannya kepada usaha Sobat.

Mesin kasir

Mesin kasir merupakan alat elektronik yang tidak terkomputerisasi dan memiliki fungsi utama yaitu merekam penjualan dan mengumpulkan uang tunai.

Point of Sales (POS)

Sistem POS merupakan sistem terkomputerisasi yang memanfaatkan kombinasi perangkat lunak dan perangkat keras untuk melakukan berbagai fungsi selain hanya merekam penjualan. Dikenalnya sistem POS ini memberikan kemudahan dalam proses pengelolaan penjualan dengan berbagai macam fitur yang canggih dan juga lengkap. Sistem POS ini sering digunakan pada perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang dalam menunjang kegiatan usahanya. Perusahaan-perusahaan besar membutuhkan kontrol pada stock yang cepat dan akurat yang hanya bisa dilakukan dengan sebuah sistem, bukan dengan cara manual.

Dalam lingkup POS, sebuah mesin kasir tidak berdiri sendiri, namun sudah termasuk di dalamnya Software penunjang dan perangkat lain. Sistem POS melakukan lebih dari sekedar tugas transaksi jual beli, di dalamnya juga bisa terintegrasi dengan perhitungan akuntansi, manajemen barang dan stock, modul penggajian karyawan, perhitungan hutang piutang dan berbagai macam fungsi lainnya.

Perbedaan Keuntungan Mesin Kasir dan Point of Sales

Adapun, perbedaan keuntungan menggunakan mesin kasir dibandingkan sistem POS, sebagai berikut:

 

Mesin Kasir

Point of Sale

Memerlukan instalasi komputer

Bisa dengan smartphone ataupun komputer

Tidak membutuhkan koneksi internet

Memerlukan koneksi internet

Akses hanya bisa melalui komputer tersebut

Dapat diakses dimana saja dan kapan saja

Input dan Output data dilakukan secara manual

Proses input maupun output dilakukan secara otomatis

Fitur yang terbatas

Terdapat berbagai macam fitur

Info perhitungan stok dilakukan manual

Info stok dapat diperbaharui sampai ke pusat

Hanya sebatas transaksi

Mampu mengatur seluruh manajemen toko (karyawan, inventaris, konsumen, dan lainnya)

Laporan penjualan sederhana

Laporan Penjualan lebih rinci (meliputi laporan stok, laporan harian, mingguan, bulanan dll).

 

Fitur dari mesin kasir sangat terbatas, sehingga akan lebih cocok digunakan dalam bisnis yang sederhana dan mudah. Sementara Aplikasi POS memiliki fitur yang sangat lengkap sehingga memungkinkan Sobat bisa mengatur banyak hal dalam bisnis Sobat. Fitur dari POS sangat mudah untuk digunakan bahkan untuk pegawai baru.

Oleh karena itu, kelola keuangan bisnis Sobat dengan software laporan keuangan serta sistem yang kekinian dari POS. Sobat dapat mencoba menggunakan aplikasi Sobat POS untuk merasakan keuntungan-keuntungan yang diberikan sistem POS.

 

ika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found