UMKM Dapat Manfaatkan QRIS sebagai Solusi Pembayaran Digital

Sobat Pajak | 2024-20-06 16:56:33 | a month ago
article-sobat-pajak
UMKM QRIS

Jakarta - Dalam pelaku UMKM tentunya menyediakan pembayaran menggunakan QRIS sangat praktis dan efisien serta higienis. Di zaman yang serba cashless ini, penggunaan QRIS sudah menjadi kebutuhan bagi pembeli maupun penjual.

 

Masih Bingung Apa itu QRIS?

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard, yang di mana merupakan standar kode QR yang dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI) untuk pembayaran digital di Indonesia. Ini memungkinkan pedagang untuk menerima pembayaran dari berbagai dompet digital dan aplikasi pembayaran dengan menggunakan satu kode QR yang universal. Tentunya QRIS bertujuan untuk memudahkan transaksi pembayaran elektronik di Indonesia dengan standar yang seragam, sehingga mempercepat adopsi pembayaran digital di seluruh negeri.

 

Kenapa Harus QRIS?

Pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) seharusnya memanfaatkan QRIS sebagai solusi pembayaran digital karena memiliki beberapa manfaat yang signifikan:

  1. Penggunaannya yang Mudah

QRIS memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan mudah hanya dengan memindai kode QR menggunakan aplikasi pembayaran digital. Hal ini mempercepat proses pembayaran, mengurangi antrian, dan meningkatkan efisiensi transaksi.

  1. Biaya Rendah

Dengan menggunakan QRIS sebagai solusi pembayaran digital, QRIS menggunakan teknologi yang membuatnya lebih murah daripada metode pembayaran konvensional seperti kartu kredit atau debit. Hal ini dapat membantu pelaku UMKM mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan profitabilitas usaha mereka.

  1. Universal

Pelaku UMKM dapat menerima pembayaran dari berbagai dompet digital dan aplikasi pembayaran, tanpa perlu memiliki banyak perangkat atau kode QR yang berbeda. Hal ini memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran tanpa harus khawatir tentang jenis dompet digital yang kalian gunakan.

  1. Keamanan

Tentunya QRIS menyediakan lapisan keamanan tambahan dalam transaksi pembayaran digital. Kode QR yang dihasilkan biasanya memiliki enkripsi yang kuat, sehingga lebih sulit untuk dipalsukan atau dicuri oleh pihak yang tidak sah.

  1. Penjualan Meningkat

Dengan menyediakan opsi pembayaran digital melalui QRIS, pelaku UMKM dapat menjangkau lebih banyak pelanggan yang cenderung lebih memilih pembayaran digital karena kemudahannya. Tentunya hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah transaksi dan penjualan mereka.

  1. Meningkatkan Branding

Menerima pembayaran melalui QRIS, usaha kalian akan menjadi lebih up-to-date dan tentunya bisa meningkatkan branding usaha.

 

Bagaimana Cara Mendaftar QRIS Merchant?

Tentunya membuat QRIS untuk merchant sangatlah mudah, berikut caranya:

  1. Pilihlah PJP QRIS yang Berizin Bank Indonesia

Sangat perlu memilih Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) yang berizin oleh Bank Indonesia.

  1. Mengunjungi PJP QRIS

Kalian dapat mengunjungi kantor PJP penyelenggara QRIS yang berizin Bank Indonesia. Jika tersedia, kalian juga dapat mendaftar secara online melalui situs web PJP tersebut.

  1. Tunggu Proses Verifikasi dan Pembuatan Merchant ID

Jika dokumen kalian telah diverifikasi, PJP akan membuatkan Merchant ID dan Kode QRIS khusus untuk usaha yang bersangkutan.

  1. QRIS Merchant siap digunakan

Setelah cara diatas sudah terselesaikan, QRIS Merchant siap untuk digunakan, sehingga usaha yang bersangkutan dapat menampilkan QRIS di tempat pembayaran usaha kalian.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan UMKM untuk QRIS

Ketika menyediakan pembayaran dengan QRIS, UMKM perlu memperhatikan beberapa hal agar proses berjalan lancar dan tentunya tetap memberikan manfaat yang maksimal:

  • Koneksi internet pelanggan: jika terjadi gangguan pada koneksi internet pelanggan, maka pemilik UMKM harus memperhatikan apakah transaksi pembayaran gagal atau berhasil. Jika gagal, lebih baik memberikan tethering kepada pelanggan yang memiliki koneksi buruk, sehingga tidak ada untuk mengefisiensikan waktu.
  • Pastikan UMKM memiliki infrastruktur teknologi yang memadai untuk mendukung transaksi pembayaran dengan QRIS. Ini termasuk memiliki perangkat yang kompatibel dengan pembaca kode QR dan koneksi internet yang stabil.
  • UMKM perlu mendaftar dengan penyedia layanan pembayaran digital yang mendukung QRIS dan mengintegrasikan sistem pembayaran QRIS ke dalam proses penjualan kalian, baik di toko fisik maupun online.
  • Penting untuk memberikan edukasi kepada pelanggan tentang cara menggunakan QRIS untuk melakukan pembayaran. UMKM dapat menyediakan informasi tentang proses pembayaran, aplikasi pembayaran yang kompatibel, dan langkah-langkah yang perlu dilakukan pelanggan untuk memindai kode QR;
  • UMKM harus memastikan bahwa sistem pembayaran QRIS yang mereka gunakan aman dan terlindungi dari serangan siber. Hal ini termasuk mengimplementasikan langkah-langkah keamanan seperti enkripsi data dan perlindungan terhadap pencurian identitas;
  • Pada saat pelanggan selesai melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS, jika memungkinkan lebih baik pelaku UMKM dokumentasikan untuk bukti transaksi bahwa sudah berhasil dilakukan;
  • UMKM perlu memiliki proses pelaporan dan rekonsiliasi yang efisien untuk memantau dan mengelola transaksi pembayaran dengan QRIS. Hal ini termasuk pemantauan transaksi, pelacakan pendapatan, dan rekonsiliasi pembayaran dengan catatan penjualan;
  • UMKM dapat memanfaatkan promosi dan pemasaran untuk meningkatkan kesadaran pelanggan tentang opsi pembayaran dengan QRIS. Hal tersebut menggunakan materi pemasaran di situs web dan media sosial untuk mengedukasi pelanggan tentang manfaat QRIS dan mendorong pelanggan untuk menggunakannya.

 

Dapat ditarik benang merah, jika memanfaatkan QRIS sebagai solusi pembayaran digital dapat membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, meningkatkan keamanan, dan memperluas jangkuan pasar mereka, sehingga mendungkung pertumbuhan dan kesuksesan bisnis tersebut.

Article is not found
Article is not found