Ini Dia Keuntungan Sewa Peralatan Dagang Dibanding Membeli

Ray Farandy | 2024-19-01 15:43:16 | 5 months ago
article-sobat-pajak
Ini Dia Keuntungan Sewa Peralatan Dagang Dibanding Membeli

Jakarta - Memulai sesuatu memang sebaiknya dimulai dari hal yang kecil. Begitupun dengan berdagang atau berusaha. Banyaknya usaha skala kecil dan mikro atau yang biasa kita sebut UMKM merupakan cerminan dari bertumbuhnya perekonomian secara nasional. Dengan menjamurnya UMKM, secara tidak langsung persaingan antar UMKM juga semakin ketat, baik itu di industri yang sama maupun berbeda.

Dalam memulai usaha, tentu yang diperlukan pertama kali dari sisi materi adalah modal. Modal dapat berupa uang sewa lokasi, barang dagangan, hingga ke peralatan pendukung usaha. Sebagai contoh usaha di bidang kuliner tentu butuh peralatan memasak seperti kompor, panci, hingga etalase barang dagangan. Komponen inilah yang terkadang membuat sebagian pengusaha berpikir dua kali untuk membeli sejumlah peralatan tersebut, karena tingginya biaya yang diperlukan.

Akan tetapi, kini sudah ada opsi yang lebih meringankan pemilik usaha yang terkendala masalah modal untuk peralatan usaha. Jasa penyewaan peralatan usaha kini sudah mulai bermunculan tidak hanya di kota besar, melainkan di kota-kota kecil tempat UMKM berkembang. Peralatan dagang di bidang kuliner seperti lemari pendingin, kompor, mixer, hingga piring bisa disewakan oleh jasa ini. Bahkan peralatan pendukung seperti tenda dan payung juga dapat disewakan.

Dengan adanya jasa sewa menyewa seperti ini, diyakini dapat membuat pengusaha khususnya UMKM lebih fokus kepada hal yang bersifat operasional. Ada beberapa keuntungan yang dapat dirasakan langsung oleh pelaku bisnis UMKM dengan menyewa peralatan dalam memulai usahanya. Keuntungan tersebut antara lain:

  1. Meminimalisir Biaya Modal Awal

Salah satu keuntungan utama menyewa peralatan adalah dapat mengurangi beban modal awal. Membeli peralatan baru seringkali memerlukan investasi besar, yang mungkin sulit diakomodasi oleh bisnis kecil atau start-up yang baru berkembang. Dengan menyewa, bisnis dapat mengakses peralatan tanpa harus membayar jumlah besar di muka, yang dapat membantu menjaga likuiditas dan fleksibilitas keuangan.  

  1. Memiliki Banyak Opsi Barang Termasuk Model Terbaru

Teknologi terus berkembang namun peralatan dagang seringkali menjadi usang dalam beberapa tahun. Dengan menyewa peralatan, bisnis dapat menghindari risiko ketinggalan teknologi dengan menggunakan alat model terbaru. Mereka dapat terus melakukan upgrade peralatan saat dibutuhkan tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk pembelian baru. Ini memungkinkan bisnis tetap kompetitif di pasar yang terus berubah.

  1. Tidak Perlu Repot Melakukan Perawatan dan Pemeliharaan

Saat menyewa peralatan, perawatan dan pemeliharaan seringkali menjadi tanggung jawab penyedia sewa. Ini dapat mengurangkan beban kerja dan biaya tambahan yang terkait dengan mempertahankan keberlangsungan peralatan. Bisnis tidak perlu khawatir tentang biaya servis atau perbaikan mendadak, karena itu menjadi tanggung jawab penyewa.

  1. Menurunkan Risiko Depresiasi

Kepemilikan peralatan berarti mengambil risiko depresiasi nilai aset. Nilai peralatan dapat merosot seiring waktu karena pemakaian atau perubahan teknologi. Dengan menyewa, bisnis dapat menghindari risiko ini karena mereka tidak harus menanggung nilai depresiasi peralatan.

  1. Dapat Menggunakan Secara Fleksibel

Tidak jarang pengusaha atau UMKM membutuhkan barang hanya dalam jangka waktu tertentu, sehingga pemakaian tidak dibutuhkan sepanjang waktu. Oleh karena itu, penyewaan peralatan dapat menjadi solusi untuk hal seperti ini.

Article is not found
Article is not found