UMKM Bidang Perikanan Miliki Potensi Mumpuni, Ketahui Di Sini!

Ray Farandy | 2024-04-01 14:51:28 | 2 months ago
article-sobat-pajak
UMKM Bidang Perikanan Miliki Potensi Mumpuni, Ketahui Di Sini!

Jakarta - Indonesia adalah negara dengan luas perairan terbesar di dunia dengan 3,2 juta kilometer persegi. Dengan sekitar 17.504 pulau yang membentang di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, serta melintasi khatulistiwa, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya laut yang sangat besar.

Karakteristik geografis Indonesia yang unik, terdiri dari kepulauan besar dan kecil yang tersebar dari Sabang di ujung barat hingga Merauke di ujung timur. Hal ini memberikan keberagaman luar biasa pada ekosistem laut dan kehidupan laut. Wilayah perairan Indonesia mencakup berbagai jenis lingkungan laut, mulai dari terumbu karang yang indah, hingga lautan dalam yang kaya akan sumber daya biologis.

Terumbu karang Indonesia merupakan salah satu yang terbesar dan terindah di dunia. Keanekaragaman hayati di dalamnya mencakup berbagai spesies ikan, terumbu karang, dan makhluk laut lainnya. Keberadaan terumbu karang ini sangat penting bagi kehidupan laut, sekaligus berperan sebagai daya tarik utama bagi wisatawan penyelam dan penggemar kehidupan bawah laut.

Sumber daya perikanan Indonesia juga sangat melimpah. Perairan lautnya menyediakan habitat bagi berbagai jenis ikan, udang, dan moluska yang menjadi sumber utama protein bagi penduduk Indonesia. Nelayan di seluruh kepulauan Indonesia menggantungkan hidup mereka pada hasil tangkapan dari laut yang kaya ini.

Jika dilihat dari sisi bisnis, kekayaan laut Indonesia sangatlah berpotensi untuk pemberdayaan masyarakat. Tidak hanya hasil ikan laut, ikan air tawar juga memiliki potensi yang sangat besar baik untuk pasar dalam negeri maupun luar negeri. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perikanan dapat menjadi salah satu pilar ekonomi yang kuat, memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan produksi perikanan, pemberdayaan masyarakat pesisir, dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Ada beberapa jenis bisnis UMKM yang dapat dimanfaatkan, di antaranya adalah:

  1. Budidaya ikan air laut atau air tawar
  2. Produksi ikan asap atau ikan asin
  3. Produksi olahan hasil laut seperti bakso ikan dan otak-otak
  4. Produksi pakan
  5. Pengelolaan taman wisata perikanan dan kelautan.

Pelaku bisnis UMKM di bidang perikanan dapat memanfaatkan kekayaan sumber daya perikanan yang negara ini miliki. Sebagai sektor yang memiliki sumber daya alam melimpah, perikanan tidak hanya memberikan sumbangan terhadap produksi pangan, tetapi juga menjadi sumber pendapatan bagi banyak masyarakat. Berikut adalah beberapa potensi perkembangan perikanan yang dapat dimanfaatkan pelaku bisnis UMKM:

  1. Ketersediaan Sumber Daya

Perikanan merupakan salah satu sektor yang didukung oleh keberagaman hayati yang kaya. Sumber daya laut dan perairan yang melimpah memberikan peluang bagi UMKM di bidang perikanan untuk mengembangkan usahanya. Potensi penangkapan ikan, budidaya, dan pengolahan hasil perikanan menjadi peluang besar bagi UMKM untuk berkontribusi dalam rantai pasok perikanan.

  1. Inovasi Teknologi

Perkembangan teknologi dalam bidang perikanan, seperti sistem penangkapan ikan yang ramah lingkungan, teknologi budidaya, dan sistem pengolahan hasil perikanan yang modern, memberikan peluang bagi UMKM untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing mereka. Penerapan teknologi juga dapat membantu UMKM dalam meningkatkan kualitas produk dan memenuhi standar keamanan pangan.

  1. Peningkatan Nilai Tambah Produk

UMKM di bidang perikanan memiliki peluang untuk meningkatkan nilai tambah produk melalui diversifikasi hasil olahan perikanan. Proses pengolahan seperti pengasapan atau pengawetan dapat meningkatkan daya tahan produk, sehingga membuka pintu bagi UMKM untuk mengekspor produknya ke pasar internasional.

  1. Pembangunan Infrastruktur

Pengembangan infrastruktur seperti pelabuhan, cold storage, dan fasilitas pengolahan yang modern dapat memberikan dampak positif terhadap UMKM di sektor perikanan. Infrastruktur yang baik mempermudah aksesibilitas, distribusi, dan penyimpanan hasil perikanan, sehingga mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM.

  1. Pengembangan Pasar Domestik dan Internasional

Peningkatan akses pasar domestik dan internasional akan memberikan peluang besar bagi UMKM di bidang perikanan. Inisiatif pemasaran yang baik, sertifikasi kualitas, dan pemenuhan standar internasional dapat membuka pintu bagi UMKM untuk mengakses pasar global, meningkatkan pendapatan, dan menciptakan lapangan kerja.

Article is not found
Article is not found