Kenali Affiliate Marketing, Cara Pemasaran Zaman Sekarang!

Sobat Pajak | 2023-02-05 17:01:05 | 10 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sobat pernah dengar istilah afiliasi atau affiliate marketing? Jika belum, maka sayang sekali kalau Sobat melewatkan artikel ini. Affiliate marketing merupakan strategi pemasaran yang paling terkenal akhir-akhir ini karena penggunaan nya dapat membantu penjual menyampaikan produk atau jasa kepada calon pelanggan. Sebelumnya, ketahui dulu apa itu affiliate marketing. Pemasaran afiliasi atau affiliate marketing adalah strategi promosi produk yang menggunakan jasa afiliasi, dimana afiliasi nantinya akan dibayar per produk yang berhasil terjual atau dibayar di awal.  

Strategi ini bisa banget Sobat coba jika tidak bisa melakukan pemasaran sendiri karena proses yang sulit. Biasanya perusahaan kosmetik yang menjual produk kecantikan seringkali menggunakan affiliate marketing untuk memasarkan produk nya, didorong dari kesulitan yang dialami oleh perusahaan kosmetik untuk mendapatkan penjualan hanya menggunakan strategi pemasaran perusahaan sendiri. Sederhana nya seperti ini, affiliate marketing akan membantu bisnis dalam meringankan tanggung jawab dalam pemasaran produk. Pelaku usaha menggunakan jasa afiliasi untuk membantu dalam pemasaran produk, selain itu affilate  juga akan mendapatkan keuntungan melalui produk yang terjual. Saling menguntungkan bukan? 

Sistem Affiliate Marketing 

Basis dari pemasaran afiliasi ini adalah online, dimana sang afiliasi nantinya akan menjual produk atau jasa dari sebuah bisnis dengan tidak dibebani syarat apapun. Jadi sang marketer atau affiliate hanya perlu untuk mendaftar program afiliasi tanpa harus memiliki produk atau jasa yang dimiliki bisnis tersebut. Komisi yang di dapatkan affiliate pun cukup bervariasi mulai dari 5% hingga 40% dari total produk yang dijual. Lalu apa untungnya bagi pelaku usaha?  

Keuntungan yang Didapatkan Dari Pihak Pelaku Usaha 

Manfaat dari strategi marketing ini rupanya cukup berlimpah. Sudah banyak juga pelaku usaha yang merasakan manfaat langsung dari strategi ini. Berikut beberapa manfaat nya bagi sebuah bisnis.  

  • Biaya promosi yang berkurang 

Affiliate marketing sangat cocok untuk bisnis yang tergolong baru karena dapat mengurangi modal untuk biaya pemasaran. Sobat hanya perlu memberikan komisi untuk affiliate atau memberikan sampel saja, produk atau jasa Sobat sudah dapat dipromosikan dan diketahui oleh masyarakat luas. Sobat juga tidak perlu mengeluarkan modal lebih untuk tim pemasaran sendiri, jadi biaya operasional pun lebih kecil. Bagi kategori bisnis yang sudah besar pun, affiliate marketing masih diperlukan. Tujuan utama dari penerapan strategi afiliasi ini adalah untuk stabilitas bisnis.   

  • Meluas nya target pasar 

Strategi ini bisa membantu Sobat menjangkau target pasar yang lebih luas karena affiliate marketing cenderung berbasis online sehingga cukup menggunakan media digital seperti sosial media.  Jadi dimana saja, Sobat tetap bisa memasarkan produk ke berbagai target pasar.  

  • Meningkatkan brand awareness 

Strategi ini membantu dalam membangun kesadaran merek atau brand awareness. Brand awareness sangat diperlukan dalam pertumbuhan sebuah bisnis, semakin tinggi awareness yang dimiliki maka makin dikenal juga bisnis nya terhadap masyarakat luas.  Jika sebelumnya Sobat merasa kesulitan untuk meningkatkan brand awareness maka affiliate marketing bisa jadi solusinya. Dengan strategi ini, akan ada banyak orang yang lebih mengenal bisnis Sobat.  

Dalam affiliate marketing ini, tidak hanya pelaku usaha saja yang mendapatkan keuntungan. Sang affiliate atau marketer juga mendapatkan beberapa keuntungan, jadi sama – sama untung deh!  

Bagi para marketer, berikut beberapa keuntungan yang didapatkan  

Tidak perlu mengeluarkan modal untuk membuat atau menyetok produk sendiri, karena peran dari marketer hanya mempromosikan produk atau jasa nya saja. Jadi, nggak perlu pusing juga mengurus logistic dari pengemasan hingga pengiriman karena itu semua menjadi tanggung jawab pelaku usaha. Pekerjaan nya juga sangat fleksibel bisa dengan mudah dikerjakan dimana saja. Keuntungan yang didapatkan juga bervariasi, dari jumlah penghasilan yang kecil hingga besar pun ada sesuai dengan komisi yang diberikan serta total penjualan.  

 

Bagaimana? Tertarik untuk coba strategi satu ini?  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

 

Article is not found
Article is not found