Lakukan Ini Auto Dapat Uang Jajan Tambahan ! (Edisi Mahasiswa)

Sobat Pajak | 2023-21-04 10:39:15 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Sebagai mahasiswa, pasti ingin menjadi lebih mandiri dengan menghasilkan uang sendiri, tapi seringkali bingung memikirkan bisnis yang bisa dijalankan sambil tetap menjalankan perkuliahan. Nyatanya, ternyata cukup banyak bisnis yang bisa dijadikan peluang untuk para mahasiswa dengan modal yang minim. Justru masa – masa berkuliah inilah waktu yang tepat bagi mahasiswa dalam memulai sebuah bisnis karena dapat dijadikan modal serta pengalaman di masa depan. Dengan membangun bisnis sebelum lulus pun, mahasiswa tidak perlu repot lagi mencari – cari pekerjaan setelah lulus nantinya.  

Tips Sebelum Melakukan Pekerjaan 

Sebagai pemula dalam dunia kerja, mahasiswa perlu ditanamkan rasa berani untuk mencoba, mengambil resiko dan tidak takut gagal. Motivasi dalam menjalankan usaha hingga melakukan pekerjaan juga harus kuat sehingga dapat konsisten menjalankan bisnis atau pekerjaan tersebut sambil kuliah. Pastikan bisnis atau pekerjaan yang dijalankan sesuai dengan keinginan dan kesukaan sehingga merasa senang saat menjalaninya. Lakukanlah manajemen waktu dengan baik sehingga bisa meng-imbangi waktu untuk pekerjaan serta mengerjakan tugas-tugas kuliah.  

Bagaimana? Tertarik untuk mulai mendapatkan uang sendiri? Simak beberapa pembahasan ini ya.. 

Bisnis Online Shop 

Cukup bermodalkan ponsel dan internet saja, Sobat sudah bisa mulai berbisnis. Sobat bisa menjual produk apapun seperti berbagai macam busana fashion, tas, alat tulis, dan sebagainya. Saat ini sudah banyak platform yang menyediakan tempat jual beli sehingga tranksaksi akan menjadi mudah. Sobat tidak hanya bisa menjual produk tersebut kepada teman – teman di kampus, tetapi Sobat juga bisa mengirim ke berbagai pembeli di berbagai tempat. Bahkan jika tidak memiliki barang atau produk pun, Sobat juga sudah bisa mulai berbisnis.  Pernah dengar istilah reseller atau dropship? Ini adalah salah satu konsep bisnis yang bisa digunakan dengan modal minim atau tanpa modal sekalipun. Jadi, Sobat tidak perlu menyediakan barang yang akan dijual, Sobat bisa tetap menjual sebuah produk. 

Les Privat 

Bisnis Les Privat sangat cocok untuk mahasiswa. Bisa dengan memberikan pelajaran les privat ke beberapa anak yang masih bersekolah, mulai dari SD, SMP hingga SMA. Sesuaikan dengan keterampilan yang dimiliki ya. Bisnis ini bisa memberikan beberapa keuntungan untuk Sobat. Sobat bisa menambah uang saku hingga memperdalam penguasaan materi. Biasanya banyak siswa – siswi yang akan mencari guru Les Privat khususnya saat akan diadakan Ujian Nasional (UN) atau ujian – ujian sekolah lainnya untuk memperdalam mata pelajaran yang akan diujikan secara nasional.  

Freelance Online 

Sobat bisa coba untuk mencari kerja lepas atau freelance. Tipe pekerjaan seperti ini, Sobat tidak perlu terikat secara jangka panjang pada suatu perusahaan. Jam kerja yang dimiliki juga lebih fleksibel bahkan bisa mendapatkan gaji yang cukup besar jika sudah mempunyai pengalaman. Banyak juga situs – situs yang sudah menyediakan freelance online untuk para mahasiswa dengan jaminan keamanan. Menarik bukan? 

Jasa Fotografi dan Video 

Jika Sobat memiliki hobi dan skill dibidang fotografi atau skill editing video, bisnis ini sangat cocok buat Sobat! Dengan adanya sosial media, membuat banyak orang tidak segan untuk menyewa jasa fotografi atau videografi untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Selain itu, tidak sedikit juga orang yang suka difoto dan direkam aktivitasnya dan mengabadikan foto – foto tersebut sebagai memori. Jadi, jika sobat mempunyai skill di bidang ini, tidak perlu ragu untuk menawarkan jasa tersebut. Sobat bisa berpeluang mendapatkan gaji besar dari jasa fotografi dan video ini.  

Jasa Ketik / Penulis Lepas 

Sobat sering menyampaikan ide dalam bentuk tulisan? Coba deh pekerjaan ini. Hampir tidak diperlukan modal, Sobat sudah bisa mencoba melakukan pekerjaan ini. Cukup dengan skill menulis, kreativitas hingga imajinatif, Sobat akan senang melakukan pekerjaan ini. Biasanya bentuk tulisan yang ditawarkan juga beragam, bisa dengan pembuatan artikel dengan topik – topik umum, hingga tulisan kreatif seperti menulis cerita hingga puisi.  

Barista 

Profesi satu ini seringkali dilakukan dikalangan mahasiswa. Ada banyak kafe yang menerima barista tanpa ada pengalaman sama sekali. Tugas barista biasanya adalah untuk meracik minuman yang nantinya akan disajikan kepada customer. Terlebih lagi, barista bisa memiliki sistem kerja shift sehingga Sobat bisa mengelola waktu perkuliahan dan bekerja. Sobat juga bisa melatih skill hospitality dengan belajar melayani berbagai orang dengan berbagai karakter.  

Asisten Dosen 

Menjadi asisten dosen dapat membangun kedekatan dengan dosen serta pihak kampus. Jadi tidak hanya uang saja, hubungan dengan dosen juga akan lebih dekat. Sobat juga bisa saja berkesempatan mendapatkan tawaran pekerjaan maupun beasiswa dari kampus. Selain itu, Sobat juga akan menjadi pilihan pertama bagi Dosen ketika mendapatkan informasi lowongan pekerjaan atau penelitian. Tugas menjadi asisten dosen juga sangat beragam, dari membantu dosen menyiapkan materi perkuliahan hingga mengajar dan menilai tugas mahasiswa. Sobat juga bisa diminta untuk menjadi asisten dalam penelitian yang dilakukan oleh dosen tersebut.   

 

Jadi siapa bilang mahasiswa tidak bisa menghasilkan uang sendiri? Banyak kok pekerjaan – pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa tanpa harus meninggalkan perkuliahan. Jadi sambil kuliah sambil nyari cuan. Dari beberapa ide pekerjaan diatas, semoga banyak Sobat mahasiswa yang terbantu ya..  

Good Luck! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found