Banyak Peminat! 5 Freelance Ini Mudah Dilakukan

Sobat Pajak | 2023-03-04 18:31:35 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Freelance menjadi pekerjaan yang diincar orang – orang yang ingin bekerja dengan waktu yang lebih fleksibel. Apakah Sobat tertarik? Jika ya, maka artikel ini cocok untuk Sobat. Di zaman yang serba digital ini, peluang pekerjaan freelance menjadi terbuka lebar. Banyak orang yang mulai berpindah melakukan pekerjaan freelance  karena dinilai praktis, bisa dilakukan online, dimana saja dan kapan saja. Ruang lingkup nya juga lebih luas, Sobat bisa menggapai klien dari berbagai negara di dunia. Pekerjaan nya pun beragam dari pekerjaan yang tergolong mudah hingga yang tergolong sulit sekalipun. Tidak sedikit juga tugas yang bisa dilakukan hanya dengan belajar secara otodidak, seperti mendesain, edit video, input data, menulis artikel, dan masih banyak lagi. Bayaran yang didapatkan sangat beragam, bahkan banyak juga yang mendapatkan bayaran besar, lebih besar daripada bekerja kantoran. Tertarik untuk menjadi freelancer? Coba deh beberapa pekerjaan freelance ini.  

1. Data Entry 

Jenis pekerjaan ini seringkali menjadi incaran semua orang karena cukup mudah untuk dilakukan. Selain itu, data entry juga diperlukan oleh sebuah bisnis dalam menjalankan fungsi bisnis sehari – harinya. Bisa dikatakan permintaan akan pekerjaan ini cukup besar.  

Beberapa tanggung jawab sebagai data entry antara lain memasukkan data ke dalam database, mengelola dokumen, menyiapkan data hingga menyortir dokumen sebelum dimasukan kedalam data dan masih banyak lagi.  

2. Writer 

Sobat hobi menulis? Maka hobi menulis tersebut bisa Sobat salurkan untuk pekerjaan satu ini. Jenis penulisan nya pun bermacam – macam tergantung dengan konten yang ingin dibahas, bisa berupa web content writer yang menulis konten untuk web perusahaan, blog, atau media sosial, bisa juga berupa ghostwriter yang menulis konten untuk orang lain tanpa mendapatkan kredit atas karyanya dan masih banyak lagi. Peluang untuk pekerjaan ini masih cukup besar.  

Didukung dengan banyak nya brand yang membutuhkan penulisan konten dan pemasaran terhadap bisnis mereka. Banyak perusahaan yang menggunakan tulisan yang berkualitas sebagai alat untuk menarik calon konsumen baru. Jika Sobat tertarik dengan pekerjaan satu ini, Sobat bisa siapkan portfolio tulisan Sobat atau mulai menulis blog. 

3. Video Editor 

Sering mengedit video? Sobat wajib coba pekerjaan freelance ini. Maraknya konten berupa video membuat lapangan kerja ini terbuka lebar. Banyak bisnis yang memanfaatkan video untuk alat pemasaran sehingga kualitas video yang baik akan mempengaruhi bisnis mereka. Video nya pun beragam, bisa berupa video komersial, konten harian, atau video youtube seseorang. Cukup perdalam kemampuan edit video dan kuasai banyak aplikasi, seperti Adobe, VN, dan masih banyak aplikasi lainnya yang tersedia, maka Sobat sudah bisa mencari cuan melalui pekerjaan freelance ini. 

4. Voice Over Talent 

Cukup unik, pekerjaan satu ini sedang ramai dicari. Voice Over Talent biasanya dibutuhkan untuk mengisi kebutuhan audio visual dari klien, bisa untuk kebutuhan iklan, dokumenter, dan berbagai media lainnya yang memerlukan suara. Maraknya video singkat, seperti video Tiktok, reels Instagram hingga short youtube juga membuat banyak bisnis membutuhkan video tersebut untuk mengembangkan bisnisnya. Tidak sedikit video – video yang memerlukan voice over talent untuk membantu dalam pengisian suara – suara pada konten video tersebut.  

Biasa nya talent akan diberikan naskah oleh perusahaan, bisa berupa edukasi, promo atau marketing, dan masih banyak lagi. Menjadi pekerja satu ini, intonasi sangat diperlukan, jadi jangan lupa latih suara Sobat ya terutama dalam hal intonasi dan tata Bahasa.  

5. Graphic Design 

Pekerjaan satu ini cocok untuk Sobat – Sobat yang gemar menggambar dan memiliki kemampuan dibidang desain. Kemampuan mendesain sangat dihargai oleh banyak orang atau perusahaan lho, apalagi jika sampai menguasai aplikasi atau tools tertentu. Saat ini tidak sedikit perusahaan atau perseorangan yang mencari desain grafis untuk pembuatan poster, ilustrasi, logo, dan masih banyak lagi.  

 

Dari banyaknya jenis pekerjaan, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Sobat. Walaupun terdengar mudah untuk dilakukan, akan tetapi tetap diperlukan ketekunan dan juga kesabaran ya Sobat, karena segala sesuatu nya tidak ada yang instan. Semangat! 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

 

  

Article is not found
Article is not found