Siapakah Minimarket Terbaik Saat Ini?

Sobat Pajak | 2023-27-03 17:35:06 | a year ago
article-sobat-pajak

Siapakah Minimarket Terbaik Saat Ini? 

Indonesia - Sobat pasti pernah berbelanja di minimarket terdekat kan? Apa nama minimarket yang paling sering Sobat ucapkan? Kalau Mimin Sopa sering banget dengar orang – orang berkata “Mau beli barang di Indomaret” tapi ternyata mampir ke Alfamart. Kok bisa gitu ya? Saat ini Indomaret masih menjadi top of mind masyarakat dalam hal minimarket. Tapi, jika dilihat lebih seksama lagi, konsumen sudah mulai beralih ke Alfamart untuk berbelanja.  Walaupun sebelumnya, Alfamart selalu menjadi pilihan kedua dalam kategori minimarket bahkan masih terbayang – bayang oleh Indomaret, tapi Alfamart tidak patah semangat untuk menandingi si kompetitor.  

Sumber : GoodStats 

 

Pada tahun 2021, terlihat bahwa penjualan Alfamart masih berada dibawah Indomaret. Tapi kita melupakan fakta bahwa masih ada Alfamidi yang merupakan anak perusahaan Alfamart. Jadi, jika diperhatikan lebih dalam, penjualan Alfamart jauh lebih tinggi dibandingkan Indomaret. Walaupun sempat terancam oleh FamilyMart ketika awal kemunculannya pada tahun 2022, Alfamart tetap berhasil menjadi top brand minimarket di Indonesia berdasarkan survei Top Brand Award. Mau tahu strategi Alfamart yang bikin mereka ‘tahan banting’? Simak penjelasan berikut ini.  

 

Multi Brand Strategy 

Strategi branding perusahaan yang menggunakan lebih dari satu merek untuk menjual beberapa produk tetapi tetap dari kategori yang sama. Contoh nya seperti ini, Alfamidi dan Alfa Express merupakan anak perusahaan yang dibentuk oleh Alfamart. Ini merupakan strategi banyak merek atau multi brand strategy yang saat ini sudah digunakan oleh banyak perusahaan besar dan terbukti hasil nya. Dalam kasus ini, Alfamart terbukti bisa mengalahkan Indomaret kan? 

 

Hotelling Strategy  

Pernah dengar lelucon “dimana ada Indomaret disitu ada Alfamart”? Siapa sangka hal ini justru strategi yang digunakan oleh Alfamart untuk memenangkan pasar. Strategi Hotelling ini merupakan strategi dimana dua industri yang bersaing, baik dari lingkup lokasi dan harga produk. Mudah nya seperti ini, Alfamart secara sengaja membuat outlet dekat dengan si kompetitor. Tujuannya untuk membentuk persaingan yang head-to-head agar kompetitor tidak dapat memonopoli daerah tersebut.  

 

Discount Strategy 

Salah satu pricing strategy bagi para pebisnis dalam menurunkan harga dagangan. Tujuan nya untuk meningkatkan traffic pelanggan, mengejar angka penjualan dan menghabiskan stok lama. Strategi ini berlaku juga untuk kedua rival ini.  Alfamart dan Indomaret sama – sama menerapkan strategi ini untuk mempercepat pertumbuhan bisnis nya. Uniknya, baik Alfamart dan Indomaret tidak pernah mengalami perang harga di waktu yang bersamaan. Walaupun saling bersaing, mereka juga saling pengertian ya. Jadi konsumen dapat memilih Alfamart ketika sedang mengadakan diskon untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan harga yang lebih murah dibandingkan Indomaret. Begitu pula sebaliknya, konsumen akan memilih Indomaret ketika sedang mengadakan diskon.  

 

Marketing 

Untuk menyaingi sang kompetitor, Alfamart bekerja sama dengan beberapa artis atau influencer. Alfamart pernah bekerja sama dengan artis hits saat ini yaitu Raffi Ahmad dan istrinya Nagita Slavina untuk melakukan promosi. Tentunya modal yang dikeluarkan tidaklah kecil, tetapi Alfamart berani melakukan kerja sama sebagai brand ambassador. Saat ini pula, RANS sudah mempunyai penggemar yang sangat besar hingga tersebar ke seluruh Indonesia, tidak sedikit juga para penggemar yang sudah mengetahui bahwa Raffi Ahmad merupakan brand ambassador dari Alfamart, sehingga membuat Alfamart menjadi lebih dikenal banyak orang dan berhasil mendapatkan penjualan yang besar. 

 

Nah, dilihat pada kondisi sekarang, Alfamart terus berusaha melakukan inovasi dengan berbagai strategi baru, sedangkan Indomaret masih gitu – gitu aja.  

Jadi gimana menurut Sobat, siapakah yang akan merajai minimarket di Indonesia?  

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found