Strategi Marketing ala BLACKPINK Ini Bisa Buat Bisnis Auto Cuan!

Sobat Pajak | 2023-20-03 17:40:54 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Salah satu girlband asal Korea Selatan, Blackpink telah selesai menggelar konser yang merupakan bagian dari world tour bertajuk ‘Born Pink’ di Indonesia. Euforia dari para penonton sangat terasa bahkan hingga beberapa hari konser selesai. Hal ini membuktikan bahwa, saat ini tidak bisa diragukan lagi industri musik Korea Selatan telah sepenuhnya mengambil alih dunia dengan menjadi populer tidak hanya di Korea Selatan atau negara-negara Asia, tetapi di seluruh dunia. 

Kira-kira apa sih yang membuat musik K-Pop banyak digemari oleh banyak orang diseluruh dunia? Bagaimana strategi marketing nya? Simak beberapa hal dibawah ini.  

Media Sosial 

Channel pemasaran yang digunakan hampir seluruh industri adalah media sosial, begitu juga dengan industri K-Pop. Hampir seluruh artis atau group band K-Pop berada dalam sebuah manajemen atau biasa disebut dengan agensi. Walaupun terdapat beberapa idol yang memiliki akun pribadi, akan tetapi semua update mengenai sang idol diinfokan melakui akun resmi milik agensi. Hal ini merupakan strategi yang diterapkan dengan mempermudah para penggemar, cukup hanya mengikuti satu akun saja. Seperti akun media sosial Blackpink yang official yaitu @blackpinkofficial, tetapi para member juga memiliki akun pribadi. Dalam akun media sosial @blackpinkofficial pun dipenuhi dengan informasi mengenai kegiatan sang idol sehingga penggemar akan terus mendapatkan update dari akun tersebut.  

Dengan mempersempit fokus informasi dari satu pintu, peningkatan jumlah pengikut mereka akan jauh lebih cepat. Maka, engagement media sosial juga lebih tinggi, sesuai dengan algoritma platform social media.  

Teaser yang Eye Catching 

Penggemar K-Pop pasti tahu, ketika idol favorit akan mengeluarkan lagu atau album. Banyak penggemar yang sering kali merasa penasaran dengan lagu atau album terbarunya, ditambah dengan teaser yang diberikan selalu mengundang rasa penasaran. Hal ini ternyata adalah sebuah strategi lho! 

Dengan konten yang apik dan potongan informasi yang dirilis secara bertahap dapat membuat rasa penasaran para penggemar yang nantinya akan mengundang rasa antusias penggemar. Contohnya, pada akun media sosial Blackpink sekarang terdapat teaser yang dibuat agensinya yaitu YG Entertainment untuk lagu solo Jisoo Blackpink. Pada postingan di feed Instagram, teaser dibuat secara aesthetic tanpa banyak penjelasan sehingga membuat penggemar menanti-nantikan nya. Ditambah jumlah pengikut yang banyak, membuat postingan tersebut berpotensi menjadi trending topik.  

Sumber: Akun Instagram @blackpinkofficial 

 

Sobat juga bisa membuat teaser untuk bisnis Sobat, seperti teaser mengenai produk terbaru yang akan launch di bulan depan dan sebagainya. Hal ini dapat menumbuhkan rasa penasaran para konsumen Sobat sehingga mereka akan menantikan produk terbaru tersebut.  

Manjakan Penggemar 

Dalam industri Korea, penggemar atau fans adalah segalanya. Begitu pula dengan berbisnis, pelanggan adalah segalanya. Dalam industri Korea, mereka tidak akan segan untuk memanjakan para penggemar dengan informasi, karya, maupun produk sang idol. Strategi ini yang mendorong pertumbuhan K-Pop hingga saat ini. Contohnya, ketika sang idol mengeluarkan album baru, begitu banyak penggemar yang membeli album serta merchandise mereka. Tidak hanya itu, dalam meningkatkan engagement para penggemar, agensi juga membuat satu platform yang dapat menghubungkan artis dengan penggemarnya. Dalam bisnis, Sobat bisa manjakan konsumen dengan berbagai hal, seperti membuat sesi QnA dengan konsumen sehingga konsumen merasa didengar oleh brand, atau dengan memberikan berbagai promo sehingga konsumen merasa dimanjakan dengan harga – harga produk yang lebih murah.  

Jangkau Audiens Internasional  

Tidak hanya Indonesia saja yang sedang dipenuhi dengan budaya pop korea, sama juga dengan seluruh dunia. Ini adalah salah satu strategi marketing K-Pop yang efektif. Beberapa hal yang dilakukan oleh industri korea adalah dengan menyelipkan Bahasa inggris dalam lagunya atau bahkan membuat lagu dengan versi Bahasa inggris atau Bahasa lainnya sehingga dapat mengait audiens yang tidak berbahasa Korea untuk menikmatinya. Tidak hanya itu, seringkali Blackpink dan grup lainnya melakukan kolaborasi dengan musisi mancanegara untuk memperluas ruang lingkup penggemarnya. Seperti Blackpink yang berkolaborasi dengan Dua Lipa dalam lagu Kiss and Make Up dan juga Lady Gaga dengan lagu Sour Candy yang telah berhasil merajai berbagai chart di berbagai negara.  Dalam bisnis Sobat juga bisa mencoba untuk memasarkan produk Sobat ke dunia internasional. Dengan memberikan konten-konten dengan Bahasa Inggris atau melakukan kolaborasi dengan berbagai brand luar sehingga brand Sobat dapat dikenal secara global.

 

Dengan mengetahui strategi marketing yang digunakan industri hiburan korea, dapat memberikan Sobat inspirasi lebih dalam menjalankan sebuah bisnis. Sobat bisa gabungkan berbagai ilmu marketing dan maksimalkan strategi – strategi tersebut agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal.  

Bagaimana Sobat? Tertarik dengan strategi marketing dunia K-Pop? 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.  

Article is not found
Article is not found