Jenis Kerja Part Time Untuk Seorang Pelajar

Sobat Pajak | 2023-20-02 18:45:53 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Kerja part time merupakan pekerjaan paruh waktu yang mana dilakukan pada waktu yang fleksibel atau tidak selama 8 jam sehari seperti pekerja pada umumnya. Gaji yang dihasilkan pun berdasarkan dari waktu tertentu yang nantinya akan diakumulasikan dengan hari pekerja itu bekerja serta sesuai kebijakan dari pemberi kerja.  

Kerja part time sering dilakukan oleh para pelajar ketika mereka memiliki waktu senggang. Selain untuk menambah penghasilan, kerja part time juga dilakukan untuk mengisi waktu luang, menambah pengalaman, serta softskill ataupun hardskill, dan menambah tabungan.  

Sungguh sangat bermanfaat bukan? Yuk kita simak artikel dibawah ini tentang jenis kerja part time yang bisa Sobat coba saat memiliki waktu senggang sebagai pelajar. 

Jenis Kerja Part Time Yang Bisa Sobat Coba 

1. Guru Les / Privat 

Menjadi guru les/privat saat memiliki waktu senggang bisa Sobat coba juga loh. Jika Sobat merasa bahwa Sobat memiliki kelebihan dalam hal pelajaran, seni musik, tari, atau sejenisnya, maka Sobat bisa memanfaatkannya dengan menjadi guru les/privat untuk mendapatkan uang jajan tambahan loh Sobat.  

 2. Barista 

Coffee shop adalah salah satu tempat yang paling sering ditemui dengan berbagai macam konsep untuk menarik masyarakat khususnya anak muda.  

Dengan banyaknya coffe shop, tentu juga akan membutuhkan banyak tenaga kerja yang salah satunya adalah barista. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh para pelajar untuk coba melamar sebagi barista juga loh Sobat untuk mendapatkan pengalaman dan uang jajan tambahan.   

 3. Penulis 

Jika Sobat merupakan seorang yang memiliki kemampuan yang baik dan rapi dalam menulis, maka Sobat dapat mencoba kerja part time sebagai penulis. Seperti, misalnya sebagai penulis artikel, content writer, dan pekerjaan lainnya yang dapat memberikan Sobat keuntungan. 

 4. Desainer 

Memiliki kemampuan lebih dalam hal desain, maka menjadi pekerja part time desainer dapat Sobat coba juga loh. Misalnya yaitu desain logo, website, desain CV, ataupun kartu nama.  

Sobat bisa mencoba dengan mendesain milik sendiri, lalu dapat Sobat posting pada sosial media untuk memperlihatkan kemampuan yang Sobat miliki. 

 5. Fotografer 

Banyak sekali kenangan yang ingin diabadikan untuk dikenang. Jika Sobat memiliki kemampuan dalam fotografer maka hal ini bisa Sobat coba.  

Dengan adanya sosial media, maka banyak juga yang ingin mengabadikan setiap momen nya lalu di posting di sosial media. Sehingga, diperlukannya jasa fotografer untuk mengabadikannya agar foto terlihat lebih baik. 

 6. Jualan Online 

Seiring berkembangnya teknologi berjualan pun tidak harus memiliki toko. Dengan memanfaatkan platform sosial media, e-commerce, maka Sobat sudah bisa berjualan secara online. Sehingga Sobat dapat melakukannya diwaktu yang senggang. Berjualan online merupakan salah satu usaha yang sangat cocok dicoba untuk para pelajar loh Sobat, karena berjualan online memiliki waktu yang fleksibel tergantung adanya pesanan dari pembeli, sehingga pelajar dapat menyeimbangi waktu antara belajar dan juga berjualan. 

 7. Sosial Media Influencer 

Seperti yang sudah Sobat ketahui bahwa banyak sekali masyarakat yang menggunakan sosial media. Salah satu pekerjaan yang berhubungan dengan sosial media adalah menjadi Influencer. Influencer merupakan seseorang yang dapat memberikan pengaruh kepada masyarakat banyak. Bagi Sobat yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, kreatifitas, kemampuan menjelaskan suatu produk dengan baik secara persuasif, tentu kemampuan tersebut bisa dimanfaatkan oleh Sobat untuk menjadi influencer juga loh. Pekerjaan sebagai influencer tersebut juga sifatnya fleksibel, karena Sobat dapat melakukannya dimanapun dan kapanpun dengan bermodalkan internet, sehingga sangat cocok sekali untuk pekerjaan part time bagi pelajar.  

 8. Pembawa Acara 

Setiap acara yang diadakan, baik formal maupun informal sering sekali menggunakan jasa MC atau pembawa acara. Jika Sobat memiliki kemampuan percaya diri berbicara didepan umum serta memiliki kemapuan public speaking yang baik, maka Sobat dapat mencoba hal ini saat Sobat memiliki waktu senggang juga loh. 

 

Manfaat Kerja Part Time 

1. Menambah Pemasukan 

Hal yang tentunya Sobat peroleh saat melakukan kerja part time adalah pemasukan yang bertambah untuk menambah uang jajan serta tabungan Sobat juga loh.  

 2. Menambah Pengalaman 

Keuntungan yang tidak dapat dipungkiri adalah menambah pengalaman. Maka, ketika Sobat lulus sekolah, Sobat sudah memiliki pengalaman di dunia kerja. 

 3. Menambah Hard Skill dan Soft Skill 

Dalam kerja part time, tentunya Sobat akan menambah hard skill dan soft skill dari pekerjaan yang Sobat lakukan yang tentunya akan bermanfaat dimasa depan. 

 4. Memiliki Waktu Yang Fleksibel 

Kerja part time merupakan kerja paruh waktu, yang mana Sobat bisa melakukannya saat waktumu senggang. Sehingga, Sobat dapat menyesuaikan antara waktu sekolah dengan jam kerja. 

 

Nah, itu dia beberapa manfaat dan jenis pekerjaan part time yang dapat Sobat coba sebagai pelajar. Kerja part time tentu memiliki banyak manfaat serta jenis yang bisa Sobat coba dan Sobat pilih sesuai dengan waktu senggang yang  dimiliki. Tetapi, tetap harus ingat ya Sobat, Sobat tetap harus bisa gunakan dan atur waktu sebaik-baiknya agar tidak ada hal yang membuat kewajibanmu sebagai pelajar menjadi terhambat. 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found