Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Check Out Belanja Online

Sobat Pajak | 2023-13-02 18:20:11 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Belanja online merupakan kegiatan yang kerap dilakukan oleh masyarakat luas khususnya masyarakat modern. Belanja online tentunya memberikan banyak kemudahan, Sobat dapat berberlanja tanpa perlu untuk datang ke tempatnya langsung. Selain itu, sudah banyak penjual yang memanfaatkan hal ini, karena tentunya juga akan menguntungkan bagi para penjual.  

Dengan adanya kemudahan ini, tentunya juga akan menyebabkan banyak masyarakat yang  menjadi perilaku konsumtif. Seperti yang Sobat ketahui, setiap marketplace akan mengadakan diskon-diskon pada hari tertentu sehingga membuat masyarakat berbondong-bondong untuk membeli barang yang diinginkan. Namun, perlu diperhatikan bahwa ketika Sobat ingin melakukan check out untuk tidak terburu-buru dan memperhatikan hal dibawah ini. 

Hal yang harus diperhatikan sebelum check out saat belanja online: 

1. Pastikan barang yang dibeli adalah kebutuhan

Hal yang harus dipastikan pertama kali adalah barang yang Sobat beli memang benar merupakan kebutuhan Sobat. Jangan tergiur dengan harga-harga yang murah, sehingga membuat Sobat tidak memperhatikan hal yang dibutuhkan dengan hal yang Sobat inginkan. Jika barang tersebut bukan merupakan barang yang harus Sobat beli dan bukan merupakan kebutuhan mendesak, maka Sobat tidak perlu terburu-buru untuk check out barang tersebut. 

2. Cek keamanan situs belanja 

Pastikan bahwa situs belanja yang Sobat kunjungi aman. Lebih baik menggunakan situs belanja yang sering digunakan oleh banyak orang untuk meminimalisir adanya penipuan. 

3. Baca deskripsi terlebih dahulu 

Untuk mengetahui barang yang Sobat ingin beli, Sobat bisa membaca deskripsi terlebih dahulu. Baik dari ukuran barang tersebut, jenis nya, serta kegunaan nya. Agar Sobat tidak salah ketika chek out barang tersebut. 

4. Cek review dari konsumen yang lain 

Dengan melihat review, tentunya akan membantu dalam memastikan barang yang ingin di check out. Jika review yang diberikan adalah positif, maka pelayanan dari toko tersebut dapat dikatakan baik dan harus cermat dalam melihat review tersebut. 

5. Bandingkan harga barang dengan toko lainnya 

Sebelum Sobat melakukan check out, maka dengan membandingkan harga barang pada satu toko dengan toko lainnya juga dapat Sobat lakukan untuk mendapatkan harga yang terbaik dengan kualitas yang baik juga. 

6. Perhatikan penawaran yang diberikan 

Banyak marketplace memberikan penawaran-penawaran yang menarik, sehingga membuat tergiur para konsumen. Namun, seringkali syarat dan ketentuan dari penawaran tersebut diabaikan, sehingga pembeli akan merasa tetipu karena tidak mendapatkan penawaran menarik tersebut, padahal pembeli tersebut yang belum memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku. 

7. Pilih metode pembayaran yang aman 

Beragam metode pembayaran dapat Sobat gunakan dalam membayar pesanan yang dibeli pada marketplace. Dengan transfer via mbanking, bayar pada merchant tertentu, atau juga bayar di tempat (COD). Dengan beragam nya metode ini, maka Sobat diharapkan berhati-hati dalam memilihnya. Jika masih ragu-ragu, Sobat bisa pilih metode bayar di tempat (COD) 

8. Pantau dan lacak nomor resi pengiriman  

Ketika Sobat telah melakukan check out dan telah menyelesaikan pembayarannya, maka pesanan Sobat akan disiapkan, lalu dikirim sesuai dengan alamat yang Sobat isi, setelah barang dikirimkan, maka Sobat akan mendapatkan nomor resi pengiriman yang perlu Sobat pantau dan lacak keberadaannya. 

Dengan segala kemudahan yang didapat, tentunya belanja online masih menjadi hal yang disenangi oleh masyarakat modern. Tidak perlu takut untuk berbelanja pada situs online, hanya saja perlu untuk memperhatikan beberapa hal yang telah disebutkan diatas dan pastikan bahwa situs belanja online yang digunakan adalah aman dan terpercaya. 

 

Nah, itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli barang melalui situs online. Selalu cermat dan berhati-hati dalam berbelaja online ya Sobat, jangan sampai tertipu. 

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook. 

Article is not found
Article is not found