Belanja Di Online Store atau Offiline Store ya?

Sobat Pajak | 2023-06-02 19:00:48 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Online store atau toko online merupakan tempat berjualan secara online dengan mengandalkan media internet dalam proses jual beli. Sedangkan offline store atau toko offline yaitu berjualan dengan memiliki tempat berjualan secara langsung atau fisik sebagai wadah bertemunya antar penjual dan pembeli. Namun online store dan offline store sama-sama sebagai tempat untuk jual beli barang, makanan, dan lainnya. Persaingan antara online store dan offline store tentunya memiliki persaingan dengan kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Mari kita bahas kelebihan serta kekurangan online store maupun offine store pada artikel dibawah ini.

Kelebihan Online Store

  1. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Dengan berbelanja melalui online store, tentunya akan efisiensi waktu, karena tidak perlu untuk datang langsung ke toko untuk memilih barang yang akan dibeli. Dengan demikian, Sobat tidak perlu untuk keluar rumah sekedar untuk berbelanja. Selain itu, beberlanja di online store juga dapat dilakukan dimapun dan kapanpun. Bahkan, tidak akan menyita banyak waktu ketika Sobat sedang dalam keadaan yang sibuk dengan pekerjaan.

  1. Harga Lebih Terjangkau

Harga dari setiap barang yang dijual di online store, seringkali lebih murah dibandingkan dengan offline store. Selain itu, juga banyak promo-promo menarik yang diberikan pada hari-hari tertentu sehingga akan menguntungkan konsumen. Dan, dengan berjualan secara online, tentu juga menguntungkan bagi pihak penjual karena tidak perlu untuk memiliki lahan tempat untuk berjualan.

  1. Tidak Terbatas

Belanja melalui online store pun tidak perlu menunggu jam buka toko tersebut, karena Sobat dapat membeli dengan waktu yang tidak terbatas artinya dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Namun, barang yang Sobat pesan hanya dapat diproses pada hari efektif atau hari kerja saja.

  1. Beragam Referensi

Dengan hanya bermodalkan satu aplikasi saja, Sobat sudah bisa melihat banyaknya variasi-variasi dari produk yang ditawarkan. Tidak hanya itu, banyak juga online store yang bisa Sobat lihat tanpa harus berpindah-pindah tempat.

Kekurangan Online Store

  1. Ongkos Kirim

Semakin jauh antara lokasi Sobat dengan online store tersebut, maka semakin besar ongkos kirim yang harus Sobat bayarkan. Seringkali, konsumen mendapatkan ongkos kirim yang lebih besar dibandingkan dengan harga barang yang dibeli.

  1. Barang Tidak Sesuai

Hal yang sering menjadi perbincangan ketika berbelanja di online store adalah barang yang tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan oleh e-commerce tersebut ataupun barang yang dibeli tidak sesuai ukuran yang diharapkan oleh konsumen sehingga membuat kecewa para konsumen.

  1. Kerusakan Barang

Pengiriman yang jauh atau bahkan yang dekat sekalipun, jika barang yang dibeli diperlakukan tidak baik, misalnya dilempar atau bahkan tertumpuk oleh barang yang memiliki ukuran lebih besar, maka tidak menutup kemungkinan barang tersebut akan rusak.

Kelebihan Offline Store

  1. Melihat Barang Yang Dibeli Secara Langsung

Jika Sobat membeli barang dengan langsung datang ke toko, maka Sobat bisa langsung cek serta melihat kondisi barang yang akan dibeli, sehingga dapat sesuai dengan yang Sobat inginkan. Selain itu, Sobat juga bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli.

  1. Tidak Ada Kesalahan Dalam Pemesanan

Karena langsung datang ke toko, maka Sobat tidak perlu khawatir karena akan terhindar dari kesalahan dalam pemesanan.

  1. Tidak Tertipu Oleh Penjual

Bertemu secara langsung antara penjual dan pembeli, tentunya akan meminimalisir adanya penipuan. Dengan hal tersebut akan membuat kegiatan transaksi yang dilakukan aman. Seperti proses pembayaran ataupun barang yang akan dibeli.

Kekurangan Offline Store

  1. Memakan Waktu

Karena harus datang ke toko nya langsung, maka membutuhkan waktu bagi para konsumen untuk datang ke toko tersebut, apalagi jarak antara lokasi rumah dengan toko yang jauh.

  1. Waktu Belanja Yang Terbatas

Offline store tentunya memiliki waktu efektif, dan tidak sampai 24 jam, sehingga para konsumen harus menyesuaikan jam buka toko dengan waktu senggangnya.

  1. Terbatasnya Lokasi

Lokasi yang jauh menjadi suatu hambatan bagi konsumen untuk berbelanja, karena terbatasnya waktu yang dimiliki serta harus datang ke lokasi tersebut.

  1. Jangkauan Pasar Yang Terbatas

Terbatasnya lokasi suatu toko tersebut, maka konsumen yang datang pun besar kemungkinan adalah orang sekitar lokasi toko tersebut.

Nah, itulah beberapa kelebihan serta kekurangan, baik dari online store maupun offline store. Setiap orang tentunya memiliki kesenangan tersendiri dalam memilih tempat untuk berbelanja. Namun, tetap harus cermat dalam berbelanja ya sobat.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found