Tips dalam Menjaga Keamanan Rekening Bank

Sobat Pajak | 2023-02-02 17:26:35 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Hingga hari ini, modus penipuan dan pembobolan data terus berkembang setiap hari. Sebelumnya ada modus pembobolan rekening berkedok kurir paket, kini ada modus terbaru dimana penipu mengirim undangan pernikahan melalui WhatsApp.

Keduanya menggunakan metode penipuan yang serupa, yaitu sama-sama mengirimkan file berekstensi APK. File APK ini merupakan jenis file aplikasi android yang biasa digunakan untuk distribusi dan menginstall software. Jika penerima chat sudah mengklik dan menginstal file APK tersebut, maka data-data yang ada termasuk rekening bank bisa tersedot dan dicuri. Teknik ini dinamakan sniffing. Jadi, mereka mencuri data-data yang ada di dalam handphone orang yang telah menginstal, lalu data pribadi diambil dan memulai eksekusi pembobolan rekening.

Selain itu, ada juga berita yang tengah viral dimana seorang tukang becak yang membobol rekening BCA akibat kelalaian korban dalam menjaga privasi rekeningnya. Karena kelalaian tersebut, bank tidak mau mengganti total kerugian yang harus ditanggung oleh korban.

Tips Menjaga Keamanan Rekening Bank

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan tips untuk menjaga rekening agar tetap aman. Berikut 6 tips menjaga keamanan rekening yang bisa Anda jalankan:

  • Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi

Jika ada transaksi di rekening Sobat, baik dana masuk atau keluar, maka bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.

  • Cek riwayat rekening atau saldo secara berkala

Saat ini, Sobat bisa sangat mudah untuk mengecek riwayat rekening dan saldo melalui aplikasi mobile banking atau internet banking dari Bank yang Sobat miliki.

  • Aktifkan fitur verifikasi dua arah

Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat seluler Sobat dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pemindai sidik jari atau wajah

  • Hindari menggunakan WiFi Publik

Saat melakukan transaksi perbankan, lebih baik menggunakan jaringan internet pribadi dibandingkan WiFi Publik atau Free WiFi.

  • Berhati-hati saat menggunakan ATM

Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming. Selain itu, Sobat juga harus berhati-hati terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan karena mereka berisiko bisa mengetahui kata sandi atau melakukan kloning kartu Sobat. Apabila mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, lebih baik segera datang langsung ke bank.

Selain enam tips diatas, para pemilik tabungan harus bisa menjaga privasi rekening mereka. Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama lbu Kandung ke siapa pun, termasuk pihak Bank. Selain itu, bagi para pengguna mobile banking, jangan sembarang mengklik link atau file mencurigakan dari orang-orang yang dikenal karena privasi data Sobat bisa bocor dan isi rekening anda bisa dibobol oleh penipu.

Nah, itu dia beberapa tips untuk menjaga keamanan rekening bank, harus terus waspada dan selalu berhati-hati ya Sobat. Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found