Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Seorang yang Cashless

9 days ago | Sobat Pajak
article-sobat-pajak

Indonesia - Kecanggihan teknologi yang semakin pesat, membuat semua orang pun berbondong-bondong untuk memahami teknologi dengan cepat dan bahkan membuat teknologi semakin maju. Kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan masyarakat adalah melakukan transaksi jual beli.

Teknologi yang saat ini sedang marak adalah cashless. Cashless merupakan suatu sistem cara bertransaksi tanpa menggunakan uang fisik. Transaksi yang terjadi dilakukan dengan uang elektronik, sehingga akan memudahkan para penggunanya, baik dalam melakukan transaksi pembayaran jual beli maupun transaski pembayaran keuangan lainnya, yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Cashless itu apa ya? Cashless merupakan suatu istilah yang dipergunakan oleh seseorang yang melakukan transaksi tanpa menggunakan uang tunai fisik, yang mana dilakukan dengan bentuk pembayaran digital. Baik dalam pembayaran apapun yang berhubungan dengan menggunakan uang elektronik.

Sistem cashless ini tentunya juga memberikan manfaat, baik bagi tiap individu yang menggunakannya maupun bagi negara. Cashless ini tentunya memberikan kenyamanan karena tidak perlu membawa uang tunai fisik dengan jumlah yang besar, sehingga meminimalisir adanya kejahatan. Sedangkan bagi negara, cashless mampu meningkatkan mengenai koleksi atas pajak negara secara signifikan. Jenis dari cashless tersebut, yaitu seperti rekening ponsel, e-money, tabungan digital, dan lain sebagainya.

Penggunaan cashless ini memiliki kelebihan serta kekurangan dalam penggunaannya, yaitu :

Kelebihan Cashless

  1. Meminimalisir Tindak Kejahatan

Tindak kejahatan sering terjadi dimanapun. Sobat tidak bisa lengah akan adanya kejahatan, seperti hal nya pencurian dan perampokan. Dengan membawa uang dalam jumlah yang besar tentunya akan terlihat dan menjadi sasaran bagi para penjahat.

Dengan menyimpan uang atau melakukan transaksi tanpa uang fisik akan memberikan dampak yang baik dalam hal ini. Selain itu, risiko adanya uang palsu juga akan dapat dihindari dengan sistem cashless ini.

  1. Hemat Waktu dan Praktis

Sistem transaksi tanpa uang fisik atau cashless akan lebih praktis dan efisiensi waktu. Mengapa demikian? Karena, jika melakukan transaksi dengan jumlah yang besar tidak perlu membawa uang dalam jumlah yang banyak dan tentunya tidak akan merepotkan karena memikirkan uang yang dibawa dengan jumlah yang banyak.

  1. Memberikan Banyak Penawaran

Adanya kerjasama antara penyedia layanan kartu uang elektronik dengan berbagai mitra usaha, baik itu minimarket, tempat makan, swalayan, dan lain sebagainya. Sehingga untuk meningkatkan layanan dan ketertarikan masyarakat, maka dilakukan banyak penawaran dengan memberikan promo-promo menarik.

Dengan banyaknya penawaran akan promo-promo menarik, tentuSkan memberikan keuntungan dalam melakukan transaksi karena dapat berupa potongan harga, dan sejenisnya.

  1. Mengetahui Detail Transaksi yang Dilakukan

Canggihnya teknologi membuat segala hal yang terjadi atau dilakukan dapat dilihat kembali. Seperti hal nya riwayat transaksi yang dilakukan dengan pembayaran digital pun dapat dilakukan. Sehingga Sobat dapat selalu cek detail transaksi yang telah dilakukan.

  1. Tidak Repot dengan Kembalian

Transaksi pembayaran tidak terlepas dari yang namanya uang kembalian. Sering kali uang kembalian susah diperoleh, sehingga diganti dengan bentuk lainnya seperti permen, dan sejenisnya.

Selain itu, uang kembalian yang berbentuk kecil, seperti uang logam akan cukup merepotkan, karena bentuknya yang kecil tentu akan sangat mudah tercecer dan mudah hilang. Dengan sistem pembayaran digital ini, tentu  akan memudahkan karena pembayaran dilakukan dengan jumlah yang sesuai dengan transaksi yang dilakukan.

  1. Memberikan Kenyamanan

Kenyamanan adalah salah satu hal yang sangat diinginkan oleh semua orang. Dengan pembayaran digital ini, tentu akan memberikan kenyamanan atas teknologi yang diberikan sesuai dengan kelebihan yang telah dijelaskan diatas, sehingga memudahkan dalam transaksi yang dapat membuat kenyamanan kepada para pemakainya.

Kekurangan Cashless

  1. Boros Akibat Tergiur Promo

Seperti pada poin kelebihan sebelumya yang telah dijelaskan, bahwa kelebihan dari cashless adalah adanya promo-promo menarik. Namun, banyak masyarakat yang memanfaatkan adanya promo dengan kurang baik karena tergiur akan promo-promo yang menarik.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa akan menguntungkan jika dimanfaatkan dengan baik, namun juga bisa menyebabkan kerugian karena terlalu tergiur sehingga membuat boros.

  1. Rentan Dalam Pencurian Data

Dengan adanya sistem cashless yang praktis, tidak membuat teknologi yang canggih ini aman dari ancaman, karena teknologi ini juga rentan adanya kejahatan, berupa pencurian data, yang merupakan sebuah kekurangan dari sistem ini.

Tetap waspada akan kejahatan yang terjadi, karena banyak hal dapat dilakukan dengan cara apapun. Oleh karena itu, Sobat perlu melakukan pengecekan selalu terhadap aplikasi layanan pembayaran digital, dan pastikan tidak memberikan password ataupun kode OTP kepada siapapun.

  1. Keinginan Berbelanja Semakin Tinggi

Transaksi sering dilakukan, namun sering kali tidak sadar melakukan transaski tersebut karena merasa bahwa uang tidak dikeluarkan sama sekali, sehingga meningkatkan keinginan masyarakat berbelanja semakin tinggi.

  1. Akses Terbatas

Penggunaan sistem cashless ini belum dapat dilakukan disemua mitra usaha, sehingga  akan membuat masyarakat sulit dalam menemukan mitra usaha yang menyediakan pembayaran secara digital.

  1. Perlu Akses Internet

Pembayaran digital ini tentunya mengharuskan adanya akses internet dalam penggunaanya. Jika kondisi internet sedang buruk, maka pembayaran tidak dapat dilakukan dan menghambat kegiatan yang berlangsung.

Bagaimana sobat? Apakah Sobat merupakan seorang yang cashless atau bukan? Tentunya hal ini memberikan kelebihan serta kekurangan tergantung dari pemakainya ya. Namun mengikuti teknologi yang ada  pun juga perlu loh. Agar tidak ketinggalan teknologi dan sulit dalam menyesuaikannya nanti.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found