Tips Buat Kamu Yang Suka Kalap Belanja Online

18 days ago | Sobat Pajak
article-sobat-pajak

Indonesia - Kegiatan belanja merupakan salah satu hal yang rutin dilakukan oleh semua orang, baik itu untuk kebutuhan sehari-hari, ataupun hanya sebagai koleksi saja. Dahulu, belanja hanya dapat dilakukan di pasar, warung terdekat, atau swalayan saja. Namun, karena perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini berbelanja dapat dilakukan hanya di rumah saja dengan bermodalkan gadget.

Belanja online tentunya memudahkan para konsumen dalam berbelanja karena efisiensi waktu serta tenaga. Promo yang ditawarkan pun menarik, sehingga semakin memanjakan para konsumen. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tanpa disadari sering kali membeli barang terlalu banyak dan mengeluarkan uang tanpa memikirkan kebutuhan.

Ini dia tips buat Sobat yang suka kalap kalo belanja online:

  1. Utamakan Kebutuhan bukan Keinginan

Sering kali keliru antara kebutuhan dengan keinginan. Kebutuhan merupakan sesuatu yang harus atau wajib Sobat penuhi yang sifatnya mengikat, seperti kebutuhan primer. Sedangkan, keinginan merupakan sesuatu yang diharapkan, tetapi tidak wajib untuk dimiliki.

Karena sering tidak menyadari dan melupakan skala prioritas suatu barang yang dibutuhkan akan membuat seseorang mendahulukan keinginan saja dibandingkan kebutuhannya. Dengan demikian, Sobat harus bisa menentukan terlebih dahulu barang yang merupakan kebutuhan atau keinginan. Karena kebutuhan lebih mengutamakan fungsi, sedangkan keinginan lebih mengutamakan kepuasan.

  1. Membuat Budget Dalam Belanja Online

Adanya budget dalam pengeluaran, terkhususnya untuk belanja online, tentunya akan memudahkan Sobat agar tidak kalap dalam belanja online. Budget yang dibuat juga disertakan dengan list barang yang perlu dibeli saja untuk menghindari barang-barang yang tidak  dibutuhkan.

Walaupun dengan kegiatan yang sederhana, melakukan kontrol terhadap segala pengeluaran dari yang kecil hingga besar akan mempengaruhi keuangan Sobat juga loh.

  1. Cek Barang yang Ingin Dibeli Sebelum di Check-Out

Melakukan cek berkala atau konfirmasi akhir sebelum melakukan pembayaran adalah salah satu hal yang wajib Sobat lakukan dalam belanja online. Jika Sobat menemukan barang dalam aplikasi belanja online, namun masih ragu apakah Sobat benar membutuhkan barang tersebut atau tidak, maka Sobat tidak harus membelinya terburu-buru, Sobat dapat masukkan barang tersebut ke dalam daftar barang yang ingin dibeli terlebih dahulu saja Sobat. Lalu, setelah beberapa hari Sobat dapat cek kembali apakah sampai saat itu memang masih menginginkan barang tersebut atau hanya lapar mata saja.

Sering terjadi penyesalan dalam membeli suatu barang, karena ternyata barang yang dibeli tidak digunakan dan tidak diminati lagi,  sebab barang dibeli hanya pada saat lapar mata saja. Sehingga menjadi salah satu faktor kamu kalap dalam belanja online.

  1. Cek Promo atau Penawaran yang Ditawarkan

Salah satu hal yang paling digemari ketika belanja online adalah adanya penawaran menarik, seperti potongan harga ataupun gratis ongkir. Sobat bisa memanfaatkan penawaran tersebut karena pengeluaran akan lebih hemat dibandingkan belanja dengan harga yang normal.

Tetapi perlu diingat, bahwa dengan adanya promo, bukan berarti Sobat dapat membeli barang sebanyak banyaknya ya. Tetap gunakan promo atau penawaran tersebut dengan bijak dan tetap memperhatikan kebutuhan yang Sobat perlu penuhi terlebih dahulu ya.

  1. Membandingkan harga dari 1 e-commerce dengan e-commerce lainnya

Sebelum membeli barang yang ingin dibeli, maka bandingkan terlebih dahulu harga barang tersebut dari 1 toko dengan toko lainnya. Sobat bisa melihat dan mencari harga termurah dengan barang yang sama. Walaupun akan membuat Sobat lama dalam pembelian barang tersebut, namun akan menguntungkan bagi Sobat dalam mengontrol keuangan loh.

  1. Batasi Dalam Penggunaan Aplikasi Belanja Online

Jika Sobat seharian membuka situs belanja online, maka Sobat akan semakin tergiur dengan barang-barang yang ditawarkan pada aplikasi tersebut. Dengan membatasi penggunaan aplikasi belanja online dapat membantu untuk tidak kalap dalam belanja online.

Salah satu hal yang sering membuat lapar mata adalah melihat barang-barang yang terdapat di beranda situs belanja online, sehingga sering membuat Sobat membeli barang yang seharusnya tidak  dibeli, namun akhirnya dibeli.

Semoga beberapa tips diatas dapat membantu Sobat agar tidak kalap perihal belanja online, dan dapat mengatur keuangan lebih baik dan bijak lagi ya Sobat. Karena jika dibiarkan, akan menjadi kebiasaan buruk dan mempengaruhi keuangan Sobat di masa depan. Selalu perhatikan situs belanja online yang Sobat gunakan dan pahami cara penggunaannya, serta fitur-fitur yang disediakan agar tidak menjadi petaka yang berujung kalap dalam berbelanja online ya Sobat.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook..

Article is not found
Article is not found