Melalui BNI Xpora, UMKM Indonesia Bisa Tembus Pasar Internasional

Sobat Pajak | 2023-12-01 17:25:46 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - PT Bank Negara Indonesia Tbk (Persero) (BNI) terus berupaya mendorong UMKM Indonesia untuk tembus ke pasar global melalui program BNI Xpora. Dengan memanfaatkan jaringan internasional perseroan, program ini membantu membuka potensi market yang besar untuk bisnis dan produk UMKM Indonesia

Program BNI Xpora berperan sebagai jembatan antara penjual dan pembeli, dan juga menjadi one stop solution hub dalam menciptakan ekosistem yang mampu mendukung UMKM dalam melakukan ekspor.

Dukungan yang diberikan, mulai dari akses permodalan, transaksi dalam dan luar negeri, jaringan, pemasaran, hingga peningkatan kapabilitas pelaku usaha. Dengan begitu, produk UMKM bisa menembus pasar global.

Diapresiasi Menkop UKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi upaya perbankan, khususnya PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) dalam mendorong Usaha Kecil Menengah untuk bisa naik kelas sekaligus membuka pasar ekspor.

Seperti diketahui, program BNI Xpora sendiri telah menyalurkan Rp 25,79 triliun atau tumbuh 71,08% secara tahunan kredit BNI Xpora per September 2022.

"Kami sangat mengapresiasi kinerja BNI Xpora yang dapat diterapkan juga di perbankan lain dalam membuka pasar ekspor UKM," kata Teten dalam siaran pers, dikutip Kamis (29/12/2022).

Teten melanjutkan bahwa kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi PDB sebesar 61% dengan kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada. UMKM juga turut menghimpun sampai 60% dari total investasi, serta mendukung ekspor non migas sebesar 15%.

UMKM yang Sudah Mengikuti Program BNI Xpora

  • Kopi Kalyan (Tokyo, Jepang)

Kopi Kalyan yang berada di prefektur Tokyo, Jepang merupakan salah satu usaha coffee shop yang dimiliki oleh diaspora pengusaha Indonesia Kenny Erawan Tjahyadi. Diakui Kenny, dirinya mendapat bantuan dari sinergi KBRI bersama BNI dalam mengenalkan kopi Indonesia ke mancanegara. Dia mengungkapkan sebelumnya kopi-kopi Indonesia yang dikenal di Tokyo hanya Mandailing dan Toraja saja. Namun, setelah diadakan berbagai macam acara, warga Tokyo mulai mengenal lebih banyak kopi-kopi Indonesia lainnya.

  • Golden Nest Corporation (Amerika Serikat)

Golden Nest Corporation merupakan salah satu pelaku UMKM yang sukses bersaing di pasar global berkat dukungan BNI. Perwakilan Golden Nest Corporation Jemmy Pranyoto mengatakan dirinya telah menjadi nasabah BNI New York sejak lebih dari 10 tahun lalu. Selama periode tersebut, ia banyak memanfaatkan fasilitas keuangan BNI sebagai modal kerja. Dari yang awalnya menjadi importir dan distributor, kini Golden Nest mulai memperluas bisnisnya hingga di bidang food manufacturing atau pabrik makanan.

Nah, itu dia informasi terkait upaya BNI untuk mendorong UMKM Indonesia agar dapat terus berkembang, tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga bisa menembus pasar internasional. Oleh karena itu, para Sobat UMKM harus tetap semangat terus ya.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found