Konsep Bisnis Favorit Generasi Milenial

Sobat Pajak | 2023-10-01 17:50:13 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Memasuki era revolusi industry 4.0, terjadi pergeseran dari rantai suplai bisnis yang terhubung secara digital menjadi lebih sederhana. Kondisi ini terjadi secara global dan juga dialami oleh bangsa Indonesia. Semakin pesatnya penggunaaan internet, akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi secara signifikan. Demikian pula dunia bisnis yang mengalami pertumbuhan yang mencolok dalam bidang bisnis online maupun offline.

Generasi milenial sekarang, kerapkali melakukan aktivitas-aktivitas di luar rumah, sehingga tidak jarang sebagai seorang pelaku bisnis, generasi milenial ini dijadikan target pasar dari usahanya. Hal ini juga disebabkan karena mereka adalah generasi yang melek teknologi, serta memiliki pandangan berbeda tentang arus masuk budaya dari mancanegara.

Di bawah ini adalah beberapa contoh Ide Bisnis Favorit Generasi Milenial, sebagai berikut:

  1. Makanan/Minuman Unik

Pesatnya globalisasi membuat generasi milenial tampak akrab dengan makanan/minuman dari luar negeri, seperti kimchi, bibimbab, tteokboki, crroisant, lassagna, kebab, hwachae, limoncello, bubble tea, dan lain-lain. Konsep penjualan makanan unik, juga bisa dengan me-remake makanan yang sudah ada lalu diberikan sedikit sentuhan artistik, sehingga makanan itu menjadi berbeda dari biasanya, misalnya roti bakar boba, semangka goreng, roti sambal matah, tipat cantok buah naga, dan lain-lain.

  1. Konsep Pelayanan yang Unik

Baru-baru ini sedang tren konsep pelayanan yang berbeda atau terkesan agak nyeleneh, seperti pelayanan yang tidak ramah, padahal biasanya pelayan restoran akan bersikap ramah, sopan dan memberikan servis terbaiknya saat berhadapan dengan pelanggan. Konsep seperti ini menjadi viral karena menyajikan konsep yang tidak biasa, dan menciptakan rasa penasaran pelanggan,  sehingga meningkatkan daya tarik pelanggan untuk datang mencobanya.

Sebagai pelaku bisnis, Sobat dapat mengeksplor lebih jauh lagi tentang konsep yang belum pernah ada atau konsep yang sudah ada, tetapi dibuat sesuai versi Sobat sendiri.

  1. Bisnis yang Instagramable

Tidak lengkap rasanya, jika sedang berkunjung ke tempat wisata namun tidak membuat foto sebagai kenangan. Adanya tempat berswafoto, bukan hanya bermanfaat bagi para pengunjung, tetapi jika diurusi dengan baik, juga bisa menjadi ajang promosi tempat itu kepada khalayak luar. Disinilah kemampuan pelaku bisnis dalam  mempromosikan suatu bisnis akan diuji.

  1. Bisnis Berkualitas yang Ramah dikantong

Variasi harga yang ditawarkan juga seharusnya menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku bisnis. Generasi milenial tentu tidak ingin menghabiskan terlalu banyak uang untuk satu produk yang belum jelas asal-usulnya. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis bukan hanya memperhatikan bagaimana memaksimalkan keuntungan, tetapi juga bagaimana mempertahankan pelanggan dalam jangka waktu yang lama. Sebagai seorang pelaku bisnis, Sobat juga harus berpikir jauh ke depan. Bisnis yang hanya ramai di awal, namun sunyi di belakang akan membuat usaha menjadi terganggu. Maka dari itu, setelah memulai suatu bisnis, yang harus Sobat pastikan adalah bagaimana caranya mempertahankan bisnis tersebut sembari juga mencari laba dan meningkatkan pelanggan dari waktu ke waktu.

Nah, itu dia beberapa referensi konsep bisnis favorit yang banyak diminati oleh para generasi milenial, semoga dapat menambahkan referensi kalian ya Sobat.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found