Mengetahui Perbedaan Akuntansi Perusahaan Dagang, Jasa, dan Manufaktur

Sobat Pajak | 2023-06-01 17:19:20 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Dalam dunia bisnis, terdapat tiga jenis usaha berbeda yang mempunyai perbedaan dalam bentuk akuntansi dari pencatatan keuangannya. Tiga jenis usaha yang mempengaruhi pencatatan akuntansi tersebut adalah perusahaan dagang, perusahaan jasa, dan perusahaan manufaktur.

Perbedaan Akuntansi

Implementasi akuntansi di tiap jenis perusahaan ini berbeda agar bisa mengakomodir segala pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh bisnis. Berikut penjelasan dari setiap jenis usaha dan bagaimana implementasi akuntansinya:

  • Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang menjual produk/barang persediaan kepada konsumen. Perusahaan Dagang tidak memproduksi sendiri barangnya, melainkan mengambil atau membeli produk/barang persediaan dari supplier dalam bentuk bahan yang sudah jadi. Perusahaan Dagang bertujuan untuk menjual kembali produk/barang yang telah diambil dari supplier tanpa mengubah bentuk asal dan mendapatkan keuntungan dari selisih penjualan yang dilakukan.

Berikut sistem akuntansi yang diimplementasikan pada perusahaan manufaktur:

  • Terdapat Harga Pokok Produksi (HPP), sehingga untuk menentukan harga pokok barang dapat dilakukan dengan mudah
  • Terdapat stok persediaan barang jadi
  • Pada perusahaan dagang, laporan HPP tidak dipergunakan dan tidak terdapat biaya akuntansi di dalamnya
  • Perusahaan Jasa

Perusahaan Jasa merupakan perusahaan yang tidak memproduksi dan menghasilkan barang atau suatu produk. Oleh karena itu, perusahaan jenis ini tidak mempunyai persediaan barang apapun untuk dijual kepada konsumen. Perusahaan jasa menjual produk yang bersifat tidak berwujud, berbeda halnya dengan perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur atau dapat dikatakan penjualan dalam bentuk jasa atau layanan yang diberikan dari perusahaan itu sendiri.

Berikut sistem akuntansi yang diimplementasikan pada perusahaan manufaktur:

  • Tidak perlu menentukan harga pokok barang dan tidak perlu membuat laporan mengenai harga pokok produksi sehingga tidak ada biaya akuntansi di dalamnya
  • Tidak terdapat persediaan barang apapun karena yang dijual berupa jasa
  • Pembelian yang terjadi akan langsung dimasukkan ke dalam akun peralatan atau akun perlengkapan
  • Perusahaan Manufaktur

Perusahaan Manufaktur atau yang biasa disebut pabrik merupakan perusahaan yang memproduksi bahan baku mentah dan mengolahnya menjadi barang/produk setengah jadi ataupun menjadi barang/produk jadi untuk kemudian dijual kepada konsumen. Jadi, barang yang diproses dari bahan baku mentah menjadi barang jadi dapat dikatakan sebagai barang/produk persediaan pada perusahaan manufaktur tersebut.

Perusahaan manufaktur sendiri mengolah bahan mentah hingga menjadi produk jadi tidak hanya untuk perusahaannya sendiri, karena terkadang perusahaan manufaktur mengolah bahan baku untuk diberikan kepada perusahaan lain. Perusahaan manufaktur memiliki tujuan untuk menghasilkan barang/produk jadi yang memiliki kualitas dan nilai jual yang tinggi, sehingga dapat diperoleh keuntungan berbisnis.

Berikut sistem akuntansi yang diimplementasikan pada perusahaan manufaktur:

  • Terdapat Harga Pokok Produksi (HPP) dan untuk menentukan harga pokok dilalui dengan beberapa tahapan perhitungan
  • Terdapat persediaan bahan baku/mentah dan persediaan bahan pembantu dalam proses produksi
  • Dalam perusahaan manufaktur, harus membuat laporan harga pokok produksi dan terdapat biaya akuntansi di dalamnya

Jika terdapat dua jenis perusahaan dalam satu manajemen seperti perusahaan jasa dan perusahaan dagang, misalnya usaha bengkel yang juga menjual sparepart kendaraan, maka perhitungan biaya dapat dilakukan dengan menggabungkan total biaya pada perusahaan dagang dan perusahaan jasa, kemudian lakukan perhitungan harga pokok penjualan. Hasil perhitungan pada perusahaan jasa dipisahkan sehingga terdiri dari dua penghasilan, yaitu penghasilan dari jasa dan penghasilan dari penjualan barang.

Nah, itu dia informasi terkait perbedaan penerapan akuntansi dalam perusahaan dagang, jasa, dan manufaktur, semoga dapat menambahkan pengetahuan dan wawasan kalian ya Sobat.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found