Sri Mulyani Menargetkan Sebanyak 64 Juta UMKM untuk Masuk Platform Digital

Sobat Pajak | 2022-20-12 17:12:42 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 saat ini memaksa masyarakat untuk beralih ke digitalisasi. Dalam hal ini, Indonesia menargetkan sebanyak 50% atau 64 juta UMKM menggunakan platform digital untuk meningkatkan penjualannya.

Hal ini diperlukan bagi Indonesia untuk melihat potensi ekonomi digital dan teknologi finansial (fintech) sebagai kontributor pertumbuhan ekonomi.

Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa Indonesia terus berusaha untuk mengejar ekonomi digital hingga USD133 miliar atau sekitar 30% GDP di tahun 2025. Meskipun penetrasi teknologi finansial (fintech) masih terbilang rendah, namun saat ini telah berkembang hingga 3 kali lebih besar dari angka pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, Indonesia juga diuntungkan dengan populasi masyarakat yang mayoritas adalah generasi Z dan milenial, yaitu sebesar 33% - 35%. Akan tetapi, untuk mencapai hal itu diperlukan sumber daya manusia Indonesia yang juga berkualitas. Untuk mencapainya, pemerintah memberikan pengeluaran tertentu untuk membiayai pendidikan, tidak hanya jumlah uang, tetapi juga konten kurikulum dan cara mengajar.

Di samping itu, pemenuhan pemerataan dan belanja infrastruktur digital, terutama bagi daerah-daerah tertinggal di Indonesia juga perlu dilakukan. Oleh karena itu, belanja pemerintah di bidang infrastruktur merupakan komponen belanja yang tidak dipotong meski saat pandemi.

Anggaran belanja negara meningkat hingga 3 kali lipat untuk bisa menyambungkan 75 ribu pulau yang ada di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menghubungkan lebih dari 4.000 sekolah, posyandu, puskesmas, dan layanan rumah sakit dengan internet dan bisa mengakses pengetahuan yang lebih baik melalui teknologi digital.

Dengan demikian, keseluruhan ini disebut membangun kondisi yang diperlukan agar Indonesia tidak hanya bisa menikmati teknologi digital, tetapi juga memastikan pertumbuhan ekonomi serta teknologi digital termasuk teknologi finansial (fintech) akan memberikan pertumbuhan yang lebih inklusif.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found