Ide Bisnis yang Patut Dicoba Menjelang Hari Natal

Sobat Pajak | 2023-19-12 14:00:38 | 4 months ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Tak terasa tahun 2022 akan segera berakhir. Menjelang natal dan tahun baru, ada banyak orang yang menantikan momentum ini sejak lama. Sebagian diantaranya bahkan ada yang sudah menabung cuti dan uang sejak awal tahun. Pasalnya, momen akhir tahun ini memang seringkali diisi dengan liburan atau berkumpul bersama orang-orang terkasih.

Menariknya, momentum tersebut juga bisa Sobat manfaatkan untuk membuka bisnis musiman. Sebab, acara natal dan tahun baru kerap kali diisi dengan kegiatan tukar kado, makan-makan, hingga berlibur bersama keluarga. Selain itu, membuka bisnis ini juga bisa mengisi waktu libur Sobat loh, sehingga lebih produktif dengan mendatangkan pendapatan tambahan.

Meskipun bersifat musiman, ide bisnis ini bisa meraup banyak keuntungan jika dilakukan dengan tepat. Berikut ini ide bisnis natal dan tahun baru yang patut dicoba:

1. Bisnis Parsel / Hampers Natal

Permintaan parsel dan hampers diperkirakan bakal laris manis menjelang Natal. Isinya cukup beragam, mulai dari makanan ringan seperti biskuit, kue kering, buah-buahan dan minuman, hingga pernak-pernik alat rumah tangga.

Dalam penyajian atau kemasan parsel dan hamper, Sobat harus menggunakan kreativitas, ciptakan kemasan dan susunan isi parsel semenarik dan sekreatif mungkin, agar banyak yang suka dan membeli parsel dan hampers dari Sobat. Supaya Sobat bisa memperbesar keuntungan, tapi tetap bisa menghemat biaya produksi, sebaiknya cari bahan-bahan dengan harga murah untuk membuat parsel, namun juga perlu memperhatikan kualitas. Selanjutnya, promosikan parsel Natal di media sosial Sobat dan tawarkan ke teman-teman dekat.

Kemudian, buatlah bingkisan parsel atau hamper Natal kekinian yang personal dan berbeda. Orang akan menyukai hal-hal yang unik dan berbeda dari yang sudah ada.

2. Bisnis Kue Natal

Kue selalu hadir dalam banyak perayaan, tidak terkecuali saat Natal. Setiap tamu yang berkunjung, baik saudara maupun sahabat, tentunya akan disuguhkan kue oleh tuan rumah. Kue natal ini tentunya beragam, mulai dari kue kering manis, kue buah, kue coklat, atau kue kering asin. Beragam jenis dan rasa kue ini bisa menjadi bisnis sampingan yang dijamin akan laris manis menjelang Natal tahun ini. Jangan lupa, promosikan bisnis kue Sobat di media sosial agar orang-orang tertarik dan dapat menjangkau calon pembeli lebih banyak lagi. 

3. Bisnis Hiasan Natal

Sama seperti bisnis kue yang menjamur, bisnis pernak-pernik Natal juga demikian. Potensi untung bisnis pernak-pernik natal ini cukup positif, bisa dibilang peminatnya tidak akan susut.

Ragam pernak-pernik natal kian beragam dan unik, mulai dari pohon natal, ornamen-ornamen untuk pohon natal, hiasan rumah, hiasan kamar, hiasan kantor, hiasan sekolah hingga hiasan natal untuk di kafe-kafe.

4. Bisnis Katering

Tidak sedikit keluarga yang merayakan Natal dengan acara makan-makan, namun beberapa tidak memiliki waktu luang untuk masak sendiri. Hingga akhirnya, katering menjadi pilihan. Bagi Sobat yang tertarik di bisnis kuliner ala rumahan, bisnis katering ini bisa dicoba. Sebagai promosi awal, Sobat dapat melakukannya dari mulut ke mulut, tawarkan kepada teman kantor, tetangga, atau teman dekat Sobat. Cara kedua, Sobat bisa memanfaatkan media sosial seperti Whatsapp, Facebook, atau Instagram untuk mempromosikan katering Anda.

5. Bisnis Kado Natal

Bisnis berikutnya yang masih menjadi peluang bisnis yang cukup besar menjelang perayaan natal, yaitu bisnis kado natal atau suvenir. Jenis bisnisnya pun bisa bervariatif, Sobat bisa menjual barang-barang yang lucu dan unik yang bernuansa Natal. Selain bisnis jual kado, Sobat juga bisa mengembangkan ide bisnis ini dengan cara menyediakan jasa bungkus kado yang unik dan menarik. Saat Natal akan ada banyak acara tukar kado atau bagi-bagi kado kepada para anggota keluarga maupun teman di kantor. Tidak semua punya waktu untuk membungkus kado. Jadi memberikan jasa bungkus kado juga bisa melengkapi bisnis bertema Natal tahun ini loh Sobat.

Itu dia beberapa ide bisnis menjelang natal yang bisa menjadi peluang bisnis bagi Sobat untuk menambah tambahan penghasilan Sobat, menutup akhir tahun.

Jika Sobat ingin mencari informasi lainnya terkait UMKM, perpajakan, dan berita terkini, silahkan kunjungi website kami di Sobat Buku dan Sobat Pajak, atau melalui media sosial kami di Instragram dan Facebook.

Article is not found
Article is not found