Hati-Hati Modus Baru Penipuan Kurir Paket!

Sobat Pajak | 2022-08-12 16:55:22 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - Baru-baru ini telah tersebar di dunia maya mengenai modus penipuan kurir paket yang mengirimkan pesan dengan file jenis APK.

Dalam tangkapan layar di aplikasi WhatsApp, pelaku awalnya mengkonfirmasi paket yang akan dikirim ke alamat korban dengan melampirkan sebuah file dokumen dalam format APK. Pelaku kemudian meminta korban untuk mengklik file tersebut dengan maksud mengecek resi atau paket yang akan dikirimkan. Untuk mengecoh korban, pelaku juga memberi nama dokumen dalam ekstensi APK itu sebagai foto barang atau cek resi paket. Disebutkan, modus penipuan ini dilakukan untuk mencuri data yang ada pada ponsel korban.

Disebutkan pula, file APK yang dikirim oleh oknum berkedok kurir ini sebenarnya berbahaya dan mengandung Spyware yang bisa membobol rekening korban pengguna mobile banking atau m-Banking dan menguras abis saldonya.

Bahaya Spyware dalam APK

Ahli IT dari Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Taufiqur Rohman memberikan penjelasan mengenai bahaya file APK ini dan cara mencegah agar tak menjadi korban penipuan dengan modus baru ini. Taufiq mengatakan, spyware merupakan perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk memasuki perangkat computer smartphone yang punya tujuan mengumpulkan data informasi penting tentang seseorang. Kemudian, meneruskan data informasi tersebut ke pihak ketiga tanpa persetujuan. "Spyware juga dapat merujuk ke perangkat lunak sah yang memantau data seseorang untuk tujuan komersial seperti iklan," terang Taufiq seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Rabu (7/12/2022). Taufiqur menerangkan, spyware berbahaya secara eksplisit yang digunakan untuk mendapatkan keuntungan dari data yang dicuri. Salah satu yang bisa saja diderita korban adalah saldo di rekening yang tiba-tiba raib. Adanya modus penipuan kurir paket ini membuat masyarakat perlu lebih berhati-hati.

Tips Mencegah Modus Baru Penipuan Kurir Paket

Taufiq membagikan sejumlah tips yang bisa dilakukan masyarakat untuk menghindari penipuan kurir paket ini. Berikut tips mencegah modus penipuan kurir paket yang bisa diterapkan masyarakat:

  1. Jangan klik tautan

Taufiq mengungkapkan, langkah pertama yang bisa dilakukan masyarakat adalah jangan klik tautan dalam pesan teks. Gunakan aplikasi resmi kurir atau langsung ke situs web resmi pengiriman. Menurutnya, penipu semakin mahir dalam menyalin situs web organisasi terpercaya. Sehingga sangat perlu kehati-hatian ketika mengklik tautan dalam teks yang mencurigakan.

  1. Periksa nomor pelacakan

Taufiq menambahkan, langkah kedua untuk menghindari modus penipuan kurir paket ini adalah memeriksa nomor pelacakan di aplikasi atau situs web resmi. Jika Sobat tidak yakin apakah teks itu asli atau tidak, maka periksa nomor pelacakan tersebut di aplikasi atau situs web resmi kurir, bukan tautan dari pesan teks. "Jika pesannya asli, maka di aplikasi atau situs web resmi, nomor pelacakan akan menampilkan informasi terkait pengiriman paket. Jika itu penipuan, nomor pelacakan tidak akan berfungsi," tutur Taufiq.

  1. Periksa URL

Langkah selanjutnya untuk mencegah jadi korban penipuan modus kurir paket adalah dengan memeriksa URL dan sertifikat SSL. Taufiq menambahkan, sebuah situs yang memiliki sertifikat SSL tidak selalu asli, karena sertifikat tersebut dapat diperoleh secara gratis dengan sedikit verifikasi. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau agar selalu periksa URL situs. Apabila tidak yakin, gunakan mesin pencari untuk menemukan versi situs yang sah.

  1. Instal aplikasi hanya dari official App

Cara keempat untuk mencegah modus penipuan kurir paket yakni dengan menginstal hanya dari aplikasi resmi. Sebagian besar perangkat Android menggunakan sumber aplikasi dari Google Play Store. "Pastikan layanan Google Play Protect diaktifkan, jika perangkat Sobat mendukungnya. Ini akan memastikan bahwa spyware apapun di perangkat Sobat dapat dideteksi dan dihapus. Sehingga smartphone Sobat aman dari spyware," imbuhnya.

Taufiq menekankan, langkah lain yang bisa diterapkan untuk mencegah modus penipuan kurir paket ini yakni dengan segera matikan jaringan internet. Kemudian cari file APK yang sudah terinstal dan segera hapus file yang berasal dari sumber file APK.

Article is not found
Article is not found