Kamu Pelaku UMKM? Ini 5 Cara Sobat Pajak Bisa Membantu Perpajakanmu

Sobat Pajak | 2022-05-12 16:17:40 | a year ago
article-sobat-pajak

Indonesia - UMKM bukanlah hal baru lagi di masyarakat Indonesia. UMKM sendiri merupakan sebuah usaha yang saat ini menjadi pilar dalam perekonomian di Indonesia. UMKM disebutkan telah memberikan kontribusi besar dalam putaran ekonomi saat ini, bahkan menjadi salah satu sektor yang mampu menyerap tenaga kerja hingga 95%. Dengan keterlibatan hingga pengaruh yang besar bagi negara, pemerintah mulai menetapkan kebijakan yang menjadi dasar pengenaan pajak bagi UMKM.

Hingga saat ini, masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami hal-hal yang berkaitan dengan pengenaan pajak pada sektor UMKM. Dalam kondisi seperti itu, tentunya diperlukan pendampingan secara khusus bagi pelaku UMKM dalam memahami hak dan kewajiban perpajakan yang dimiliki, sehingga usaha dapat berjalan dengan baik. Salah satu hal yang dapat dilakukan UMKM ialah dengan menggandeng pihak yang ahli dalam bidang perpajakan, khususnya bagi UMKM. Sebagai contoh, Sobat Pajak.

Berdasarkan dari penilaian yang ada, kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh pelaku UMKM, yaitu hanya berfokus dalam aktivitas atau kegiatan usahanya saja tanpa mementingkan komponen-komponen lainnya yang notabene memiliki pengaruh besar dalam keberlangsungan usahanya. Sebagai contoh, dalam hal pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan.

Hal tersebut dapat kita lihat dari beberapa bisnis UMKM yang berhasil menjadi bisnis yang besar, namun dikarenakan minimnya pengetahuan mengenai perpajakan, mereka menjadi kebingungan harus bagaimana, terlebih dalam proses pengelolaan pajaknya. Sementara itu, di sisi lain, otoritas pajak selalu melakukan pemeriksaan terhadap usaha atau bisnis yang sedang berjalan, termasuk dalam pengecekan kepemilikan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) bagi pelaku bisnis UMKM secara jabatan dalam mengenakan pajak secara jabatan sesuai peraturan Undang-Undang pajak yang berlaku.

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, sudah sangat jelas bahwa UMKM perlu pendampingan secara khusus dalam memahami dan melaksanakan perpajakannya. Terkait hal tersebut, Sobat Pajak dapat menjadi sebuah jawaban dalam membantu masalah perpajakan Sobat.. Bagaimana bisa? Mari simak di bawah ini 5 cara Sobat Pajak dalam membantu kebutuhan perpajakan Sobat.

  • Memberikan konsultasi hingga solusi dalam perpajakan yang mudah dimengerti bagi pelaku UMKM.
  • Berperan dalam membantu atau mewakilkan Wajib Pajak.
  • Menyediakan berbagai fitur pendukung, mulai dari Sobat Buku sebagai aplikasi pembantu dalam pembukuan dan pencatatan usaha, hingga Sobat POS sebagai aplikasi Point of Sales yang menjadi sistem kasir.
  • Menyediakan sarana informasi yang ter-update melalui beragam artikel pilihan yang diupdate setiap harinya.
  • Membantu dalam hal efisiensi waktu dan bisnis, lantaran urusan perpajakan sudah dibantu oleh Sobat Pajak.

Nah, itu dia 5 cara yang Sobat Pajak miliki dalam membantu kebutuhan perpajakan para Sobat. Untuk mendapatkan berbagai keuntungan ataupun manfaat lainnya, ayo bergabung menjadi mitra Sobat Pajak. Kelola pajak bisnismu, dimana saja dan kapan saja.

Article is not found
Article is not found